Mitos Fakta Seputar Sepatu! (Part 1)

Jakarta, Shoes and Care - Hingga saat ini, banyak sekali mitos dan fakta mengenai sepatu yang tersebar dan masih dipercaya oleh sebagian besar orang. Sepatu, selain sebagai pelindung kaki, juga menjadi bagian penting dari gaya dan kenyamanan kita sehari-hari. Banyaknya mitos dan fakta yang beredar tersebut pastinya membuat sebagian besar orang bingung memilah dan percaya mana yang salah dan mana yang benar. Maka itu, mari kita bahas beberapa mitos dan fakta yang populer beredar agar kedepannya bisa lebih memahami tentang sepatu yang kita kenakan tiap hari!

Mitos 1: Sepatu Baru Selalu Menyebabkan Lecet

Faktanya, tidak semua sepatu baru itu menyebabkan lecet pada kaki kamu lho! Lecet ini biasanya terjadi apabila sepatu yang digunakan itu tidak pas atau bahannya yang terlalu kaku. Mungkin ada beberapa sepatu, seperti yang terbuat dari bahan kulit keras, memerlukan waktu untuk lebih melunak dan menyesuaikan dengan bentuk kaki penggunanya. Namun di masa serba modern ini, tentunya sudah banyak sekali sepatu yang dirancang dengan bahan yang lebih lembut dan disematkan teknologi untuk meminimalisir terjadinya lecet pada kaki. Nah, agar kaki kamu bisa terhindar dari lecet, usahakan memilih sepatu yang pas dan nyaman sebelum membeli serta menggunakan kaos kaki yang sesuai.

Mitos 2: Sepatu yang Terlalu Kecil akan Longgar Ketika Sering Dipakai

Memang sepatu yang terlalu kecil ketika dipakai secara terus menerus akan sedikit merenggang dan menjadi longgar, terutama untuk sepatu yang tersusun dari bahan kulit dan canvas yang bisa melunak. Nah, ada hal yang perlu kamu ketahui mengenai batasan sepatu bisa merenggang seiring pemakaian. Sepatu yang ukurannya terlalu kecil dari ukuran normal tetap tidak akan menjadi sepatu yang nyaman meskipun sering dipakai dan memakainya bisa menyebabkan masalah kesehatan kaki seperti lecet, nyeri, dan deformitas. Maka itu, kembali diingatkan bahwa sebelum memilih sepatu yang ingin dibeli kalo lebih baik pilih sepatu yang pas sejak awal atau gunakan alat peregangan sepatu untuk membantu membuatnya lebih nyaman.

Mitos 3: High Heels Berdampak Buruk Bagi Kaki

Pernyataan diatas merupakan fakta penting diketahui oleh semua orang yang hobi memakai high heels. Menggunakan sepatu high heels secara berlebihan dan dalam jangka waktu lama memang dapat menyebabkan berbagai masalah kaki dan postur tubuh, seperti nyeri punggung, lutut, dan kaki, serta risiko bunion. Namun, menggunakan  high heels sesekali dan dalam waktu yang singkat tidak akan langsung merusak kaki kamu. Kunci utamanya adalah seimbang dan membagi porsi antara memakai sepatu biasa dan high heels. Alternatifnya, kamu bisa memilih heels dengan desain yang baik serta hak yang tidak terlalu tinggi untuk meminimalkan risiko cedera.

Mitos 4: Semakin Mahal, Lebih Baik Kualitasnya

Pernyataan ini merupakan pernyataan yang sangat sering kita dengar, bahkan dari orang yang awam mengenai ilmu sepatu sekalipun. Memang benar bahwa banyak sepatu berkualitas tinggi dijual dengan harga yang lebih mahal karena bahan dan proses pembuatannya yang baik. Namun, ada juga banyak sepatu dengan harga terjangkau yang menawarkan kualitas dan kenyamanan yang sama baiknya. Sebaliknya, malah sekarang beberapa sepatu yang ditawar dengan harga yang lebih mahal cenderung menjual brand dibandingkan kualitasnya. Jadi, saat membeli sepatu fokuslah pada faktor bahan, konstruksi, dan kenyamanan yang ditawarkan daripada hanya melihat harganya.

Mitos 5: Sepatu Lama Harus Segera Diganti

Faktanya, umur sepatu bukan satu-satunya faktor yang menentukan apakah sepatu harus diganti. Kondisi sepatu lebih penting untuk diperhatikan dibandingkan hanya berpacu dari umur sepatu. Sepatu yang masih dalam kondisi baik, meskipun sudah lama digunakan, tidak perlu segera diganti. Namun, jika sol sudah aus, penyangga kaki sudah tidak memadai, atau sepatu sudah tidak nyaman dipakai, itu adalah tanda bahwa saatnya untuk mengganti sepatu kamu. Setiap sepatu pasti mempunyai jarak maksimal pemakaiannya, misalkan sepatu olahraga disarankan untuk diganti setiap 300-500 mil.

Memahami mitos dan fakta seputar sepatu membantu kita membuat keputusan yang lebih baik dalam memilih alas kaki yang nyaman dan sehat. Ditunggu artikel mitos fakta mengenai sepatu selanjutnya!

 

Postingan terbaru