4 Tips Mengoptimalkan Pemasaran Media Sosial
Digital Marketing Shoes and Care| 1 month ago |

4 Tips Mengoptimalkan Pemasaran Media Sosial

Tips Mengoptimalkan Pemasaran Media Sosial - Media Sosial  menjadi hal yang sangat penting pada industri 4.0 terlebih untuk UMKM, hal ini juga berkaitan dengan membantu konsumen mendapatkan beragam informasi terkait produk atau jasa yang ditawarkan serta respons lebih cepat dibandingkan media komunikasi lainnya. Tak hanya itu media sosial juga dapat menjadi media bagi konsumen untuk menyampaikan kritik dan saran yang nantinya dapat membantu mengembangkan bisnis yang dijalankan menjadi lebih baik. Saat ini terdapat banyak sosial media, apakah semua sosial media wajib dimiliki bisnis yang dijalankan? Tentu saja tidak, karena akan membingungkan dan juga sulit untuk mengelolanya. Apabila Anda ingin mengoptipkan sosial media, pertimbangkan tips berikut:

1. Menetapkan Tujuan dan Sasaran 

Menetapkan tujuan sama pentingnya dengan merancang strategi itu sendiri. Jika Anda tidak mengetahui apa tujuan spesifiknya, besar kemungkinan Anda tidak melakukan perencanaan dengan tepat. Tujuan yang jelas juga membantu dalam mengidentifikasi milestone pencapaian. Yang pada akhirnya membantu mengukur efektivitas kampanye itu sendiri. Menurut Forbes, tujuan yang spesifik juga memperbesar peluang Anda untuk 30 kali lebih sukses dalam mengeksekusinya.

2. Tentukan Target Pasar

Demografi pada setiap sosial media tentu berbeda-beda jadi pilihkan yang sesuai dengan bisnis Anda. Tentukan target pasar bisnis Anda karena akan mempengaruhi pemilihan media sosial yang tepat untuk bisnis. Sebagai contoh: jika target pasar adalah kaum profesional dan pebisnis, tentu saja media sosial yang dimiliki harus berada di jaringan profesional, seperti Linkedln.

3. Padukan dengan Konsep Pemasaran Bisnis

Setiap strategi pemasaran yang baik tentu saja memiliki konsep marketing yang jelas. Yang dimaksud dengan konsep marketing adalah konsep tema yang digunakan untuk pemasaran bisnis yang digunakan untuk menarik target pasar. Hal ini juga penting untuk diterapkan dalam strategi pemasaran yang melalui media sosial.

4. Berpartisipasi Dalam Kelompok dan Komunitas Online

Kamu juga bisa bergabung dengan kelompok dan komunitas online. Di komunitas ini, kamu bisa melakukan diskusi dengan pebisnis lain tentang bisnis yang sedang kamu jalankan. Di sini kamu juga dapat bertanya mengenai solusi dari masalah-masalah bisnis yang sedang kamu alami. Selain itu, kamu juga bisa menularkan pengetahuan bisnis yang kamu punya ke anggota komunitas yang lain. Hal ini bisa kamu lakukan dengan membuat hashtag menarik terhadap bisnis kamu. Hashtag tersebut bisa kamu gunakan untuk melacak interaksi dengan pelanggan kamu.

Bagaimana ada gambaran untuk memulai pemasaran melalui media sosial?