Cukup Mudah! Merawat Sepatu Agar Tetap Awet

Jakarta, Shoes and Care - Sepatu merupakan bagian penting dari berpakaian. Tidak lengkap rasanya jika fashion item satu ini tertinggal untuk dipadupadankan dengan pakaian yang kita kenakan. Pasti setiap orang memiliki pengalaman dimana kalian memiliki sebuah sepatu impian dan disaat kita pada akhirnya memilikinya, kita ingin sepatu impian kita tersebut awet dan selalu dalam performanya yang sempurna.

Ternyata cukup mudah loh! Untuk merawat sepatu agar tetap awet. Yuk, mari kita bahas seperti apa dan bagaimana melakukannya. Berikut caranya:

  • Simpan Sepatu Dengan Baik

Saat ini banyak kotak penyimpanan sepatu yang bisa kita temukan dengan mudah di online market. Kotak penyimpanan sepatu dibuat khusus untuk menyimpan sepatu dan merupakan tempat penyimpanan yang optimal untuk penyimpanan jangka panjang. Dengan menyimpan sepatu di dalam kotak akan melindungi sepatu dari bahaya sinar matahari, debu dan suku ekstrem. Saat menggunakan kotak sepatu plastic, pastikan benar-benar kering untuk mencegah tumbuhnya jamur, kalian dapat memberikan kamper atau silica gel.

  • Simpan Sepatu Pada Tempat Terbuka

Untuk sepatu yang seringkali kita gunakan secara regular, simpan sepatu pada tempat yang terbuka atau terkena udara luar. Karena sepatu yang biasa digunakan sehari-hari kemungkinan besar akan lebih lembab dan terpapar lebih banyak udara lembab dibandingkan dengan sepatu yang jarang digunakan dan tersimpan di dalam kotak atau lemari. Untuk sepatu yang sering dipakai, disimpan di tempat penyimpanan terbuka dengan tujuan agar kain ataukulit yang lembab dapat bernafas. 

  • Menggunakan Shoe Tree

Pengganjal sepatu terbaik adalah wooden shoe tree atau pengganjal sepatu yang terbuat dari kayu. Dengan menggunakan pengganjal sepatu yang terbuat dari kayu dapat membantu menyerap kelembapan dari sepatu dan membuatnya tetap terasa dan terlihat baru untuk waktu yang lama. Namun pilihan pengganjal sepatu tersedia dari berbagai bahan ada juga yang berbahan plastik. Pengganjal sepatu dapat membantu sepatu mempertahankan bentuk alaminya dan juga mengurang kemungkinan tertekuk atau retak pada kulit sepatu. Masukkan pengganjal sepatu ke dalam sepatu satu atau dua jam setelah kalian selesai memakainya.

  • Mengganjal Sepatu Dengan Kertas 

Jika kalian tidak memiliki pengganjal sepatu, cara sederhana lainnya adalah menggunakan kertas polos yang bersih. Perlu diingat jangan menggunakan kertas koran, karena banyak kasus tinta pada koran menempel pada sepatu. Jadi gunakanlah kertas polos berwarna putih untuk mengganjal sepatu. Fungsinya akan sama yaitu untuk mempertahankan bentuk sepatu, menyerap kelembapan serta merngurangi bau dari dalam sepatu.

  • Cepat Bersihkan Jika Kotor atau Terkena Noda

Biasakan untuk jeli dalam menjaga kebersihan sepatu kalian. Jika sepatu kalian kotor atau terkena noda jangan menunggu waktu lama untuk membersihkannya. Cepat bersihkan atau cuci sepatu kalian jika dalam kondisi kotor atau terkena noda. Agar noda dan kotoran tersebut tidak menempel atau mengeras pada sepatu kalian. Jika kalian tidak yakin dapat membersihkannya sendiri, bawalah sepatu kalian ke jasa pencucian sepatu yang terpercaya.

Semoga bermanfaat yaa buat kalian yang ingin sepatu kesayangannya lebih awet dan tahan lama.

Postingan terbaru