Mengenal Asal Mula Tari Balet dan Jenis Sepatunya

Mengenal Asal Mula Tari Balet dan Jenis Sepatunya - Awal mula tari balet berawal  dari kecintaan seorang raja, yaitu Raja Louis XIV tepatnya tahun 1661 dengan mendirikan sekolah tari. Sekolah tari ini diberi nama Royale de Danse. Awalnya bermulai dari pertunjukan panggung komedi yang memiliki adegan berupa tarian-tarian yang ditampilkan oleh Jean Baptist Lully. Melihat sebuah kesempatan, dia mempelajari balet opera dan mendirikan sekolah sendiri, khusus untuk melatih para penari balet. Pada perkembangannya, balet menjadi tarian yang memiliki koreografi tersendiri sehingga bisa menyatu dengan musik dan akting.

Pada awalnya, para penari balet masih menggunakan sepatu yang memiliki heels atau hak. Namun pada abad ke-18 sepatu balet dengan sol dan tanpa hak mulai diperkenalkan. Sejak saat itu, sepatu dengan hak mulai dihilangkan hingga sekarang. Sepatu balet biasanya memiliki karakteristik berupa sol dari bahan suede atau kulit hewan yang lembut. Kulit hewan ini biasanya digunakan sebagai sol yang hanya menutupi sebagian permukaan bawah sepatu. Berikut 3 jenis sepatu balet yang tersedia di market.

1. Jenis Sepatu Balet berdasarkan Sol

Pada jenis ini terdapat dua tipe sol yang digunakan yang terdiri dari Sol penuh(full sole) dan Sol terpisah(split sole). 

a. Sol Penuh

Sepatu dengan sol penuh ini banyak digunakan oleh mereka yang masih pemula. Para penari yang baru saja mempelajari balet akan direkomendasikan menggunakan sepatu ini.

b. Sol Terpisah

Setelah menguasai teknik dasar tari balet dengan baik, para penari balet akan berpindah menggunakan jenis sepatu dengan sol terpisah. Sepatu balet dengan jenis ini hanya memiliki sol pada bagian depan dan belakang.

2. Jenis Sepatu Balet berdasarkan Ujung

Setelah menggunakan dua jenis sepatu balet yang memiliki sol, penari akan mulai diperkenalkan pada penggunaan sepatu balet jenis pointe yang memiliki kekhususan pada bagian ujungnya yaitu model Demi Pointe atau Pointe

3. Jenis Sepatu Balet berdasarkan Bahan

Ada tiga bahan yang biasanya digunakan untuk membuat sepatu balet, yaitu satin, kanvas, dan kulit. Masing-masing jenis sepatu ini memiliki fungsi yang berbeda-beda—untuk latihan atau pertunjukan.

Bagaimana? Sedikit mengetahui tentang dunia balet?

 

Postingan terbaru