Beberapa Cara Pengeringan Sepatu yang Benar

Jakarta, Shoes and Care - Belakangan ini banyak seringkali cuaca tidak menentu. Hujan lebih sering turun, matahari seperti malu-malu untuk muncul alias sering sekali mendung. Jadi sering sekali sepatu kita jadi basah karena terkena hujan atau basah karena terkena genangan air sehabis hujan.

Berikut beberapa cara mengeringkan sepatu yang benar :

  • Keringkan Menggunakan Mesin Pengering

Mengeringkan sepatu menggunakan mesin pengering, tidak diperuntukkan bagi semua sepatu. Periksa terlebih dahulu label inner care sepatu kalian untuk memastikan apakah sepatu kalian dapat dikeringkan menggunakan mesin pengering atau tidak. Pada label inner care, bagi sepatu yang dapat dikeringkan oleh mesin pengering akan memiliki logo kotak dengan tanda O, itu pun dengan kekuatan putaran terendah/ low heat atau tekan tombol “air dry”. Sedangkan jika ada gambar kotak bertanda X tandanya sepatu kalian tidak dapat dikeringkan oleh mesin pengering. Dan bagi yang memiliki tanda larangan ini jangan sekali-kali mencoba untuk mengeringkannya pada mesin pengering, dijamin sepatu kalian dapat rusak.

Selain itu, sepatu dengan bahan katun, kanvas atau polyester dapat dikeringkan menggunakan mesin pengering. Tapi untuk sepatu berbahan kulit dan suede sangat tidak disarankan karena dapat menyebabkan keretakan.

Untuk mengeringkan sepatu menggunakan mesin pengering, jangan lupa ikat sepatu kalian dengan pasangannya agar sewaktu proses pengeringan di dalam mesin sepasang sepatu tersebut tidak terpisahkan. Lalu jepitkan tali sepatu pada pintu mesin pengering.

Jangan menggunakan tingkat suhu yang tinggi karena dapat menyebabkan kain pada sepatu menyusut. Cukup 20 menit untuk mengeringkan di dalam mesin pengering, lalu cek keadaan sepatu, jika sepatu belum sepenuhnya kering dapat diulang kembali prosesnya hanya untuk 5 menit saja.

  • Menggantungkan Sepatu

Tidak peduli seberapa hati-hatinya kita dalam mengeringkan sepatu dengan menggunakan mesin pengering, pasti masih ada resikonya terhadap sepatu. Jadi lebih aman jika kita mengeringkan sepatu kita yang basah dengan cara mengeringkannya di udara. Cukup gantung sepatu kalian di tali dan biarkan mongering di udara selama 1 hingga 2 hari tanpa terkena sinar matahari secara langsung. Kelamahan dari metode ini adalah kalian tidak dapat mengeringkan sepatu kalian pada suhu yang rendah atau dingin. Percepat proses pengeringan sepatu dengan kertas putih yang bersih atau dengan handuk bersih berwarna putih yang bisa kalian masukkan ke dalam sepatu.

  • Gunakan Hairdryer

Jika sepatu kalian terlalu basah kalian bisa menggunakan handuk, ingat usahakan untuk menggunakan handuk berwarna putih dan dalam keadaan yang bersih. Beri tekanan pada sepatu agar handuk dapat menyerap air yang terdapat di dalam sepatu. Kemudian gunakan pengering rambut didekat pintu masuk sepatu selama beberapa menit agar udara panas menguapkan sisa kelembaban dari dalam sepatu. Namun perlu diingat untuk menggunakan panas minimal agar tidak merusak sepatu.

Semoga bermanfaat.

Postingan terbaru