Apa itu Customer Experience?

Jakarta, Shoes and Care - Dalam menjalankan dan mengembangkan suatu bisnis, Customer Experience merupakan salah satu bagian terpenting yang harus tetap diperhatikan. Dengan adanya Customer Experience, kamu dapat terbantu dalam menciptakan image positif bagi bisnis kamu. Terlebih lagi, bisnis juga berpotensi mendapatkan konsumen yang lebih banyak dan melahirkan konsumen yang loyal. Dengan adanya Customer Experience, kamu bisa mengetahui seberapa positif dan menyenangkannya pelayanan dan pengalaman bisnis bagi konsumen kamu. Lantas, gimana sih caranya menciptakan Customer Experience yang menarik bagi konsumen? Simak dulu penjelasannya berikut ini!

Apa itu Customer Experience?

Customer Experience adalah pengalaman konsumen ketika berinteraksi atau bertransaksi dengan penjual atau penyedia jasa. Interaksi pengalaman konsumen ini terjadi mulai terjadi dari konsumen yang baru mengenal bisnis kamu hingga menjadi konsumen setia bisnis kamu. Experience adalah suatu kejadian atau pengalaman yang sifatnya personal dan muncul sebagai jawaban dari stimulus alami yang terjadi pada manusia, maka itu setiap orang yang memiliki bisnis wajib untuk mampu memelihara lingkungan bisnisnya dengan baik untuk konsumen dan mengerti apa yang mereka butuhkan dari bisnis kamu. 

Dalam bisnis, semua proses yang dilalui ketika bertransaksi produk dan jasa saling berkaitan erat dengan Customer Experience. Apabila bisnis kamu dapat memberikan experience yang tepat, maka setiap pelanggan mendapatkan sensasi positif atau berbagai hal menyenangkan lainnya dalam menggunakan produk atau jasa dari bisnis kamu. Proses yang erat berkaitan dengan Customer Experience dapat di cermati mulai dari iklan produk yang dipasang, performa kunjungan website, proses pelayanan untuk pembelian, kecepatan pengiriman ataupun keamanan dalam pengemasan.

Tujuan Customer Experience

Tujuan Customer Experience sendiri ialah untuk mempertahankan hubungan yang terjalin antara konsumen dengan bisnis sehingga tercipta konsumen yang loyal dan juga meningkatkan penjualan produk atau layanan bisnis. Secara rinci, tujuan Customer Experience ini mempunyai goals untuk:

  • Meningkatkan kepuasan konsumen terhadap produk atau layanan bisnis
  • Meningkatkan citra bisnis yang positif
  • Promosi tanpa biaya dari satu pelanggan ke orang lain, entah itu dari social media atau mouth-to-mouth
  • Mendapat banyak rekomendasi dari pelanggan loyal untuk menggunakan produk atau layanan brand

Mengapa Customer Experience Penting?

Customer Experience positif sangat penting untuk pertumbuhan bisnis kamu. Persaingan pasar yang semakin ramai dalam memperebutkan hati konsumen, pengalaman positif ini bisa digunakan sebagai pembeda antara bisnis kamu dari kompetitor lainnya. Selain itu, Customer Experience yang positif dapat meningkatkan loyalitas konsumen sehingga bisnis kamu dapat mempertahankan keberadaan konsumen dan meningkatkan citra positif dari bisnis. pebisnis yang ingin meningkatkan perolehan jumlah konsumen, loyalitas konsumen, keterlibatan konsumen dalam bisnis, dan mendorong pertumbuhan dari bisnis itu sendiri perlu berpikir untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dan terhubung dengan konsumen dengan cara yang lebih dinamis.

Faktor Penting dalam Membangun Customer Experience

Jika ingin membangun atau memaksimalkan Customer Experience bagi bisnis, perlu diperhatikan beberapa faktor ini:

  • Accessibility. Kemudahan konsumen dalam melakukan interaksi dan mengakses produk atau layanan bisnis.
  • Competence. Kompetensi yang mampu diberikan oleh bisnis.
  • Customer recognition. Perasaan yang dirasakan oleh konsumen bahwa dirinya dihargai atau dikenali oleh bisnis.
  • Helpfulness. Kemudahan untuk konsumen dalam meminta bantuan.
  • Personalization. Perasaan nyaman bagi konsumen atas pelayanan yang diberikan oleh bisnis.
  • Problem solving. Perasaan konsumen terkait masalah yang mampu diselesaikan oleh bisnis.
  • Promise fulfillment. Perasaan yang dirasakan oleh konsumen terkait janji yang diberikan oleh bisnis.
  • Value for time. Perasaan konsumen terkait waktu nya yang dihargai secara maksimal oleh bisnis.

Konsumen yang merasa puas dengan produk dan layanan bisnis merupakan salah satu parameter keberhasilan sebuah bisnis. Menaruh perhatian khusus kepada sektor layanan konsumen akan membuat mereka merasa nyaman dan dipastikan tidak ada niat untuk beralih ke kompetitor pasar. Maka itu, semua bisnis sangat perlu untuk membangun dan menjaga komunikasi serta menciptakan Customer Experience terbaik bagi konsumenSemoga informasi ini bermanfaat ya!

Postingan terbaru