Mengapa Inner Sepatu Bisa Brudul?

Jakarta, Shoes and Care - Pernah gak kamu mengalami situasi dimana bagian inner pada sepatu kesayanganmu tiba-tiba brudul, atau yang parah, sobek? Pastinya bikin bad mood dan membuat sepatu tersebut tidak nyaman digunakan. Sebenarnya brudul ataupun sobek pada bagian inner sepatu merupakah permasalahan yang sering dijumpai pada sepatu, apalagi jika sepatu tersebut dipakai untuk tempur harian. Lalu, apa sih penyebab dari brudul ini? Mari kita bahas pada artikel dibawah ini!

Inner Sepatu Adalah….

Sebelum kita membahas mengenai permasalahan brudul pada inner sepatu, mari kita coba untuk mengetahui apa sih inner sepatu. Inner sepatu, atau lebih dikenal dengan lining, merupakan lapisan dalam pada sepatu yang terbuat dari bahan kain, kulit sintetis, atau bahan lain yang nyaman terkena kulit. Secara fungsi, inner sepatu tidak hanya berperan penting dari segi kenyamanan. Fungsi lainnya adalah melindungi kaki dari gesekan langsung dari bahan luar sepatu. Jadi, inner ini memang berperan besar dari segi kenyamanan dan daya tahan pada sepatu. 

Mengapa Bisa Brudul?

Seiring berjalannya waktu, inner sepatu juga bisa rusak muncul brudul dan itu adalah hal yang wajar! Ada beberapa alasan penyebab dari brudul pada inner sepatu, diantaranya adalah:

Bahan Inner Tidak Berkualitas

Salah satu faktor utama inner sepatu brudul adalah kualitas bahan yang kurang bagus. Sepatu dengan inner yang terbuat dari bahan murah atau tipis cenderung lebih cepat rusak.,apalagi kalau kamu sering pakai sepatu tersebut secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Bahan inner yang kurang berkualitas bisa mudah sobek, apalagi kalau sering terkena keringat atau gesekan.

Pemakaian Terlalu Kasar

Terkadang cara kita memakai sepatu juga bisa jadi penyebab inner sepatu menjadi rusak. Misal, kamu sering pakai sepatu tanpa kaos kaki atau mengenakan kaos kaki yang terlalu tipis. Kebiasaan seperti ini jika dilakukan terus menerus bisa mengakibatkan dinding inner sepatu tergerus karena gesekan langsung antara kaki dan inner sepatu, akhirnya mempercepat kerusakan. Selain itu, cara memasang dan melepas sepatu yang kasar seperti menarik bagian belakang sepatu dengan paksa juga bisa membuat inner cepat brudul. Jadi, pakai sepatu dengan benar ya!

Keringat dan Lembab

Keringat adalah musuh alami bagi sepatu, terutama pada bagian inner. Kaki yang berkeringat bisa membuat inner sepatu menjadi lembap dan lebih cepat rusak. Kelembapan berlebih bisa melemahkan serat-serat pada inner sehingga mudah sobek atau brudul. Kalau kamu sering pakai sepatu dalam kondisi basah atau lembab, risiko inner brudul juga akan semakin besar.

Perawatan Sepatu Kurang Tepat

Cara kamu merawat sepatu juga berpengaruh besar terhadap keawetan bagian inner. Misalnya, kamu jarang membersihkan sepatu atau nggak pernah mengeringkan sepatu setelah digunakan. Debu, kotoran, dan keringat yang menumpuk di bagian inner bisa menyebabkan proses kerusakan terjadi lebih cepat. Selain itu, menyimpan sepatu di tempat yang lembab atau terlalu panas juga bisa mempercepat proses brudulnya inner.

Bagaimana Mencegah Brudul?

Setelah mengetahui beberapa penyebab utama dari brudul pada inner sepatu, ada baiknya kamu juga perlu mengetahui tips mencegah terjadinya brudul pada inner sepatu kesayanganmu. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah:

Pilih Sepatu Berkualitas!

Kalau kamu pengen inner sepatu awet, pastikan kamu memilih sepatu dengan inner yang terbuat dari bahan berkualitas juga. Bahan yang baik memiliki daya tahan yang lebih lama dan nyaman saat bersentuhan langsung dengan kaki. Tidak bisa dipungkiri, sepatu dengan inner yang berkualitas bisa jadi harganya lebih mahal. At least sepatu dengan inner berkualitas ini sebanding dengan keawetan dan kenyamanannya ya!

Gunakan Kaos Kaki yang Tepat

Untuk kaos kaki, selalu gunakan kaos kaki yang nyaman dan sesuai dengan jenis sepatu yang kamu pakai. Kaos kaki bisa membantu mengurangi gesekan antara kaki dan inner sepatu sehingga inner lebih awet dan lebih terawat. Pilih kaos kaki yang terbuat dari bahan yang bisa menyerap keringat dengan baik untuk menjaga tingkat kelembapan di dalam sepatu.

Jaga Kebersihan Sepatu

Membersihkan sepatu secara rutin adalah kunci untuk menjaga keawetan inner sepatu. Setiap kali habis dipakai, kamu bisa langsung membersihkan sepatu kesayangan kamu apalagi setelah seharian dipakai. Setelah dicuci, pastikan sepatu selalu kamu keringkan dulu sebelum nantinya disimpan. Jangan lewatkan dua proses ini, pasalnya rutin menjaga kebersihan sepatu bisa membantu mencegah kelembaban berlebih yang berefek merusak inner.

Gunakan Shoe Tree

Nah, berlanjut ke tahap penyimpanan sepatu. Kamu sudah mengerti setidaknya langkah yang baik dalam menyimpan sepatu kesayanganmu. Tambahannya, kamu bisa menggunaka shoe tree untuk menjaga bentuk sepatu dan inner tetap dalam kondisi baik. Shoe tree ini juga bisa membantu menyerap kelembaban di dalam sepatu dan membantu menjaga kondisi sepatu mu tetap segar dan awet.

Ganti Sepatu Secara Berkala

Langkah terakhir yang bisa kamu pertimbangkan adalah menggunakan sepatu lainnya dan melakukan rotasi sepatu secara terus menerus. Berikan sepatu kamu waktu istirahat dengan melakukan rotasi secara berkala. Hal sepele seperti Ini juga bisa membantu inner sepatu bertahan lebih lama lho!

Balik lagi, inner sepatu yang brudul memang bisa bikin kesel. Tetapi kalau kita tahu penyebabnya dan cara merawatnya, masalah ini bisa dihindari kok. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

 

Postingan terbaru