Kebiasaan Baik dan Buruk dalam Merawat Sepatu dan Kaki

Jakarta, Shoes and Care - Merawat kebersihan dan kesehatan kaki bisa dimulai dari merawat sepatu yang biasa kamu pakai sehari-hari. Selain karena alasan kesehatan, mungkin juga alasan kerapihan menjadi alasan utama mengapa kamu harus telaten dalam merawat sepatu yang kamu gunakan. Ada beberapa kebiasaan yang harus dipertahankan, ada pula kebiasaan yang perlu kamu tinggalkan dalam menggunakan dan merawat sepatu kesayangan kamu. Apa saja kebiasaan tersebut? Mari sama sama rangkum di artikel ini.

Kebiasaan yang Perlu Dilakukan

Sepatu Dalam Keadaan Selalu Bersih

Coba selalu menjaga sepatu kamu dalam keadaan yang bersih, sepatu yang bersih selalu enak dipandang dan nyaman digunakan. Selain itu, sepatu yang bersih tentunya tidak akan menjadi sarang tumbuhnya mikroorganisme seperti bakteri dan jamur yang dapat membuat sepatu dan kaki kamu menjadi bau! Cobalah untuk merutinkan mencuci sepatu secara berkala agar kebersihannya selalu terjaga, kemudian semprot dengan shoe spray agar tetap wangi dan higienis. Menjaganya agar tetap bersih dari kotoran dapat mengurangi laju degradasi dari sepatu juga. Jadi, ayo dirutinkan mencuci dan merawat sepatu agar tetap bersih.

Menggunakan Kaos Kaki

Mungkin ada beberapa orang yang lebih senang menggunakan sepatu tidak dengan kaos kaki dengan beberapa alasan, seperti gerah, kurang nyaman, hingga ‘tidak keren dilihat’. Padahal kaos kaki punya peranan yang penting bagi kesehatan kaki maupun higienitas sepatu. Sangat disarankan untuk memakai kaos kaki apabila kamu memakai sepatu, jika tidak kaki kamu akan mengalami pertumbuhan atau infeksi bakteri dan jamur yang timbul dari lembab. Bagaimana jika kamu mengalami hiperhidrosis? Mungkin dalam sehari kamu bisa menggunakan lebih dari satu pasang kaos kaki. Namun, demi kesehatan kaki dan menjaga sepatu tetap higienis, kenapa tidak?

Buka Tali Sepatu Saat Ingin Melepas Sepatu

Banyak orang yang memakai sepatu bertali merasa mager ketika ingin membuka sepatu mereka, hasilnya sepatu dilepas secara paksa tanpa meregangkan sepatu tersebut. Tindakan tersebut sangat berpotensi merusak struktur sepatu kamu, serius. Buka tali sepatu kamu sebelum melepasnya dari kaki untuk mengurangi tingkat keausan pada bahan penyusun struktur sepatu.  Meregangkan bahan secara berlebihan dapat mengurangi daya dukung sepatu dan membuat sepatu kamu tidak pas dengan kaki, bahkan nantinya akan semakin rusak jika selalu dipaksakan.

Kebiasaan yang Harus Dihindari

Jangan Memakai Sepatu yang Sama Setiap Hari

Meskipun judulnya sepatu harian, sebaiknya sepatu jangan terus dipaksa pemakaiannya setiap hari ya. Meskipun benda mati, sepatu tetap butuh istirahat pemakaian agar tetap awet. Ketika kamu memakai satu sepatu secara tidak bergantian tidak hanya akan membuat sepatu tersebut cepat rusak, tapi sepatu juga dapat menjadi berbau dan menjadi sarang bakteri dan jamur. Hal ini disebabkan mikroorganisme ini berkembang biak di permukaan yang lembap, gelap, dan hangat. At least, kamu punya sepatu lain sebanyak 1-2 pasang untuk rotasi pemakaian harian. Selain itu, jangan langsung meletakkan sepatu di ruang tertutup. Biarkan di udara terbuka semalaman lalu simpan jika perlu.

Jangan Melipat Bagian Belakang Sepatu

Diantara kamu pasti ada kan yang ketika terburu-buru, maunya cepat langsung melipat atau menginjak bagian belakang sepatu. Ada beberapa sepatu yang memiliki bagian belakang yang fleksibel dan gampang terlipat. Fungsi utamanya adalah agar kaki kamu bisa masuk kedalam sepatu dengan lebih fleksibel, tapi jangan sampai diinjak ataupun dilipat paksa ya! Kebiasaan seperti ini berdampak buruk bagi sepatu dan juga kaki kamu sendiri. Struktur sepatu akanmenjadi rusak dan membuat kaki harus bekerja lebih keras agar tetap stabil. ironisnya,  kamu mungkin bisa terkena cedera kronis yang berlebihan seperti plantar fasciitis atau tendonitis Achilles.

Jangan Memaksa Memakai Sepatu Apabila Kaki sedang Sakit

Jangan memaksa memakai sepatu jika kaki kamu merasakan sakit, sebaiknya jangan gegabah. Jika sepatu yang sedang kamu pakai ternyata membuat kaki terasa tidak nyaman dan berujung luka, sebaiknya jangan digunakan kembali. Jika ingin dipakai, coba tambahkan bantalan dengan sisipan ortotik untuk menopang kaki kamu dengan lebih baik.

In the end, ada beberapa kebiasaan lain yang patut dipertahankan dan ada juga kebiasaan yang harus dihilangkan dalam merawat diri serta sepatu kesayangan. Pada akhirnya, tentu kembali ke kamu yang merasakan. Tapi jika itu tujuannya agar bisa membuat kamu sehat dan sepatu kamu tetap bagus, kenapa tidak? Semoga informasi ini bermanfaat ya!

 

Postingan terbaru