4 Cara Merawat Sepatu Olahraga Agar Awet

Jakarta, Shoes and Care - Aktivitas olahraga merupakan gaya hidup yang tidak dapat dipisahkan dari keseharian masyarakat pada umumnya. Agar tetap bugar dalam melakukan kegiatan tentunya berolahraga merupakan salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk menunjang kegiatan tersebut tentunya kita menggunakan sepatu yang memang khusus untuk digunakan saat berolahraga. Namun secara tidak sadar terkadang banyak yang mengabaikan perawatan yang harus dilakukan secara rutin guna memperkecil kemungkinan timbulnya bakteri dalam sepatu.

Karena aktivitas berolahraga termasuk aktivitas tinggi sepatu olahraga pun butuh dirawat agar awet atau berumur panjang. Berikut beberapa cara merawat sepatu olahraga agar awet:

  • Jauhkan Sepatu Dari Panas Atau Sinar Matahari

Usahakan untuk menyimpan sepatu yang jauh dari paparan sinar matahari langsung atau ruangan yang memiliki udara yang panas. Karena dapat mengeringkan, menyusutkan, mengeraskan midsole dan mengurangi daya rekat lem pada sepatu, sehingga dapat mengurangi daya tahan sepatu.

  • Jangan Menumpuk Sepatu Saat Menyimpan

Berdasarkan sumber https://www.runnersworld.com/ sepatu bisa rusak saat kalian tidak berlari, kata Claire Wood, Manajer kinerja global New Balance. Hal ini dapat terjadi jika kalian tidak menaruh sepatu kalian dengan cara yang baik. Karena bagian atas sepatu lebih lentur, jika ditumpuk dengan sepatu lain akan merusaknya. Maka jangan pernah menatuh sepatu kalian dengan cara ditumpuk antara yang satu dengan yang lain.

  • Hindari Mencuci Sepatu Dengan Bahan Kimia Keras

Jangan gunakan detergent atau sabun cuci dengan kimia keras karena hanya akan merusak sepatu kalian. Jika kalian ingin mencuci sepatu kalian, gunakanlah pembersih khusus sepatu. Selain itu menggunakan sabun cuci dengan bahan kimia yang terlalu keras juga akan berdampak berkurangnya daya tahan material sepatu saat dipakai.

  • Keringkan Sepatu Dengan Cara Diangin-anginkan

Jika sepatu kalian basah atau habis dicuci jangan pernah mengeringkan sepatu kalian langsung di bawah pancaran sinar matahari. Karena dapat mengurangi daya rekat lem pada sepatu. Sebaiknya angin-anginkan sepatu hingga kering secara menyeluruh. Dan untuk mengeringkan bagian dalam sepatu kalian dapat menggunakan kertas kosong yang buat seperti bola  untuk menyerap kelembaban yang terdapat di dalam sepatu.

Semoga cara-cara di atas dapat membantu dalam memperpanjang daya tahan sepatu olahraga kalian ya..


 

Postingan terbaru