Mengenal Anatomi pada Bagian Sneakers

Menggunakan sneakers setiap hari bukanlah hal yang asing bagi anak muda sekarang. Sneakers memiliki tempat untuk para penggunanya dari remaja hingga orang dewasa. Sneakers juga memiliki banyak jenis, hingga warna yang beragam. Tapi tahukah kamu bagian-bagian sneakers secara detail? Perlu kamu ketahui bahwa bagian-bagian sepatu memiliki istilah yang perlu kamu ketahui diantaranya:

1. Tongue/ lidah

Bagian tengah sepatu yang memang mirip lidah ini, biasanya empuk dan berada dibalik tali sepatu sneakers. Tongue ini berfungsi untuk kenyamanan kaki kita. Berfungsi sebagai peredam kencangnya tali sepatu sehingga tetap nyaman kita gunakan walaupun kita mengikat dengan erat.

2. Shoe Lace/ Lace

Kita biasa menyebutnya dengan tali sepatu. Berfungsi mengencangkan sepatu agar nyaman saat digunakan.

3. Eyestay/Lubang tali

Bagian ini merupakan lubang sebagai tempat tali sepatu saling mengait. Berfungsi agar tingkat kekencangan tali sepatu merata. Eyestay atau eyelet ini tidak ditemukan di sepatu sneakers tanpa tali atau slip on.

4. Insole

Pad di bagian dalam sepatu. Melingkar sesuai dengan ukuran telapak kaki kita. Di beberapa jenis sepatu sneakers, bagian ini dibuat terpisah atau bisa di lepas. Bagian ini berfungsi untuk meredam beban tubuh kita sehingga nyaman digunakan.

5. Midsole

Bagian tulang di sepanjang sisi sepatu, tepat di atas outersole. ini adalah kerangka utama bagian yang memberikan sebagian besar kenyamanan pada kaki kita.

6. Outersole (Sole)

Outersole atau biasa kita sebut juga dengan sole, merupakan bagian dasar bawah sepatu, biasanya bentuknya seperti waffle dan bergerigi, berguna untuk keseimbangan dan penahan licin pada sepatu.

7. Toe Box

Bagian yang terletak depan ujung sepatu, biasanya berbagan rubber atau suede, dan biasanya terdapat beberapa titik lubang sebagai tempat sirkulasi udara (tergantung jenis sepatu tertentu).

8. Upper/atas

Bagian ini cukup dominan sebagai pertimbangan kita dalam memilih sepatu sneakers. “Upper” adalah bagian dari sepatu tempat di mana desain dan logo. Bagian ini berada di atas midsole dan termasuk bagian dari lubang renda sepatu. Material pada bagian ini juga sangat beragam.

Dari beberapa bagian yang disebutkan, masih ada bagian sepatu yang lebih mendetail seperti pada gambar. Namun paling tidak kamu mengetahui beberapa struktur sepatu diatas cukup untuk memahami dasar-dasar bagian pada sepatu.

 

Postingan terbaru