Sole Sepatu Crumbling, Bagaimana cara mencegahnya?

Jakarta, Shoes and Care - Bagian sole pada sepatu memiliki peran vital dalam menunjang kenyamanan dan daya tahan dari sepatu. Namun seringkali kita menghadapi masalah yang cukup menyebalkan dan berpotensi menguras dompet, yaitu sole yang mengalami crumbling atau hancur menjadi keping-kepingan kecil. Tentunya masalah ini dapat merugikan bagi kamu yang membuat sepatu favorit kamu tidak tahan lama dan tidak nyaman saat digunakan. Pada artikel ini, kita akan mengulas penyebab umum dari masalah crumbling pada sepatu serta tips menjaga sepatu demi mencegah kerusakan seperti ini

Penyebab Sole Crumbling

Umur Sepatu

Salah satu penyebab utama sole yang mengalami crumbling adalah usia sepatu itu sendiri. Seiring berjalannya waktu, bahan-bahan sepatu seperti sole dapat mengalami degradasi alami. Paparan sinar UV, perubahan suhu, dan pemakaian sehari-hari dapat membuat sole menjadi rapuh dan akhirnya hancur.

Kualitas Bahan

Kualitas bahan yang digunakan oleh brand sepatu memegang peran kunci dalam daya tahan sole. Jika brand menggunakan bahan yang kurang tahan terhadap cuaca ekstrem, air, atau tekanan, maka sole mempunyai resiko yang tinggi untuk mengalami masalah crumble lebih cepat.

Pemakaian yang Ekstrem

Jika sepatu terus-menerus digunakan dalam kondisi ekstrem seperti berlari di jalanan yang kasar atau berada di lingkungan yang keras, sole bisa mengalami keausan lebih cepat dan akhirnya mengalami crumbling.

Kurang Perawatan

Kurangnya melakukan perawatan secara berkala terhadap sepatu juga bisa menjadi penyebab sole cepat rusak.Rutin membersihkan dan merawat sepatu dapat membantu mempertahankan kualitas bahan dan mencegah kerusakan dari sole sepatu itu sendiri.

Cara Mencegah Sole Crumbling

Setelah mengetahui penyebab-penyebab utama dari sole yang crumbling, apa yang harus kamu lakukan untuk mencegah keretakan pada sole? Berikut tips nya.

Pemilihan Sepatu yang Berkualitas

Sejak awal, pastikan untuk memilih sepatu dari brand yang terkenal dengan kualitas produknya. Brand-brand yang sudah memiliki nama besar biasanya menggunakan bahan-bahan yang lebih kuat dan tahan lama serta melalui uji ketahanan sebelum akhirnya dijual bebas di pasaran.

Melakukan Perawatan Rutin

Melakukan perawatan secara rutin terhadap sepatu dapat membantu mencegah sole crumbling. Cukup luangkan waktu untuk membersihkan sepatu dari debu dan kotoran setelah penggunaan, serta simpan di tempat yang kering dan terlindung dari paparan sinar UV. Percaya deh, sepatu kamu bisa lebih awet dan tetap bersih!

Pemakaian yang Bijak 

Sepatu juga perlu istirahat! Hindari penggunaan sepatu dalam kondisi ekstrem yang dapat merusak sole. Sesuaikan penggunaan sepatu dengan kegiatan yang akan kamu lakukan. Misalnya, gunakan sepatu olahraga untuk berlari dan sepatu formal untuk kegiatan formal.

Simpan dengan Benar

Simpan sepatu di tempat yang kering dan terlindung dari suhu ekstrem. Hindari menyimpan sepatu di tempat yang lembab karena kelembaban dapat mempercepat proses degradasi bahan.

Gunakan Pelindung Sole

Pertimbangkan untuk menggunakan pelindung sole yang tersedia di pasaran. Pelindung sole dapat membantu mengurangi gesekan langsung antara sole dan permukaan tanah, mengurangi risiko abrasi dan kerusakan.

Bagaimanapun juga, sepatu merupakan aspek penting dalam berpakaian. Sepatu yang bersih serta awet sudah harus menjadi patokan utama dalam menunjang pakaian yang akan digunakan. Luangkan waktu mu untuk merawat sepatu kesayanganmum jika tidak sempat cukup mampir dan serahkan kepada Shoes and Care agar sepatu kamu selalu bersih dan awet ya! 

 

Postingan terbaru