Beberapa Tips Memilih Makanan Sehat

Jakarta, Shoes and Care - Makanan sehat merupakan salah satu elemen penting untuk menjaga kesehatan. Jika kita mengonsumsi makanan yang sembarangan maka bisa berdampak buruk pada tubuh kita dan dapat menimbulkan berbagai penyakit. Seperti batuk, radang tenggorokan, diare, hingga tipes. 

Secara umum, ciri makanan sehat ditandai dengan tidak adanya bahan pengawet, pewarna dan penambah rasa, serta makanan yang  diolah dengan tepat. Selain itu, makanan sehat juga harus mencakup gizi seimbang untuk setiap orang.

Lalu bagaimana memilih makanan sehat? Apakah selama ini kita sudah memilih makanan yang sehat? Simak tips dari kami!

Perhatikan kandungan gizi produk makanan

Saat membeli makanan, kalian wajib membaca informasi nutrisi pada kemasan produk. Jika makanan yang tidak memiliki label nutrisi, kalian dapat mencari kandungan gizinya lewat Internet.

Memahami informasi gizi makanan olahan penting untuk memastikan asupan makanan kita memenuhi kebutuhan tubuh dan dapat untuk merencanakan menu makanan gizi seimbang

Konsumsi makanan yang bervariasi

Makan makanan yang bervariasi memungkinkan tubuh menyerap dan mencerna nutrisi dengan lebih baik. Selain itu menu makan yang bervariasi membuat kita tidak mudah bosan dengan makanan yang kita konsumsi setiap harinya.

Mencoba mengolah berbagai macam makanan merupakan hal yang bisa kalian lakukan namun, ingat kita harus membatasi makanan yang digoreng. Hal ini karena lemak jenuh dapat memicu penyakit kolesterol yang berujung pada obesitas.

Konsumsi Makanan Berserat dan Berprotein

Serat adalah salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan tubuh. Serat makanan membantu mendukung proses pencernaan makanan yang Anda makan. Kurangnya  serat dapat menyebabkan sembelit dan gangguan pencernaan. Sementara itu, pilihlah protein yang dapat memberikan energi cepat untuk memenuhi kebutuhan kalori dan nutrisi kalian.

Serat banyak ditemukan pada sayuran, terutama sayuran hijau dan buah-buahan. Protein ditemukan dalam daging, ikan, telur, produk susu, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Konsumsi makanan instan dan cepat saji dengan hati-hati

Tidak melarang, kalian masih boleh mengonsumsi makanan instan atau fast food, namun dikonsumsi secara bijaksana dan berhati-hati, imbangi dengan makanan segar dan kaya akan protein.

Namun ingat, tidak disarankan mengonsumsi makanan cepat saji sesering mungkin, karena tentu dapat membahayakan kesehatan. Kalian bisa mengkonsumsinya pada waktu-waktu tertentu.

Nah itulah Tips Memilih Makanan Sehat dari kami. Tentu kalian harus mulai menerapkan dan memperhatikan makanan yang Anda konsumsi setiap harinya.

Dokter Tirta mengatakan “makan sehat bukan berarti makan nasi banyak yang penting kenyang. Makanlah secukupnya. Lauk secukupnya , jangan semua diborong. Tubuhmu bukan penggilingan yang apapun bisa masuk.”

 

Postingan terbaru