Cara Menghadapi Persaingan Bisnis Secara Sehat

Jakarta, Shoes and Care - Namanya bisnis pastinya akan memiliki pesaing. Di pasar mungkin pebisnis akan menghadapi puluhan, ratusan atau mungkin ribuan pesaing. Memang hal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis. Inilah mengapa sangat penting bagi pebisnis untuk selalu mengembangkan strategi yang akan memberi keunggulan dibandingkan dengan pesaing lainnya. Namun bagaimana sebaiknya kita menghadapi persaingan bisnis secara sehat?

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan yang dikutip dari https://www.forbes.com/:

  • Memanusiakan Perusahaan Anda

Tidak ada yang mau berbisnis dengan korporasi; mereka ingin berbisnis dengan manusia nyata yang peduli. Konsumen atau pasar saat ini sangat jeli untuk membedakan melalui sosial media antara persaingan dengan marketing atau pemasaran atau pelaku bisnis yang menunjukkan bahwa orang-orang dibalik layar adalah orang-orang nyata yang peduli. 

Sebagai contoh almarhum Tony Hsieh, mantan dari CEO Zappos adalah contoh bagus dari seseorang yang membangun perusahaan yang sangat menonjol di pasar yang terkesan monoton. Ada jutaan tempat untuk membeli sepatu, tetapi orang lebih suka membelinya di Zappos. Zappos berfokus pada pelayanan pelanggan dan memasarkan bahwa orang-orang yang bekerja di sana sebagai pahlawan. Sebagai hasilnya sosok Tony Hsieh menjadi sosok yang lebih besar dari bisnis sepatunya. Pada kesimpulannya memanusiakan tim dan perusahaan dapat menarik pangsa pasar.

  • Berikan Nilai Tertinggi

Di pasar, siapa pun bisnis yang menawarkan nilai paling banyak akan menang. Ada banyak cara untuk meningkatkan nilai yang diberikan produk atau layanan kepada pelanggannya.  Pertama, kalian bisa melakukan lebih dari apa yang sudah kalian lakukan dengan harga yang sama. Layanan yang lebih baik dapat bekerja ekstra untuk memecahkan masalah lain bagi para pelanggan. Hal ini dapat terkait dengan menjadi produk yang lebih baik. Jika kalian melihat di pasar bahwa tidak ada pesaing kalian yang tidak berfokus terhadap kualitas pelayanan, secara tidak langsung kalian menambah nilai dalam pelayanan yang diberikan. Dengan cara ini suatu hari bisnis kalian akan tumbuh dan berkembang sehingga dapat mengambil alih pasar. Tidak hanya kedua hal tersebut, meningkatkan nilai pada sumber daya seperti dapat bermitra dengan pebisnis lain dengan produk layanan yang dapat memberikan nilai sehingga apapun yang dilakukan oleh bisnis kalian selalu terlihat yang paling terbaik dari berbagai segi di pasar. Tentunya akan berdampak positif terhadap harapan konsumen yang selalu berorientasi terhadap kualitas terbaik.   

  • Tetap Setia Pada Pesan Bisnis Kalian

Hal yang baik untuk menyadari adanya persaingan. Tetapi hal tersebut dapat membuat kalian berkecil hati. Berfokus pada apa yang dilakukan orang lain serta mencoba untuk menirunya hanya akan mengaburkan fokus kalian terhadap nilai-nilai dari produk kalian sendiri. Yang perlu dilakukan adalah kenali pasar kalian, manfaatkan apa yang masuk akal dan selalu lakukan yang terbaik yang kalian dapat lakukan serta sampaikan kepada pasar tentang visi, misi dan nilai dari bisnis kalian.

Semoga bermanfaat.

 

Postingan terbaru