Dampak Penggunaan Semir Sepatu

Jakarta, Shoes and Care - Ketika sedang bepergian atau sedang berada di luar rumah, kamu pasti sering melihat orang yang sedang melakukan semir sepatu kulit. Umumnya semir sepatu dilakukan untuk menjaga penampilan sepatu, utamanya sepatu kulit, agar tetap mengkilap dan tampak seperti sepatu baru. Pasalnya, semua sepatu yang tidak dirawat dengan baik akan berpotensi jamuran dan retak. Nah, salah satu teknik perawatan khusus untuk sepatu kulit ialah semir sepatu. Namun, apakah ada dampak positif dan negatif dari teknik perawatan ini? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Mengenal Semir Sepatu

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari semir sepatu, ada baiknya kita mengenal sedikit lebih dalam mengenai komponen perawatan sepatu ini. Umumnya, merawat sepatu kulit seperti sepatu pantofel, boots Dr. Martens, dan sepatu kulit sejenis cukup mudah. Umumnya, perawatan semir sepatu menjadi pilihan yang tepat apalagi jika sepatu kulit tersebut dipakai untuk harian. Namun, apa itu semir sepatu? Semir sepatu sendiri merupakan sebuah produk berbentuk seperti pasta yang digunakan untuk menggosok, membuat sepatu tahan air, dan membuat penampilan sepatu menjadi lebih baik sehingga memperpanjang daya tahan alas kaki. 

Zat atau bahan yang ada pada semir sepatu umumnya terbuat dari campuran bahan alami dan sintesis, termasuk nafta, minyak tusam, bahan celup, dan getah arab serta melalui proses teknik lurus. Semir sepatu sudah ada sejak ratusan tahun dan berawal dari berawal dengan zat alami seperti lilin dan minyak gemuk. Popularitas dari semir sepatu sendiri mulai beranjak naik abad ke-19 dan berlanjut hingga abad ke-20, dimana penggunaan bahan kulit dan produksi sepatu sintesis mulai menjamur dimana-mana. Penggunaan semir sepatu mencapai titik puncaknya ketika masa Perang Dunia dimana hampir semua sepatu prajurit menggunakan bahan kulit.

Dampak Positif Semir Sepatu

Menindak lanjuti topik pembahasan utama dari artikel ini, semir sepatu memiliki beberapa manfaat bagi sepatu kamu. Manfaat-manfaat tersebut antara lain:

  1. Membersihkan dan membuat sepatu mengkilap. Semir sepatu berfungsi untuk membersihkan noda atau kotoran pada permukaan sepatu, terutama pada sepatu kulit. Selain membersihkan sepatu, semir sepatu juga memberi efek kilau pada permukaan sepatu sehingga terlihat seperti baru.
  2. Melindungi dari cipratan air dan mencegah kelembaban. Sebagian besar produk semir sepatu mengandung bahan yang dapat mencegah resapan air ke dalam kulit sepatu. Dengan menggunakan semir sepatu, sepatu kulit kamu dapat terlindung dari cipratan air dan mencegah terjadinya kelembaban di dalam sepatu.
  3. Memelihara kekuatan dan kelenturan kulit. Zat-zat yang terkandung dalam semir sepatu, seperti lilin dan minyak, bermanfaat untuk memelihara tingkat kekuatan serta kelenturan dari bahan kulit itu sendiri. Dengan begitu, sepatu akan semakin terhindar dari kulit yang mengering, retak, atau terasa kaku apabila sedang digunakan.
  4. Mengurangi tingkat abrasi. Semir sepatu dapat mengurangi sifat gesekan dan abrasif di permukaan sepatu. Dengan demikian, usia pakai sepatu menjadi lebih panjang dan menjaga penampilannya seperti semula. 

Dampak Negatif Semir Sepatu

Nyatanya, yang positif belum tentu juga tidak memiliki dampak negatifnya. Meskipun semir sepatu memiliki kegunaan untuk menambah masa pakai sepatu dan mempercantik penampilan sepatu, nyatanya memiliki dampak buruk juga bagi sepatu maupun sekitarnya. Dampak negatif tersebut antara lain:

  1. Kandungan kimia yang berbahaya. Semir sepatu terkadang memiliki kandungan zat yang berbahaya bagi manusia maupun lingkungan sekitar. Jadi apabila diaplikasikan secara berlebihan ataupun asal-asalan dapat meningkatkan resiko terkena paparan zat berbahaya tersebut.
  2. Ketergantungan pada semir. Penggunaan semir secara terus menerus akan menimbulkan sifat ketergantungan dan merasa sepatu tanpa semir tidak menarik untuk dilihat maupun digunakan. 
  3. Tidak sesuai dengan semua jenis sepatu. Perlu dicatat bahwa tidak semua sepatu cocok diaplikasikan semir sepatu, contohnya seperti sepatu olahraga atau sepatu dengan bahan tertentu. Penggunaan semir pada sepatu-sepatu tersebut justru akan mengubah karakteristik alaminya, ditakutkan akan merusak dari lapisan sepatu itu sendiri.
  4. Waktu dan tenaga. Teknik membersihkan sepatu dengan semir sepatu tentunya membutuhkan tenaga dan waktu yang ekstra. Bagi sebagian orang yang memiliki jadwal yang padat, aktivitas ini tentunya merepotkan.

Berdasarkan pemaparan informasi diatas, gunakan semir sepatu sebagaimana mestinya dan sesuaikan dengan kebutuhan serta sepatu yang akan digunakan. Tidak semua sepatu membutuhkan semir sepatu, tetapi apabila digunakan dengan media sepatu yang tepat tentunya akan menjaga sepatu tetap dalam kondisi yang baik dan memperpanjang usia pakainya.

 

Postingan terbaru