Pesona Wisata Alam Girpasang Klaten

Jakarta, Shoes and Care - Klaten, merupakan sebuah kota yang terletak diantara Jogja dan Solo. Kota Klaten adalah sebuah kawasan bekas kota administratif yang menjadi pusat pemerintahan dan ibu kota dari Kabupaten Klaten, yang berada di provinsi Jawa Tengah, Indonesia (Wikipedia). Tidak seperti tetangganya Jogja atau Solo yang mungkin sudah banyak orang yang mengetahuinya, Kota Klaten masih dibilang wilayahnya belum cukup terkenal. Walau sudah bisa dibilang modern, unsur budaya dan adat istiadat di Klaten masih cukup kental.

Klaten memiliki luas wilayah sekitar 36,78 km2 dengan total populasi kurang lebih 133.078 jiwa. Melihat kondisi alam di wilayah Klaten yang sebagian besar merupakan dataran rendah dan didukung oleh banyak sumber air, maka wilayah ini merupakan daerah pertanian yang potensial. Maka dari itu mata pencaharian penduduk disini didominasi oleh pertanian, meskipun juga ada pada sektor perdagangan dan pariwisata.

Jika dilihat pada sektor pariwisata, walau tidak banyak ada beberapa kawasan pariwisata yang menarik dikunjungi oleh para wisatawan. Salah satunya adalah wisata Girpasang. Wisata Girpasang merupakan sebuah tempat wisata yang terletak di Desa Tegalmulyo, Kemalang, Klaten. Wisata ini berada di ujung desa. Tempat ini menawarkan pemandangan pegunungan yang indah. Jembatan gantung dan gondola dapat diakses oleh penduduk Dusun Girpasang.

Dulunya  Desa Girpasang merupakan desa terpencil di Jawa Tengah. Dari informasi yang diterima hanya 36 penduduk yang tinggal di desa ini dan jembatan gantung gir pasang sebenarnya dibangun untuk menghubungkan dusun Beringin dengan dusun Girpasang, yang dulunya selama ratusan tahun aksesnya  terisolir. Namun berkat kemauan warga sekitar dan peran pemerintah daerah, kini jembatan Girpasang juga menjadi salah satu tempat wisata yang indah di Klaten

Jembatan Girpasang sendiri tidak terletak di tengah kota, namun berjarak kurang lebih 22 km dari Kota Klaten. Dan untuk menuju kesana kira-kira butuh waktu 1 jam perjalanan. Untuk menuju kesana kalian tidak perlu khawatir, walau banyak jalan menanjak akses jalan terbilang aman dan bisa untuk segala jenis macam kendaraan. Hanya dengan kendaraan pribadi dan masih sulit menemukan transportasi umum di lokasi tersebut. Tiket masuk tempat ini juga terbilang sangat terjangkau. Para wisatawan hanya diminta biaya retribusi Rp3.000/orang dan biaya parker saja. Tempat ini buka setiap hari dari jam 06:00-17:00 namun jika kalian ingin berkunjung ke Jembatan Girpasang kami sarankan untuk datang di waktu pagi atau sore hari, karena jika pada siang cuaca panas.

Dengan waktu tempuh yang cukup lama kalian tidak perlu khawatir, di tempat ini banyak warung, kedai -kedai makanan yang harganya cukup terjangkau. Para pengunjung bisa nyantai disini sambal mengisi perut yang lapar maupun haus dahaga. Cukup dengan uang Rp10.000 pengunjung bisa merasakan segarnya es susu maupun berbagai macam sajian coffee disana.

Ada banyak hal menarik yang dapat kalian temukan di wisata Girpasang, yang pertama jelas pemandangan alam. Karena kedekatannya dengan Gunung Merapi, tidak dapat dipungkiri bahwa lingkungan alam desa Tegalmulyo sangat unik. Banyak pohon dan tanaman tumbuh subur di sana. Jika kalian ingin bersantai jauh dari hiruk pikuk kota, kalian bisa mengunjungi desa ini. Kedua, wisatawan yang berkunjung ke desa ini dapat menikmati keagungan Gunung Merapi. Namun, beberapa tempat memiliki pemandangan yang lebih baik. Sambil menikmati pemandangan, jangan lupa untuk mengunjungi restoran-restoran yang ada di desa. Misalnya Kedai Pojok yang juga menyajikan kopi Merapi Sapuangin khas warga sekitar.

Selanjutnya Jembatan Girpasang itu sendiri. Dengan background pegunungan indah Jembatan yang menghubungi Desa Beringin dengan Desa Girpasang beradasarkan dari dari artikel (ekonomibisnis.com) ini memiliki panjang 120 meter dengan lebar 1,8 meter dan kedalaman jurang mencapai 150 meter. Tak hanya warga sekitar para pengunjung juga bisa berjalan menyebrangi jembatan gantung ini hanya dengan biaya penyebrangan Rp2.000/orang. Dari jembatan ini para pengunjung bisa merasakan udara sejuk ditambah pemandangan yang sangat memanjakan mata.

