5 Jenis Sepatu Formal Pria Terbaik versi Shoes and Care

Sepatu formal memiliki berbagai macam jenis. Biasanya sepatu formal lebih banyak digunakan oleh para pekerja kantor, ada juga yang mengoleksinya sebagai hobi. Berikut 5 Jenis Sepatu Formal Pria Terbaik versi Shoes and Care.

1. Oxford

Kalau kamu ingin mencari sepatu formal paling klasik, jawabannya adalah oxford shoes. Kebanyakan orang sudah mengetahui model sepatu oxford karena desainnya yang timeless. Jadi, sepatu oxford pria tepat untuk dibeli bagi kamu yang ingin membeli sepatu formal untuk pertama kalinya. Ikatan tali sepatu tertutup (closed lacing) membuat model sepatu ini tidak begitu lentur. Namun justru ini yang membuat oxford shoes menjadi lebih formal dibanding yang lainnya. Coba pilih oxford shoes dengan kualitas terbaik agar lebih awet saat digunakan.

2. Wingtip

Sudah memiliki oxford shoes berwarna hitam di rak sepatu? Tandanya kamu harus mengoleksi sepatu must-have berikutnya yang memiliki model wingtip. Sepatu model ini tidak seformal oxford shoes, tapi masih bisa memberikan kesan berkelas bagi penggunanya. Tentu karena adanya detail pointed toecap berbentuk “M” atau “W” yang dimiliki sepatu ini yang masih memberikan kesan formal. Coba pilih sepatu berwarna cokelat yang tidak kalah versatile dan dapat dengan mudah dipadukan dengan pakaian kamu.

3. Derby

Jika sebelumnya ada oxford shoes yang sebaiknya hanya dipakai untuk acara formal saja, kali ini ada model derby shoes. Sepatu ini desainnya tidak jauh berbeda dengan model sebelumnya. Bahkan kebanyakan orang sering tertukar membedakan antara satu dengan lainnya. Perbedaannya ada pada ikatan tali sepatu terbuka (open lacing) khas derby shoes. Ikatan tali sepatu yang terbuka ini memberikan kesan fleksibel, tapi sedikit kurang formal. Jadi tepat digunakan untuk kamu yang ingin menggunakannya dengan gaya smart-casual.

4. Brogue

Jenis sepatu formal yang satu ini sebenarnya dapat kamu temukan pada oxford dan derby. Karena brogue shoes berkaitan dengan ciri khas aksen dekorasi perforasi pada sepatu formal. Ada fungsi unik dalam brogue shoes, lubang-lubang pada sepatu ini berguna untuk membantu mengeluarkan air pada sepatu.

Namun saat ini manfaatnya lebih dari itu karena dapat membuat sepatu kamu lebih stand out dan berkarakter berkat detail yang dimilikinya. Untuk tingkatan formalnya, brogue shoes tidak seformal oxford shoes. Biasanya sepatu ini lebih pas digunakan untuk ke kantor.

5. Boat shoes

Untuk pria klasik yang suka gaya casual-formal, sepatu yang satu ini harus kamu punya. Tampilannya yang terlihat sangat nyaman membuat anak muda banyak menggemarinya. Kamu bisa memadukan sepatu semi-formal ini dengan celana apapun. Bahkan, kamu bisa memberikan tampilan santai yang tetap elegan dengan memakai sepatu boat ini ditambah celana pendek dan kemeja.

 

Postingan terbaru