7 Sneakers Puma Klasik Yang Menjadi Ikonik!

Jakarta, Shoes and Care - Siapa yang tidak tahu brand sneakers Puma? Pastinya tahu semua dong. Brand asal jerman ini merupakan brand sepatu dan peralatan olahraga terbesar ketiga di dunia, dibawah Nike dan Adidas. Dalam sepak terjangnya di dunia sneakers, Puma tidak bisa dianggap remeh. Bahkan, ada beberapa sneakers keluaran Puma yang dinobatkan sebagai heritage dari kultur sneakers itu sendiri. Sebelum mengarah kesana, apakah kamu tau sneakers Puma apa saja yang paling terkenal dan dan populer? Maka itu, Shoes and Care sudah berhasil merangkumnya. Simak artikel dibawah ya!

7. Puma Clyde

Urutan pertama kita mulai dari Puma Clyde terlebih dahulu. Sneakers Puma klasik ini merupakan penghormatan untuk salah satu pemain basket legendaris NBA, Walt “Clyde” Frazier. Puma Clyde merupakan salah satu sneakers klasik dari Puma yang pertama kali dirilis pada era 70-an, lebih tepatnya pada tahun 1973 dimana Walt Frazier aktif bermain untuk New York Knicks dan menjadi Point Guard paling sukses dan ikonik di masanya. Semasa ideation untuk membuat sepatu ini, Clyde menginginkan sepatu low tops dengan warna baru di setiap permainan. Bahan suede memudahkan Puma untuk mewarnai berbagai macam warna unik dibandingkan menggunakan kulit tradisional. Bahkan, Puma Clyde memiliki hampir 400 warna sepatu yang berbeda. Basis penggemar sneakers ini besar, makanya Puma terus merilis ulang Clyde selama bertahun-tahun. Warna yang paling populer dari Puma Clyde adalah “Core Foil” dan juga OG.

6. Puma Roma

Mungkin banyak yang tidak tahu nama sneakers besutan Puma satu ini. Sepatu ini juga termasuk sneakers klasik yang dirilis di era 60-an akhir, Lebih tepatnya di tahun 1968 ketika perayaan EUFA Euro Championship di Italia. Sepatu enteng ini dihiasi dengan Formstrip yang menjadi khas di dinding samping lateral dan medial. Bahkan setelah sekian lama, sepatu ini masih menjadi salah satu sepatu Puma terpopuler di pasaran. Meskipun sepatu ini aslinya merupakan training shoes bagi para atlet saat itu, namun karena tampilannya yang sporty membuat sepatu ini populer di kalangan penggemar sepatu olahraga di tahun 70an, casual stylish di tahun 80an, dan kalangan Britpoppers di tahun 90an.

5. Puma Future Rider

Puma Future Rider merupakan salah satu lini produk Puma yang paling populer hingga saat ini. Sejarahnya, Future Rider merupakan perkembangan dari Puma Fast Rider yang telah dirilis pada tahun 1980. Fast Rider sendiri merupakan sepatu trainer yang, bisa dibilang, sangat maju dan revolusioner pada zamannya. Bahkan, sepatu revolusioner ini hanya berbobot 279 gram sehingga menjadikan sepatu ini sebagai sepatu trainer paling ringan dan salah satu yang terhebat sepanjang masa. Atas kesuksesan itulah, Puma meluncurkan Future Rider yang desainnya mengambil inspirasi dari Fast Rider dengan sol grippy dan gaya warna yang retro. Future Rider memiliki bagian atas berbahan mesh ringan dengsan lapisan luar suede serta tambahan penstabil TPU & bantalan Riderfoam pada bagian midsole.

4. Puma Sliptream

Jangan sampe terkecoh dengan namanya, justru Puma Slipstream saat ini merupakan salah satu sepatu Puma paling Bulky yang beredar di pasaran! Aslinya sepatu ini lahir pada tahun 1987 sebagai suksesor dari Puma Sky LX, dan tentu saja sepatu ini aslinya adalah sepatu basket. Desainnya yang unik juga menjadikan sepatu ini sering dijumpai di jalanan-jalanan dan digunakan oleh generasi hip-hop tahun tersebut. Sepatu ini mengalami perubahan hingga pada tahun 2002 dan menjadi ikon fashion di beberapa negara seperti Jepang. Hiatus tahun 2021, Puma Slipstream benar-benar menjadi sebuah ikon fashion seutuhnya dibandingkan sepatu olahraga, meskipun tetap mewarisi heritage sepatu basketnya itu sendiri.

3. Puma Ralph Sampson

Lagi-lagi sepatu yang terinspirasi oleh pemain basket. Singkat cerita, pada tahun 80-an Ralph Sampson adalah seorang legenda bola basket NBA. First Pick pada NBA Draft pada tahun '83 dan menjadi Rookie of the Year pada tahun '84, Ralph menjadi salah satu pemain basket influental pada saat itu. Bisa dibilang, kalau sneakers ini melanjutkan tongkat keberhasilan dari Puma Clyde yang berjaya di era 70-an. Puma memutuskan untuk menggaet Ralph Sampson dari Houston Rockets untuk mendapatkan sepatu trainer berikutnya. Pada tahun 1983, brand olahraga asal Jerman ini memperkenalkan Puma Ralph Sampson untuk pertama kalinya. Sneaker ini awalnya dirilis dalam bentuk high-tops (karena dipakai basket, tentunya!), hingga muncul yang varian low dan keduanya sama-sama menggunakan bahan upper Suede. Di masa sekarang, Puma kembali membangkitkan sepatu ini untuk mengisi lini produk Puma untuk market premium classic sneakers dan tentunya ditambahkan improvisasi yang lebih baik dari Puma.

2. Puma Cali

Yes! Puma Cali merupakan sepatu wanita keluaran Puma paling sukses hingga saat ini. Puma memang merilis beberapa sepatu tenis pada tahun 1980an, salah satunya adalah Puma Cali ini. Beberapa dekade kemudian, sneakers lucu ini serasa populer kembali berkat Selena Gomez yang berhasil menaikkan sneakers ini melaui media sosialnya. Salah satu keunikan dari Puma Cali adalah solnya yang tebal dan bertumpuk kemudian dikombinasikan dengan desain dua hingga tiga warna yang unik dan one of the kind sehingga menghasilkan tampilan yang eye catchy dan ramping.

1. Puma Suede Classic

This is it, the real OG from Puma. Sepertinya tidak terlalu mengejutkan bagi siapa pun bahwa kami menempatkan sepatu ini di posisi pertama. Sesuai dengan namanya, Suede Classic memang…..klasik. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1968, inilah sepatu Puma yang sangat populer bahkan menurut standar saat ini. Puma Suede ia menawarkan konstruksi full suede yang sangat premium. Selama lima dekade terakhir sejak peluncurannya, banyak kolaborasi yang terjadi antara Puma Suede dengan brand-brand termuka Kolaborasi keren tersebut termasuk dari Clarks, Kith, dan JJJJound. 90% penggemar Puma pasti menyebutkan bahwa OG nya Puma sudah pasti Suede Classic ini. What a masterpiece.

Itulah 7 sepatu Puma paling populer dan paling laris di pasaran hingga saat ini. Sebagai salah satu brand sepatu terbesar di dunia, Puma menunjukkan bahwa yang klasik akan tetap menjadi yang terbaik. Jadi, sepatu mana yang jadi favorit kamu? Semoga bermanfaat!

 

Postingan terbaru