Kemudian ada Gondola. Gondola disini adalah sejenis kereta gantung yang dulunya digunakan untuk mengangkut kebutuhan sehari-hari, tetapi sekarang memiliki gondola baru untuk wisatawan. Gondola ini sekarang berjarak sekitar 60 meter dari gondola barang. Terletak di 'sudut' Dusun Ngringin, di sebelah pintu masuk Dusun Girpasang. Naik gondola gratis untuk penduduk Dusun Girpasang dan sekitarnya. Namun, ada pengecualian bagi pendatang dari luar daerah. Tiket gondola di Dusun Girpasang Klaten seharga Rp 60.000 untuk empat orang, pulang pergi. Hanya penduduk setempat yang diperbolehkan jika memilih untuk menaiki sendiri.

Hal menarik yang tak kalah penting ketika kalian berkunjung ke Desa Girpasang yaitu banyak pilihan warung makan. Selain Kedai Pojok, Desa Tegalmulyo memiliki berbagai macam tempat kuliner. Girpasang dan Ngringin khususnya memiliki lebih dari 5 tempat makan. Wisatawan yang mengantri saat gondola sedang beroperasi, dapat berjalan-jalan di antara dua pemukiman dan bersantap di tempat-tempat seperti Wisata Alam Kalipaki dan Pendopo Merapi. Dengan harganya sangat terjangkau wisatawan bisa melihat pemandangan dengan perut kenyang.

Dari kelima hal tadi para wisatawan sudah tak perlu lagi mencari spot foto yang estetik, karena setiap sudut di wisata Girpasang sudah sangat indah dan memukau. Buat para wisatawan yang suntuk dengan kerjaan, Lelah didepan layar dan ingin memandang sesuatu yang menyegarkan bisa mampir ke Dusun Girpasang ini.

Jika dilihat lebih dalam ada kelebihan dan kekurangan dari tempat wisata Girpasang ini. Untuk kelebihannya pertama sebagai tempat rekreasi yang bisa membuat pikiran lebih segar karena disana dimanjakan dengan pemandangan alam hijau dan udara yang sejuk. Kedua tiket masuk sangat terjangkau dan bisa dikunjungi semua orang dari berbagai wilayah. Ketiga harga makanan di tempat makan murah dan banyak variasinya. Selanjutnya

Dibalik banyak kelebihannya tadi, masih ada kekurangan/kelemahan dari tempat ini. Pertama tempat tidak terlalu strategis yang jauh dari pusat kota, hal ini membuat hanya orang-orang yang memang niat dari awal untuk berkunjung kesini karena membutuhkan waktu tempuh yang agak lama. Kedua masih sulit akses transportasi umum untuk menuju ke tempat itu, kecuali kalian menyewa mobil/bus Bersama rombongan kalian sejak awal. Ketiga Udara yang tidak menentu. Karena disana merupakan dataran tinggi, kondisi cuaca di sana sulit diprediksi, bisa saja panas banget bisa juga tiba-tiba hujan. Kekurangan selanjutnya yaitu pengunjung sulit mengakses internet di HP mereka. Hal ini dikarenakan lokasi wisata yang berada di lereng gunung Merapi menyebabkan sinyal sulit masuk ke daerah tersebut.

Melihat peluang dengan dibukanya Desa Girpasang menjadi daerah wisata, Pemerintah JATENG mencatat pendapatan dari kegiatan wisatawan di wilayah ini mencapai Rp 75 juta per bulan. Tentu hal ini membantu perekonomian warga setempat. Menciptakan lapangan kerja baru sehingga menambah pendapatan warga sekitar.

Selain itu tentu dengan dibangunnya Jembatan Girpasang sangat jelas membantu mobilitas penduduk disana, yang tadinya terpencil sulit keluar kampung, jika keluar kampung harus berjalan jauh dengan akses jurang, sekarang lebih mudah beraktivitas setiap harinya karena pembangunan jembatan ini.

Dengan adanya satu tempat wisata yang sedang naik daun akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dari daerah lain untuk melirik Kota Klaten dan melihat potensi yang ada. Maka dari itu mari rencanakan aktivitas liburan menyenangkan bersama orang tersayang dengan jelajah alam terbaik Klaten Jawa Tengah, Wisata Girpasang Klaten.

Pengirim : Rafa Bintang Ramadhan

Source : Patriella Yanita. Wah! Klaten Kini Punya Jembatan Gantung Girpasang dan Gondola. https://ekonomi.bisnis.com/read/20220121/45/1491669/wah-klaten-kini-punya-jembatan-gantung-girpasang-dan-gondola

Postingan terbaru