5 Tips Saat Interview Kerja yang Wajib Diketahui

Jakarta, Shoes and Care - Salah satu bagian terpenting dalam mendapatkan pekerjaan adalah interview. Tahap interview atau wawancara ini sangat menentukan apakah Anda layak mendapatkan pekerjaan yang Anda lamar.  Selain persiapan yang matang, perlu juga mengetahui beberapa tips wawancara agar lolos seleksi dan mendapatkan pekerjaan yang kalian impian.

Buat para pencari kerja, berikut kami rangkum 5 tips saat interview kerja yang wajib diketahui!

Buat Kesan Pertama yang Baik

Datang 10-15 menit lebih awal dari jadwal wawancara yang telah ditentukan.  Berpenampilan serapi mungkin. Pakai pakaian yang sesuai. Jangan lupakan hal-hal kecil seperti merapikan rambut dan wangi-wangian secukupnya, serta jangan lupa untuk tersenyum.

Perhatikan Tata Bahasa dan Kelancaran Bicara

Recruiter tertarik pada kandidat yang dapat mengekspresikan diri dengan benar. Kelancaran dalam menjawab pertanyaan dan menjawab dengan penuh keyakinan akan menjadi nilai tambah bagi diri Anda. Gunakan bahasa yang baik dan benar. Tak perlu keras yang penting terdengar.

Hubungkan Jawaban Dengan Keterampilan dan Prestasi Anda

Untuk setiap pertanyaan yang Anda jawab, Anda harus menghubungkan latar belakang Anda dengan pekerjaan Anda dengan memberikan contoh solusi dan hasil yang Anda telah Anda capai. Namun jika belum memiliki pengalaman tunjukan bahwa kamu sangat antusias belajar dan mengembangkan diri serta memiliki target yang jelas kedepannya

Berikan Beberapa Pertanyaan Untuk HRD/User

Kalian bisa mengajukan beberapa pertanyaan ke HRD atau pihak yang mewawancarai kalian. Tidak ada yang salah dengan memiliki daftar pertanyaan dan pemikiran singkat. 

Hal ini menunjukkan bahwa Anda tertarik dengan perusahaan yang Anda lamar dan telah melakukan penelitian serta ingin tahu lebih banyak tentang perusahaan dan posisinya. 

Tutup Interview Dengan Nada Positif dan Antusias

Nyatakan minat Anda pada pekerjaan itu dan tanyakan apa langkah selanjutnya. Ucapkan terima kasih kepada pewawancara atas waktunya. Pergilah dengan cepat dan sopan dengan jabat tangan dan senyuman.

Semoga 5 tips dari yang kami berikan dapat membantu Anda dalam wawancara saat melamar pekerjaan. Kuncinya tetap percaya diri dan yakin akan kemampuan yang kalian miliki! Semangat dan semoga beruntung.

 

Postingan terbaru