Ingin Melakukan Pemasaran Melalui Media Sosial untuk Bisnis UMKM Anda? Terapkan Strategi Berikut Ini
Digital Marketing Shoes and Care| 6 months ago |

Ingin Melakukan Pemasaran Melalui Media Sosial untuk Bisnis UMKM Anda? Terapkan Strategi Berikut Ini

Ingin Melakukan Pemasaran Melalui Media Sosial untuk Bisnis UMKM Anda? Terapkan Strategi Berikut Ini - Pemasaran melalui media sosial sekarang sedang banyak digunakan untuk melebarkan jangkauan bisnis UMKM. Hal ini karena media social bisa menjangkau sampai luar negeri. Semakin banyak saingan, strategi dalam pemasaran melalui media social juga harus semakin berkembang. Berikut ada beberapa strategi untuk pemasaran di media sosial yang bisa Anda terapkan.

1. Memilih Sosial Media yang Tepat

Dalam memulai suatu promosi di media sosial, pertama kali memang harus menentukan media sosial yang paling tepat. Banyak social media yang telah menerapkan model bisnis seperti Facebook, Instagram, dan masih banyak lagi. mungkin Anda membutuhkan 2 atau 3 platform media social untuk mengembangkan bisnis Anda.

2. Membangun Koneksi di Media Sosial

Koneksi dalam bisnis merupakan hal yang sangat penting untuk dibangun karena dengan memiliki koneksi yang bagus, maka langkah untuk promosi bisnis semakin mudah. Lakukan kegiatan seperti giveaway, promo, dan lain sebagainya untuk menarik dan membangun relasi dan menambah follower. 

3. Menarik Pelanggan Potensial

Anda pasti sudah memiliki potensi pasar tersendiri bukan? seperti skincare untuk remaja, peralatan dan sparepart motor untuk yang hobby modifikasi, dan sebagainya. nah hal ini bisa juga dilakukan pada konten social media, untuk melakukan ini, Anda perlu sedikit ilmu marketing, bisa dengan mengikuti social media marketing prakerja gratis yang diprogramkan pemerintah. Langkah yang harus dilakukan adalah dengan memastikan setup geotagging di page social media seperti facebook  dengan benar agar bisa mengajak teman Facebook untuk menjadi salah satu dari konsumen Anda.

4. Membuat Konten yang Menarik

Konten adalah salah satu kewajiban yang tidak boleh absen untuk dibuat. Selain informative mengenai bisnis UMKM yang Anda usahakan, juga harus menarik agar banyak calon pelanggan yang melihat dan akhirnya tertarik pada produk Anda. Cara pemasaran melalui media social satu ini memang tidak boleh ketinggalan. Tinggal kemas setiap konten dengan desain yang seru dan bahasa yang informatif. Selain itu waktu posting juga harus diperhatikan. Pertama Anda bisa posting konten pada pagi hari di jam 8-9 pagi. Kemudian untuk siang hari bisa posting pada pukul 13.00-14.00 yang merupakan waktu istirahat. Selanjutnya bisa posting pada pukul 16.00-19.00 sore ketika banyak orang sudah pulang kerja dan bersantai bersama keluarga. 

5. Menjalin Komunikasi Aktif

Nah biasanya disini Anda membutuhkan admin karena harus selalu aktif menjawab pertanyaan dan berinteraksi dengan follower. Apalagi jika memiliki lebih dari 1 platform media social. Semakin banyak pengikut, maka Anda akan semakin sibuk. Ada kalanya di setting  untuk bisa menjawab secara otomatis.

Itulah beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk pemasaran melalui media social untuk bisnis UMKM yang Anda jalankan. Jangan sampai kalah saing dengan pengusaha lain yang sudah lebih dulu menggunakan social media untuk promosi.