3 Manfaat Kopi yang Wajib Diketahui

Jakarta, Shoes and Care - Minum kopi sudah menjadi gaya hidup orang Indonesia sejak dulu. Warung kopi menjadi pusat pertukaran informasi dan wadah sosialisasi dari jaman ke jaman. Namun seiring perkembangannya para generasi muda kini membawa kebiasaan “ngopi” mereka ke Cafe, Coffee shop atau angkringan.

Seperti yang kita semua ketahui kopi sangat kaya manfaat. Tapi yang dibicarakan di sini bukanlah merujuk pada kopi instan yang telah dicampur gula, pemanis atau krim. Melainkan murni kopi itu sendiri.

Namun ada 3 manfaat kopi yang wajib kalian ketahui bersumber dari https://www.healthline.com/ yaitu:

  • MENINGKATKAN ENERGI

Kopi mengandung kafein, stimulan sistem saraf pusat yang dikenal karena kemampuannya melawan kelelahan dan meningkatkan tingkat energi. Ini karena kafein memblokir reseptor neurotransmitter yang disebut adenosin dan ini meningkatkan kadar neurotransmitter lain di otak yang mengatur tingkat energi kalian, termasuk dopamine. 

Satu studi kecil menemukan bahwa mengkonsumsi kafein meningkatkan waktu hingga kelelahan selama latihan bersepeda sebesar 12% dan secara signifikan mengurangi tingkat kelelahan subyektif pada peserta. Studi lain memiliki temuan serupa, melaporkan bahwa mengkonsumsi kafein sebelum dan selama bermain golf meningkatkan kinerja, meningkatkan tingkat energi subjektif dan mengurasi rasa lelah.

  • MEMILIKI RISIKO LEBIH RENDAH TERHADAP DIABETES TIPE 2

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi secara teratur dapat dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 dalam jangka panjang. Faktanya, satu ulasan dari 30 penelitian menemukan bahwa setiap cangkir kopi yang dikonsumsi orang per hari dikaitkan dengan risiko 6% lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Hal ini diduga karena kemampuan kopi untuk menjaga fungsi sel beta di pancreas yang bertanggung jawab memproduksi insulin untuk mengatur kadar gula darah. Selain itu kopi kaya akan antioksidan dan dapat mempengaruhi sensitivitas insulin, peradangan dan metabolisme-yang semuanya terkait dalam perkembangan diabetes tipe 2.

  • TERKAIT DENGAN RISIKO DEPRESI YANG LEBIH RENDAH

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa minum kopi dapat dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih rendah. Berdasarkan satu ulasan dari tujuh penelitian, setiap cangkir kopi yang dikonsumsi orang per hari dikaitkan dengan risiko depresi 8% lebih rendah. Studi lain menemukan bahwa minum setidaknya empat cangkir kopi setiap hari dapat membuat risiko depresi jauh lebih rendah, dibandingkan dengan meminum hanya satu cangkir per hari. Terlebih lagi ada satu penelitian pada lebih dari 200.000 orang menunjukkan bahwa minum kopi berkaitan dengan penurunan risiko kematian akibat bunuh diri. 

Perlu diingat bahwa bagi beberapa orang mungkin perlu membatasi asupannya, termasuk orang yang sedang hamil atau menyusui, anak-anak dan remaja, serta orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Minum kopi yang baik adalah minum secukupnya atau bisa dikatakan yang baik adalah sekitar tiga hingga empat cangkir per hari. Karena dengan minum tiga hingga empat cangkir teh per hari yang telah banyak digunakan sebagai dasar penelitian memiliki manfaat kesehatan dan umumnya dianggap aman bagi kebanyakan orang dewasa yang memiliki kondisi tubuh yang sehat.

Untuk memaksimalkan manfaat secangkir kopi harian kalian adalah dengan mengganti pemanis. Alih-alih menggunakan gula atau sirup perasa, pilihlah pemanis rendah kalori alami seperti stevia atau tambahkan sedikit kayu manis untuk menambah rasa.

Semoga bermanfaat.

Postingan terbaru