Cara Meningkatkan Penjualan Dengan Strategi Upselling dan Cross-Selling

Jakarta, Shoes and Care - Banyak di sekitar kita bermunculan pelaku-pelaku usaha baru. Tidak hanya dikarenakan perubahan ekosistem ekonomi setelah masa pandemi tapi juga setelah beberapa waktu lalu kita mendengar banyak perihal inflasi melanda dunia yang berdampak kepada banyaknya orang yang kehilangan pekerjaan. Baik pengusaha baru atau pun lama berlomba-lomba untuk menjual produk atau layanannya. Para pelaku usaha banyak melakukan strategi dalam meningkatkan penjualannya. Adapun diantaranya adalah upselling dan cross-selling.

Apakah itu strategi upselling dan cross-selling? Berdasarkan sumber https://www.copper.com/ pengertian upselling dan cross-selling adalah sebagai berikut:

Upselling : Membuat pembeli membeli versi yang lebih mahal dari sesuatu yang akan mereka beli.

Cross-Selling : Mengenai bagaimana penjual dapat mengarahkan pembeli untuk membeli sebuah layanan atau produk lainnya selain dari apa yang telah mereka beli atau apa yang sedang mereka beli.

Untuk dapat meningkatkan penjualan dengan menggunakan strategi upselling dan cross-selling maka kalian perlu untuk mengidentifikasi, mengenali dan memahami target pelanggan serta petakan. Dengan mengidentifikasi, mengenali, memahami dan memetakan pelanggan maka kalian akan mengetahui bahwa kalian tidak dapat melakukan strategi upselling dan cross-selling dengan cara yang sama. Karena tentunya kebutuhan antara pelanggan satu dengan yang lainnya akan berbeda. Identifikasi kebutuhan mereka yang berbeda.

Kemudian, luangkan waktu kalian untuk memetakan kepada pelanggan yang mana kalian akan menerapkan strategi upselling dan cross-selling. Serta jangan lupa untuk menetapkan rencana waktunya. Memiliki rencana atau garis besar waktu dalam menawarkan upselling dan cross-selling kepada setiap jenis pelanggan adalah hal yang penting. Karena ini dapat membantu memastikan bahwa kalian telah memasarkan produk atau jasa kalian ke setiap pelanggan dengan cara yang tepat.

Masukkan strategi upselling dan cross-selling ke dalam rencana penjualan kalian karena itu adalah hal yang penting untuk dilakukan. Gabungkan antara identifikasi sasaran penjualan dengan strategi upselling dan cross-selling. 

Secara garis besar ada alasan mengapa dari restoran cepat saji, toko ritel hingga online store atau pun perusahaan besar banyak menerapkan strategi penjualan upselling dan cross-selling karena mereka efektif dalam meningkatkan pendapatan. Bahkan hanya dengan menerapkan strategi up selling saja, mereka dapat meningkatkan keuntungan hingga 30%.

Apa pun usaha kalian tetap semangat dan selalu berinovasi. Selalu terbuka kepada setiap informasi. Semoga bermanfaat.

 

Postingan terbaru