Perbedaan Interview HRD dan User

Jakarta, Shoes and Care - Interview pekerjaan adalah tahapan terpenting dalam mempekerjakan karyawan. Proses interview  memiliki beberapa tujuan, baik bagi pihak yang merekrut atau pun bagi kandidat yang melamar sebagai calon karyawan. Bagi pihak yang mengadakan prekrutan melalui proses interview tentunya ingin mengetahui lebih detail tentang calon karyawannya. Serta untuk mengetahui apakah posisi yang calon karyawan lamar merupakan posisi yang ideal bagi mereka. Pada saat kalian melamar pekerjaan, kalian perlu untuk memahami tujuan proses perekrutan sehingga kalian dapat meningkatkan kualitas diri kalian sekaligus menyesuaikannya dengan kemampuan yang kalian miliki.

Kalian perlu mengetahu bahwa ada dua proses interview, yaitu interview HRD dan interview user

  • Interview HRD

Pada setiap tahapan awal dari rekrutmen tentunya ada tes psikotes terlebih dahulu. Tes psikotes ini bertujuan untuk mengetahui sikap serta kepribadian calon karyawan karena untuk memenuhi keinginan dari user. Setelah tahap penyaringan melalui psikotes barulah masuk ke dalam tahap interview dengan HRD. 

Pada tahap ini biasanya calon karyawan akan menghadapi cukup banyak pertanyaan terkait lamaran yang diajukan. Biasanya pada tahap ini, pihak HRD akan mengajukan pertanyaan seperti latar belakang dan juga kesesuaiannya dengan riwayat hidup yang tercantum di dalam CV. 

Pihak pewawancara juga pastinya akan menanyakan mengenai aktivitas apa saja yang sedang kamu lakukan. Seperti apakah sudah pernah bekerja, masih berkuliah atau mungkin juga baru saja lulus dan berniat mendapatkan pekerjaan pertama kalian ?. Selain itu, biasanya ditanyakan seputar kesanggupan untuk menangani sebuah pekerjaan, juga sangat mungkin untuk ditanyakan. Berbagai pertanyaan ini akan memberikan gambaran kepada pihak HRD, apakah kamu sesuai dengan posisi tersebut dan lolos ke tahap berikutnya atau tidak. 

Kalian harus memastikan diri kalian memiliki persiapan yang matang untuk menghadapi wawancara HRD ini, meskipun pertanyaan  bisa dikatakan umum namun interview pertama ini juga merupakan penentu apakah kamu akan lanjut pada proses selanjutnya atau hanya berhenti pada saat itu saja.

Kalian perlu mengingat setiap poin yang kalian utarakan pada CV kalian secara detail. Lalu kalian perlu juga untuk dapat memahami terkait dengan job description  dari posisi yang kalian lamar. Selain itu, kalian juga perlu menguasai informasi akurat seputar perusahaan tersebut sebelum melakukan interview

  • Interview User

Jika kalian sampai pada tahap interview user berarti kalian telah melewati tahap interview HRD yang telah dijelaskan sebelumnya di atas. Dalam tahap ini kalian akan berhadapan dengan calon atasan kalian ketika nantinya kalian diterima. Latar belakang pendidikan dan juga pengalaman kerja tentunya akan menjadi bahan pertimbangan penting.

Sebagai calon atasan kalian, user tentunya ingin mengenal dan melihat dengan jelas kemampuan kerja yang kalian miliki. Hal ini biasanya berkaitan dengan keahlian dasar, latar belakang Pendidikan, termasuk seperti pengalaman kerja yang selama ini sudah dimiliki di bidang kalian. 

Kesesuaian tersebut tentunya menjadi poin penting lainnya dalam proses interview ini. Selain itu juga, user biasanya kerap kali menanyakan pengalaman paling menantang yang pernah kalian tangani di dalam pekerjaan atau bidang yang kalian geluti. Tentang apa saja yang telah kalian lakukan dan hasil terbaik apa yang bisa kalian dapatkan dari hal tersebut. Semua ini dapat memberikan user gambaran tentang karakter dan kemampuan kerja yang kalian miliki, sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan. 

Pada interview user pertanyaan terkait kompetensi akan cenderung lebih detail. Pada tahapan ini, kesiapan kalian dalam bekerja dan kesiapan kalian dalam mengemban tanggung jawab di dalam perusahaan juga akan menjadi perhatian penting bagi user. 

Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk menunjukkan kualitas terbaik kalian. Karena Interview ini akan menjadi penentu diterima atau tidaknya kalian. Mental yang baik akan dapat menjadi kunci penting dalam mendukung performa kalian dalam melalui proses ini dengan baik.

Setiap tahapan pada proses rekrutmen memiliki level yang sama pentingnya. Sehingga, dari tahap awal pembuatan CV, penguasaan keterampilan atau pun keahlian kalian, tampilan atau performa kalian, hingga cara berkomunikasi dan bersikap harus kalian persiapkan dengan matang. 

Semoga dapat bermanfaat.

 

Postingan terbaru