Membahas Bahan Nubuck Pada Sepatu

Jakarta, Shoes and Care - Nubuck adalah jenis kulit yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau. Sama seperti suede, kulit nubuck diampelas untuk memunculkan semacam bulu yang disebut nap. Namun ternyata terdapat perbedaan dalam proses pengampelasannya. Berdasarkan info dari website https://www.trackraktayoo.com/ “ “Pada nubuck, proses pengampelasan di mulai dari bagian kulit luar yang keras hingga ke dalam, maka jenis dan model sepatu pengaman yang dibuat dari bahan nubuck relative memiliki kekuatan dan ketahanan yang tinggi dibandingkan dngan sepatu berbahan kulit suede. Nubuck memiliki permukaan yang lebih halus dikarenakan serabut-serabutnya lebih rapat dan pendek. Selain dijadikan bahan luar upper sepatu pengaman, nubuck juga digunakan dalam perabot rumah tangga seperti sofa, selain itu sebagai bahan baku produk fashion pada sandal, tas, dompet, koper, jaket hingga bahan pembungkus jok mobil”.

Dengan sifat bahan nubuck yang kuat terhadap hantaman dan memiliki ketahanan dalam jangka waktu yang panjang. Maka bahan nubuck sering kali dijadikan pada sepatu-sepatu outdoor, sepatu militer atau pun sepatu-sepatu heavy duty

Ternyata untuk merawat sepatu berbahan nubuck kita perlu memiliki lap khusus kulit nubuck dan sikat khusus kulit nubuck. Selain itu juga gunakan produk-produk pembersih yang dirancang khusus untuk kulit nubuck.

Kita perlu berhati-hati ketika menyikat kulit di bagian berbulu. Kulit nubuck bisa rusak apabila kita menggosoknya terlalu keras atau terlalu lama disatu area saja. Jangan pernah membersihkan nubuck menggunakan air. 

Memang memerlukan keahlian, kecermatan, serta kehati-hatian dalam melakukan perawatan terhadap bahan kulit satu ini. Jika kita tidak yakin dengan yang akan kita lakukan, lebih baik kita menyerahkan pada jasa pembersih sepatu yang telah memiliki kredibilitas dalam melakukan servicenya. Karena sepatu yang menggunakan bahan kulit nubuck pastinya digunakan pada aktifitas outdoor. Sehingga sudah tentu tingkat kotor dan noda yang mungkin terdapat pada sepatu membutuhkan perhatian khusus. Hal ini perlu kita lakukan agar tampilan kulit nubuck pada sepatu kita tetap terjaga dengan baik dan tetap terlihat elegant dan stylish. Sehingga dapat kita gunakan pada jangka waktu yang panjang.

Postingan terbaru