6 Rekomendasi Hidangan Buka Puasa

Jakarta, Shoes and Care - Pada bulan puasa sudah menjadi pemandangan yang khas jika kita melihat beberapa lokasi yang menjual menu-menu takjil dan berbuka puasa. Menawarkan berbagai pilihan minuman dan makanan yang menggugah selera. Baik dari makanan atau minuman tradisional hingga kuliner kekinian pun dapat menjadi pilihan. Tidak sedikit dari kita yang bekerja menu yang paling mudah untuk ditemui di perjalanan sewaktu pulang kantor adalah berbagai jenis gorengan dan minuman dingin seperti es buah atau pun kolak.

Namun bulan Ramadhan kali ini cuaca di Indonesia berbeda dengan bulan Ramadhan tahun lalu yang cerah. Kali ini Indonesia diguyur hujan di bulan Ramadhan. Dengan cuaca hujan yang disertai dengan angin besar serta suhu udara yang seringkali berubah secara drastis dari pagi ke sore hari atau dari siang ke malam, maka kita perlu menjaga kesehatan kita dengan memilih makanan atau minuman yang tepat dan dapat mendukung imunitas tubuh kita. 

Pada kesempatan ini, berikut beberapa pilihan hidangan buka puasa yang dapat kalian pilih :

  • Kurma

Buah satu ini selain trademark bulan Ramadhan. Dalam Islam kurma sangat dianjurkan sebagai buah yang sangat baik dikonsumsi ketika berbuka puasa. Di sunahkan dimakan dalam jumlah ganjil seperti 3, 5 atau 7 buah. Kurma memiliki kandungan gula yang cukup untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

  • Puding Buah

Pudan dan buah-buahan memiliki banyak kandungan serat dan vitamin. Paduan keduanya tentunya memiliki kaya manfaat bagi tubuh kita. Lebih baik jika kalian dapat membuatnya sendiri di rumah sehingga kalian dapat memastikan tingkat manis dan juga jenis gula yang digunakan bukanlah pemanis buatan. Namun, jika kalian terlalu sibuk untuk membuatnya sendiri pastikan puding buah yang kalian beli tidak menggunakan pemanis buatan yang dapat merusak kesehatan kalian.

  • Siomay, Telur dan Sayuran

Jajanan satu ini termasuk hidangan yang sehat untuk dikonsumsi karena jika kita memilih siomay dengan kentang, kol, pare, tahu dan telur beserta dengan bumbu kacangnya. Maka kita sudah memenuhi kebutuhan protein, karbohidrat dan serat yang dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa. 

  • Salad

Salad memiliki rasa yang enak. Selain rasanya, salad adalah salah satu hidangan yang sehat. Terdapat beberapa pilihan seperti salad buah, salad sayur atau mix salad dengan beragam dressing sesuai selera kita. Kalian dapat membuatnya sendiri menggunakan sayur-sayuran atau buah-buahan yang kalian sukai dan dapat ditambahkan dengan protein yang kalian sukai seperti telur rebus, daging panggang, ayam fillet atau pun yang lainnya.  

  • Sapo Tahu

Hidangan Chinese food satu ini dapat menjadi pilihan karena isiannya yang lengkap mulai dari seafood, ayam, berbagai macam jenis sayuran dan juga tahu. Kuahnya yang gurih dan hangat dapat memberikan sensasi hangat juga bagi perut kalian. Kuah sapo tahu yang gurih juga akan membantu untuk memenuhi kebutuhan elektrolit yang hilang akibat berpuasa. 

  • Susu Kedelai dan Air Kelapa

Susu kedelai merupakan minuman yang terbuat dari sari kacang kedelai ini memiliki kandungan alami yang kaya akan asam lemak esensial, protein, serat, vitamin dan mineral. Minuman satu ini dapat menghidrasi serta dapat menambah asupan protein sehat bagi tubuh. 

Air kelapa adalah minuman yang mengandung gula sederhana, elektrolt dan mineral. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari air kelapa sebaiknya kalian meminum air kelapa tanpa tambahan gula, sirup dan es. Minuman ini dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa.

Kedua minuman sehat ini dapat menjadi pilihan yang baik untuk kesehatan kalian selama bulan Ramadhan.

Tetap sehat dan semangat dalam menjalani ibadah puasa kalian ya..

 

Postingan terbaru