Bagaimana Mengatasi Bau Tidak Sedap Pada Kaki?

Jakarta, Shoes and Care - “Hihhhh bau sikil!” kalimat tersebut mungkin akan terdengar sangat nyelekit bagi seseorang yang memiliki bau kaki yang tidak sedap, apalagi jika ketahuan bahwa ialah yang bau kakinya tidak sedap. Bau tidak sedap pada kaki memang sangat mengganggu dan membuat orang yang mengidapnya merasa tidak pede dan malu. Faktanya, kaki memang merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki kelenjar keringat paling banyak dibanding anggota tubuh lainnya. Kelenjar ini mengeluarkan keringat agar menjaga kaki tetap lembab, namun seringkali menghasilkan keringat berlebih yang memiliki aroma tidak sedap. Selain banyaknya kelenjar keringat, sebenarnya masih ada beberapa penyebab bau kaki muncul. Lalu apa saja yang bisa dilakukan agar bau kaki hilang, or, setidaknya berkurang? Mari pelajari artikel dibawah ini!

Penyebab Bau Tidak Sedap Pada Kaki

Bau kaki tidak akan muncul secara tiba-tiba, pasti ada penyebab mengapa kaki bisa berbau tidak sedap. Selain karena kelenjar keringat, ada beberapa penyebab munculnya bau tidak sedap pada kaki. Biang keladi dari bau kaki antara lain:

  1. Keringat. Tentu saja bau pada kaki disebabkan karena keringat yang muncul dari pori-pori kulit kaki dan mengendap dalam waktu yang lama. Keringat ini bisa disebabkan dua hal, yaitu olahraga dan juga hiperhidrosis. Hiperhidrosis sendiri merupakan kondisi dimana tubuh menghasilkan keringat berlebih dengan tanpa pemicu apapun. 
  2. Stres berlebihan. Ada kondisi dimana kamu merasa stres yang berlebihan atau mungkin gugup, kamu bisa menstimulasi keringat muncul dari seluruh tubuh, tanpa terkecuali kaki. Jika keringat yang keluar cukup banyak dan mengendap dalam waktu yang lama, bisa memunculkan bau-bau tidak sedap pada kaki.
  3. Kurap, atau infeksi jamur pada kaki. Kurap sendiri lebih tepatnya merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur dan ditandai dengan ruam merah yang terasa gatal serta dapat muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk lengan, kaki, wajah, atau badan.
  4. Perubahan hormon. Perubahan hormon yang terjadi pada manusia juga berpotensi meningkatkan resiko timbulnya bau kaki. Perubahan hormon yang dialami remaja ataupun ibu yang sedang hamil salah satunya ialah sering sekali berkeringat. 

Cara Mengatasi Bau Kaki

Setelah mengetahui beberapa hal yang berpotensi menimbulkan bau kaki, sekarang saatnya dipaparkan beberapa tips mengatasi bau tidak sedap pada kaki. Tips tersebut yaitu:

Jagalah Selalu Kebersihan Kaki

Menjaga kebersihan kaki menjadi langkah pertama dan utama agar terhindar dari bau kaki. Kaki merupakan bagian tubuh yang rentan terhadap kotoran, kelembapan, dan pertumbuhan bakteri serta jamur karena sering terlapisi oleh sepatu. Ketika kamu sedang membersihkan kaki, coba bersihkan lebih detail dengan hingga ke sela-sela jari kaki. Setelah dibilas hingga semua noda turun, keringkan seluruh bagian kaki dengan baik hingga sela-sela jari kaki. Penting juga nih, pastikan kamu rutin untuk memotong kuku jari kaki tanpa terkecuali. Kuku jari yang sudah panjang dan tebal menjadi tempat yang potensial tumbuh jamur dan bakteri.

Gunakan Kaos Kaki yang Menyerap Keringat 

Salah satu solusi mengatasi bau kaki ialah menggunakan kaos kaki saat memakai sepatu. Memilih kaos kaki juga tidak bisa asal, pastikan kamu menggunakan kaos kaki yang terbuat dari bahan wol atau katun yang memiliki daya serap terbaik. Jangan lupa untuk rutin mengganti kaos kaki ya!

Melakukan Rotasi Sepatu

Selain menjaga kualitas sepatu tetap terjaga, ternyata melakukan rotasi sepatu juga menjadi tindakan yang bisa mencegah terjadinya bau kaki. Mengapa? Jika kamu bisa menggunakan beberapa pasang sepatu secara bergantian, sepatu yang sudah dipakai sebelumnya bisa kamu cuci dan jemur untuk mencegah muncul bau tidak sedap pada sepatu. Atau bisa saja ketika kamu sedang santai dan dalam kondisi yang tidak perlu menggunakan sepatu, alternatifnya bisa menggunakan sendal yang lebih terbuka sehingga kaki terpapar sirkulasi udara yang baik.

Gunakan Produk dan Bahan Penghilang Bau Kaki

Sebagai alternatifnya, kamu bisa menggunakan beberapa produk kebersihan untuk menghilangkan bau kaki. Kamu bisa menggunakan bedak antijamur khusus kaki, semprotan disinfektan, dan sabun khusus antibakteri untuk mencuci kaki. Selain produk-produk tersebut, kamu juga bisa mengakali dengan merendam kaki dengan air hangat dan dicampur salah satu dari bahan alami yang bisa menghilangkan bau kaki. Bahan tersebut adalah lemon, cuka, dan garam.

Itulah beberapa alasan mengapa bisa muncul bau tidak sedap pada kaki dan tips mengatasinya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan dipraktekkan dengan baik ya!

 

Postingan terbaru