Soft skill Sosial Media Marketing yang Harus Dimiliki

Soft skill Sosial Media Marketing yang Harus Dimiliki - Seorang marketer harus menguasai Soft skill sosial media marketing membuat strategi pemasarannya memiliki presentase besar untuk berhasil. Memiliki ilmu marketing saja tidak cukup menjadi marketer di platform sosial media.

Sosial media marketing merupakan bentuk dari pemasaran digital yang memanfaatkan sosmed dan situs website untuk mempromosikan produk yang dijual. Platform tersebut bisa dimanfaatkan buat berinteraksi langsung dengan konsumennya.

Serta mendapatkan feedback mengenai produknya, manfaatnya dapat membangun jaringan sosial lebih luas, meningkatkan brand awareness dan masih banyak lagi. Ada beberapa skill penunjang yang wajib dikuasai oleh marketer untuk dapat mengoptimalkan promosi di sosmed.

Soft Skill Sosial Media Marketing 

Seseorang yang bekerja buat mengatur strategi sosial media marketing disebut juga sosial media manager. Profesi tersebut saat ini sedang sangat populer, tetapi untuk bisa melakoni profesi ini Anda harus menguasai beberapa skill khusus.

Penggunaannya sosmed setiap tahun terus saja meningkat dan tren dunia digital terus saja bergerak silih berganti. Sehingga perusahaan saat ini sedang gencar membuka lowongan pekerjaan sebagai sosial media manager buat mengatur strategi pemasaran menggunakan sosmed.

Ini bisa jadi peluang untuk Anda jika tertarik dengan dunia marketing atau pengikut tren masa kini. Berikut ini soft skill wajib dikuasai terlebih dahulu.

1. Copywriting

Copywriting adalah skill promosi tertulis buat konten dan dipublikasikan ke sosmed. Biasanya copywriting digunakan untuk menulis caption menarik agar pengguna sosmed tertarik.

Tidak Cuma seorang copywriter saja harus menguasai skill ini, Anda juga bisa menguasainya. Jika telah menguasainya ini bisa menjadi nilai plus buat Anda dan otomatis diterima oleh perusahaan.

2. Komunikasi

Sosmed merupakan platform untuk berkomunikasi antara pemilik brand dan audiensnya. Buat menampilkan konten yang tersampaikan dengan baik, Anda harus memiliki kemampuan komunikasi baik.

Komunikasi di sosmed tentu saja berbeda dengan komunikasi pada umumnya. Anda harus bisa memahami dan menganalisis bagaimana cara mereka berkomunikasi di sosmed.

3. Kreativitas

Kreativitas adalah kemampuan yang wajib dimiliki oleh Anda, karena membuat konten unik dan berani berbeda dari yang lain dapat lebih diingat oleh pengguna. Jika Anda memiliki kreativitas tinggi maka akan lebih mudah buat mengembangkan kampanye agar lebih inovatif.

4. Update dengan tren terkini

Memiliki ketiga skill tersebut tetapi selalu ketinggalan jaman juga tidak bagus. Tren media sosial selalu berubah-ubah dengan cepat, peristiwa yang sedang ramai diperbincangkan dapat menjadi menjadi konten menarik untuk Anda.

5. Marketing

Terakhir, Anda memiliki latar belakang dalam bidang marketing merupakan nilai plus bagi social media manager. Tetapi walaupun tidak memiliki skill ini, bukan berarti Anda tidak bisa mempelajarinya.

Semuanya bisa dipelajari sambil dilakukan, terpenting Anda harus terus haus dengan ilmu. Teknik marketing yang tepat telah diterapkan oleh Shoes and Care di instagramnya @shoesandcare buat mempromosikan jasa mencuci sepatu

Shoes and care adalah tempat penyedia jasa cuci dan perawatan sepatu premium pertama di Yogyakarta dan pertama di Indonesia berbasis online yang telah berdiri sejak tahun 2013 dan telah melayani 700.000 pair sepatu. Anda dapat menggunakan jasa kami untuk menghemat waktu.

Kelebihan dan menerapkan strategi sosial media marketing dalam mempromosikan produk Anda adalah meningkatkan brand awareness, meningkatkan penjualan, dan memperluas jangkauan pasar. Untuk bisa menjalankan strategi dengan baik, Anda harus menguasai soft skill sosial media marketing dengan baik. 

Postingan terbaru