Bukan Vans, tapi Veja!

Jakarta, Shoes and Care - Mungkin diantara kamu pernah melihat sepatu seperti foto cover artikel ini? Mungkin sebagian besar kamu pernah mengira sepatu tersebut merupakan sepatu dari Vans. Jangan terkecoh, sepatu ini bukan keluaran brand Vans yang sepatunya tebal dan cocok untuk aktivitas berat seperti skateboard ataupun sepeda. Sepatu dengan logo V besar ini adalah brand asal Perancis bernama Veja! Brand ini bukan kaleng-kaleng nih, pasalnya mereka membuat sepatu dari bahan material yang ramah lingkungan sehingga sustainable. Apa alasannya menggandeng embel-embel ramah lingkungan itu? Mari cari tau kebenarannya!

Unik dan Ramah Lingkungan: Veja!

Pada tahun 2018, CNN memberitakan bahwa brand sepatu Veja ini berhasil memasok sepatu ke 1.800 retailer di 45 negara seluruh dunia dan mampu memperoleh pendapatan bersih sebesat US $21 juta dari 550.000 pasang sepatu yang berhasil terjual! Bisa jadi ini sebuah indikasi bahwa pasar sangat tertarik dan mulai sadar bahwa brand sustainable juga bisa keren seperti Veja ini. Faktanya, brand ini berkembang pesat hingga menjadi salah satu brand sukses yang besar dalam sustainable fashion.

Brand Perancis ini didirikan pada tahun 2004 oleh Sébastien Kopp dan François-Ghislain Morillion dan merilis sepatu pertama mereka pada tahun 2005. Sebelum peluncuran Veja, para keduanya berkeliling dunia dan melihat dari dekat berbagai pabrik pakaian dan makanan di Amerika Selatan, Asia dan Australia selama perjalanannya. Hal yang dapat disimpulkan dari perjalanan mereka adalah mereka menganggap teknologi pembuatan sepatu beserta materialnya bisa dikembangkan lebih baik. Sébastien ingin membuat sepatu yang terbuat dari bahan ekologis dan menggunakan pemasok yang beretika lingkungan. Hebatnya, brand tidak mengeluarkan uang untuk pemasaran dan periklanan sehingga mereka bisa menyisihkan lima kali lebih banyak uang untuk memperbaiki kondisi kerja pekerja, produksi dan bahan pembuatan sepatu tanpa membebankan harga jual yang lebih tinggi. 

Brand ini berhasil membuat sepatu yang terbuat dari dari karet asal Amazon meskipun harus mengorbankan harga menjadi lebih tinggi dibandingkan bahan sintetis. Selain itu, Veja juga memanfaatkan kapas murni yang ditanam dengan cara yang dapat mengembalikan unsur hara ke dalam tanah. Alih-alih menyebabkan kerusakan pada tanah akibat dampak buruk penggunaan bahan-bahan kimia. Veja juga menggunakan bahan lain seperti kulit nabati dan bahan daur ulang sebanyak mungkin. Dalam pembuatan sepatunya, Veja juga memanfaatkan botol plastik daur ulang dengan membuat jaring mesh kedap air pada beberapa model sepatunnya. Botol-botol daur ulang tersebut dikumpulkan dari jalan-jalan Brasil di Rio de Janeiro dan Sao Paulo.

Daur Ulang Adalah Kunci

Sekarang, mari kita bedah kembali kunci utama dan dasar tujuan Veja, yaitu daur ulang. Veja menampilkan keunggulan mereka dalam hal daur ulang, yaitu mengubah sampah jadi produk baru yang berguna. Mereka mengolah berbagai jenis limbah seperti botol plastik, sisa kapas dari industri tekstil, dan poliester bekas. Proses daur ulang ini memanfaatkan sampah rumah tangga yang biasanya cuma dibuang begitu saja. Dengan mendaur ulang botol plastik, Veja bisa membuat sepatu yang berkualitas tanpa khawatir mencemari lingkungan Selain itu, Veja juga menggunakan sisa kapas dari pemotongan industri tekstil dan poliester daur ulang sebagai bahan utama di sepatunya. Poliester yang biasanya dibuat dari minyak bumi ini bisa didaur ulang dari produk lama seperti pakaian dan botol plastik, lalu digunakan lagi untuk membuat pakaian baru dan produk industri lainnya.

Dengan inovasi dan komitmen pada sistem daur ulang, Veja menunjukkan bahwa produksi barang bisa dilakukan dengan cara yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Mereka membuktikan bahwa cara produksi yang ramah lingkungan itu mungkin dan efektif dalam jangka panjang. Dengan memanfaatkan limbah sebagai sumber daya, mereka mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan menciptakan ekonomi yang lebih berkelanjutan. Inisiatif ini tidak hanya baik buat lingkungan tapi juga menunjukkan bahwa bisnis bisa beroperasi dengan cara yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Produk yang Populer

Ada beberapa produk yang populer dari Veja, bahkan seringkali kita jumpai. Yaitu:

Veja V-10

Sepatu keluaran Veja yang pertama adalah V-10. Sepatu ini memiliki desain minimalis sehingga dapat dikenakan dengan gaya berpakaian yang santai, bisa juga untuk acara semi-formal. Siluetny tersedia dalam berbagai warna dan bahan. Selain itu, V-10 juga diproduksi dalam di Brasil dan bagian atasnya terbuat dari kulit nabati serta lapisan katun biodegradable.

Veja V-15

Pada sepatu kedua ada Veja V-15. Sebenarnya antara V-10 dan V-15 tidak ada perbedaan yang signifikan, hanya saha V-15 dibuat sedikit lebih tinggi seperti model mid ke high tops. Kulit yang digunakan berasal dari kulit sapi dari peternakan di Uruguay, negara yang terkenal dengan budaya peternakan dan kualitas kulitnya. Kemudian kulit tersebut di tanned di Brasil tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya atau terlarang.

Veja Campo

Ini dia yang sering disalahkirakan oleh orang-orang kebanyakan karena dikira sepatu Vans, yaitu Veja Campo! Menurut web Veja sendiri, Upper Veja Campo terbuat dari kulit sapi ChromeFree halus dan ringan yang Berasal dari peternakan yang terletak di selatan Brasil. Produk ini mengalami proses penyamakan inovatif yang tidak melibatkan krom, logam berat, atau asam berbahaya. Sepatu ini sangat cocok bagi kamu yang ingin memunculkan penampilan yang simpel namun tetap rapih dan proporsional. 

Bisa dikatakan bahwa Veja menemukan keunikannya tersendiri dibandingkan brand sepatu lainnya. Bukan hanya embel-embel bahwa produk mereka ramah lingkungan, tapi mereka juga menjelaskan apa tujuan dan makna dibalik semua itu. Keunikan dari brand ini bahkan sudah terkenal di kalangan artis dan orang penting internasional. Sekelas Emma Watson hingga dan Meghan Markle, Duchess of Sussex, pernah difoto mengenakan sepatu Veja. Jadi, siapa yang punya sepatu ramah lingkungan ini? Semoga trivia ini bermanfaat!

 

Postingan terbaru