Tips Membersihkan Sepatu Formal Untuk Tampilan yang Elegan dan Menawan

Jakarta, Shoes and Care - Memiliki sepatu formal atau pun baju merupakan sebuah investasi bagi sebagian orang. Dengan merawat sepatu dengan baik dapat memperindah, melengkapi dan menyempurnakan penampilan kalian di sebuah pertemuan sosial mau pun profesional, setiap kali kalian memakainya. Selain itu perawatan yang rutin dapat membuat material pada sepatu kalian lebih bertahan lebih lama, sehigga kalian mendapatkan hasil maksimal dari investasi kalian.

Berikut beberapa tips untuk dapat membersihkan sepatu formal untuk dapat memaksimalkan tampilan yang elegan dan menawan, dikutip dari https://blog.metroshoes.com/:

  • Menyemir sepatu tanpa menghilangkan kotoran atau debu yang mungkin menempel pada permukaan sepatu terlebih dahulu , dapat mengakibatkan kotoran meresap ke dalam kulit dan menyebabkan kerusakan internal. Mulailah selallu rutinitas membersihkan sepatu dengan menyeka permukaannya dengan kain bersih kering atau pun sikat khusus sepatu berbulu halus.
  • Jika kalian tidak terlalu sering menggunakan sepatu, pastikan sesekali membiarkan bahan kulit sepatu kalian bernapas di udara terbuka. Namun, hindari paparan sinar matahari langsung.
  • Kalian dapat mengoleskan kondisioner khusus kulit berbahan sepatu untuk meningkatkannya. Atau kalian dapat mencampurkan cuka dan minyak biji rami (linseed oil) dengan perbandingan 1:2 yang dapat berfungsi sebagai kodisioner untuk sepatu berbahan kulit yang kalian buat sendiri. Oleskan pada sepatu, biarkan selama 15 menit dan gosok dengan kain lembut yang bersih untuk memberikan sentuhan akhir.
  • Menyemir sepatu adalah cara yang signifikan untuk membuatnya terlihat bersih, segar dan berkilau. Memang sangat mudah menggunakan wax untuk sepatu kulit namun, semir secara berlebihan malah dapat membuatnya berlebihan dan memberikan efek norak. Lebih baik jika kalian gunakan semir atau wax sedikit demi sedikit, alih-alih sekaligus mengambilnya langsung banyak, lalu mengoleskannya ke seluruh permukaan sepatu. Selain itu, poles dengan gerakan melingkar untuk mempertahankan tampilan yang rata dan gosok sepatu dengan kain bersih yang lembut untuk menghilangkan semir atau wax yang berlebih, pada proses akhir. 
  • Khusus sepatu formal berbahan suede, jika terdapat lecet pada permukaannya, kalian dapat menggunakan rubber eraser lalu menyikatnya menggunakan sikat khusus suede (suede brush). Sikat ini dibuat khusus untuk mengembalikan tampilan aslinya. 

Postingan terbaru