Teknik Membersihkan Sepatu Dengan Bahan Berbeda

Jakarta, Shoes and Care - Sepatu memiliki berbagai varian bahan. Tentunya untuk membersihkan sepatu membutuhkan teknik khusus. Setiap bahan sepatu memerlukan perlakuan atau teknik yang berbeda dalam membersihkanya. 

Berikut teknik untuk membersihkan sepatu dengan bahan yang berbeda:

  • Sepatu Berbahan Kanvas

Step 1 : Lepas kan tali dan menyikat kotoran menggunakan sikat khusus sepatu berbulu halus yang dalam keadaan kering atau kalian dapat menggunakan sikat gigi berbulu halus bersih yang kering.

Step 2 : Cuci sepatu dengan tangan menggunakan cairan pembersih khusus sepatu. Jangan menggunakan deterjen pencuci baju. Oleskan cairan pembersih pada bagian yang memiliki noda. Bersihkan bagian sepatu dengan menggosok menggunakan menggunakan sikat berbulu halus yang terlebih dahulu dicelupkan ke dalam cairan pembersih khusus sepatu.

Step 3 : Jika kalian ingin menghilangkan bekas lecet dari solnya dikutip dari https://www.bhg.com/ kalian dapat menggunakan spons berbahan melamin. Lalu selanjutnya gunakan kain bersih (usahakan berwarna putih untuk menghindari luntur warna kain pada sepatu) dan kain microfiber untuk menyeka bagian luar sepatu dan menghilangkan sisa sabun, lalu biarkan sepatu benar-benar kering.

Step 4 : Bersihkan tali sepatu menggunakan sabun detergen pembersih dengan cara merendamnya terlebih dahulu beberapa saat, bilas dan keringkan sebelum kembali memasangkannya pada sepatu.

  • Sepatu Berbahan Kulit

Sepatu berbahan kulit asli atau pun berbahan kulit imitas mudah ternoda dan rentan rusak jika anda menggosoknya terlalu keras. Jadi perlu berhati-hati. 

Step 1 : Cara terbaik membersihkan sepatu berbahan kulit, campurkan cairan khusus pembersih sepatu dengan air hangat. Celupkan sikat khusus sepatu berbulu halus atau sikat gigi bersih berbulu halus, lalu sikat perlahan.

Step 2 : Atasi lecet pada sepatu dengan menggunakan cairan pembersih khusus sepatu berbahan kulit.

  • Sepatu Berbahan Suede

Step 1 : Tunggu bahan suede pada sepatu kering jika sepatu basah. Karena trik membersihkan sepatu suede adalah dengan menghindari penggunaan air yang dapat menyebabkan perubahan warna atau merusak tekstur beludrunya. Selalu tunggu bahan benar-benar kering, lalu bersihkan kotoran yang lepas dengan menggunakan sikat pembersih khusus bahan suede atau sikat gigi berbulu halus.

Step 2 : Untuk bahan suede yang memiliki goresan kecil kalian dapat menggunakan clean block eraser. Tapi untuk noda yang lebih besar, gunakan kain microfiber yang dicelupkan ke dalam cairan pembersih sepatu untuk mengangkat noda dengan lembut.

Step 3 : Biarkan sepatu mengering dengan sendirinya setelah diangin-anginkan, lalu gosok  kembali permukaannya untuk mengembalikan tekstur aslinya. Gunakan sikat pembersih khusus bahan suede yang kering atau sikat gigi berbulu halus.

  • Sepatu Berbahan Mesh

Sepatu atletik seringkali terbuat dari kain jaring atau rajutan yang mudah tersangkut atau rusak akibat penggosokan yang keras, jadi perlu lebih berhati-hati dan perlu menggunakan sentuhan lembut saat membersihkan.

Step 1 : Lepaskan tali sepatu dan hat-hati bersihkan sisa kotoran dengan sikat berbulu lembut. Rendam tali sepatu dengan sedikit detergent cair yang dicampur dengan air hangat.

Step 2 :  Oleskan larutan cairan pembersih khusus sepatu dengan kain lembut (usahakan kain yang digunakan berwarna putih untuk menghindari warna luntur pada sepatu) dan usapkan pada kain sepatu menggunakan gerakan melingkar yang lembut. Jika perlu, lepaskan sol dalam dan bersihkan juga dengan cara yang sama. Bersihkan residu sabun dari sol dalam dan juga juga bagian luar dengan menyekanya dengan kain lembab yang bersih, bils kain sesering yang diperlukan.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

 

Postingan terbaru