Membedah Material Upper Pada Sepatu
Bagus Adhitama| 1 week ago |

Membedah Material Upper Pada Sepatu

Membedah Material Upper Pada Sepatu - Sepatu merupakan komoditas yang saat ini sangat digemari oleh masyarakat. Banyak dari merek ternama setiap tahunnya melahirkan inovasi baru. Ragam sepatu yang diproduksi memiliki kualitas material yang berbeda-beda dan menghasilkan sepatu dengan keunggulannya masing-masing. Terlepas dari itu semua, apakah kalian paham jenis material upper apa saja yang digunakan pada sepatu kalian? 

Nah, kali ini kami akan membahas sedikit mengenai material apa saja yang digunakan pada upper sepatu

1. Kanvas

Secara umum pasti banyak dari kalian yang sudah tahu tentang material kanvas, karena hampir rata-rata produksi sepatu menggunakan material kanvas. Material kanvas merupakan bahan plain woven fabric yang tahan lama dengan memiliki serat kecil maupun serat besar. Material kanvas sendiri secara umum terbuat dari bahan dasar katun atau linen. Dan dalam hal kekuatan material, material kanvas sudah bisa menyamai dengan material denim.

2. Suede

Material suede memiliki tampilan yang hampir sama dengan beludru, namun material suede merupakan material yang terbuat dari kulit sapi, kulit domba, kulit rusa atau kulit kambing. Prosesnya ialah dengan mengamplas bagian kulit dalam agar menjadikannya bulu. Material ini juga tidak terlalu tahan terhadap air dan juga ketika terkena gesekan terlalu keras dapat menimbulkan kerusakan pada material suede. 

3. Nubuck

Merupakan material yang terbuat dari kulit sapi serta memiliki tekstur lebih halus daripada material suede. Material nubuck terproses dari pengamplasan material luar kulit luar untuk memunculkan bulu (nap), material ini memiliki kualitas yang cukup kuat dan lebih awet. Material ini biasanya memiliki ciri khas sendiri yang membedakannya dengan material suede.

4. Beludru

Pasti banyak dari kalian yang sering menyamakan antara material bludru dengan material suede. Material bludru merupakan sejenis kain tenunan berbulu yang memiliki tekstur kelembutan yang hampir sama dengan suede. Material bludru dibuat dari bahan sutra, tetapi kebanyakan untuk saat ini beludru pencampuran antara bahan sutra dan bahan rayon. Material ini biasanya diproduksi untuk sepatu wanita antara lain: Heels, Wedges, maupun Slip on. 

5. Nylon

Material nylon merupakan jenis bahan sintetis yang biasa digunakan untuk sepatu olahraga. Material ini sangatlah cocok digunakan untuk bagian upper running shoes, karena teksturnya yang tipis dan memiliki rongga untuk sirkulasi udara yang baik. Selain tekstur yang memanjakan, material ini juga sangat ideal dalam memberikan ruang cukup yang sangat dibutuhkan oleh para atlet dalam pergerakan saat berolahraga. 

6. Satin

Pastinya kalian tidak asing dengan material satin, material ini biasanya terdapat pada baju-baju wanita. Tetapi harus diketahui, material ini juga sering terdapat pada sepatu. Material satin merupakan bahan yang memiliki karakter mengkilap atau glossy, ciri khas permukaan material ini memiliki kelembutan yang ringan ketika digunakan. 

7. Denim

Mungkin kita hanya tahu jika denim merupakan celana saja, tetapi sebenarnya denim dapat dibuat menjadi material upper pada sepatu. Material ini merupakan jenis bahan yang terbuat dari serat katun, teksturnya mirip seperti karpet tetapi lebih tipis dan halus. 

8. Kulit

Material kulit dan biasa kita sebut dengan Leather merupakan material yang memiliki ketahanan material tahan lama. Material ini dibuat dari penyamakan kulit hewan. Pada umumnya kulit yang digunakan adalah kulit sapi. 

9. Kulit Sintetis

Sintetis Material ini menjadi salah satu material yang sering digunakan dalam pembuatan sepatu. Karena dari harga yang terbilang cukup murah daripada kulit asli. Material kulit sintetis berasal dari bahan-bahan kimia yang diolah di pabrik dan dibentuk hampir menyerupai dengan kulit aslinya. Walaupun sangat menyerupai kulit asli, tetapi material ini tidak memiliki unsur dari kulit asli sama sekali.

10. Mesh

Pastinya banyak dari kita yang belum paham dengan material ini. Mesh merupakan jenis material yang tampilannya menyerupai jaring. Material mesh terbuat dari serat katun ataupun serat sintetis yang dirajut maupun dianyam. Keunggulan dari material ini memiliki sirkulasi pada sepatu, biasanya material ini digunakan untuk sepatu olahraga. 

Beberapa penjelasan diatas dapat membantu kalian dalam mengenal material-material pada bagian upper sepatu