10 Cara Memulai Bisnis Dari Modal Kecil

Jakarta, Shoes and Care - Tidak sedikit dari kita ingin memulai bisnis dari modal yang kecil. Namun adapula yang berfikir memulai bisnis harus disertakan dengan modal yang besar. Tentunya hal ini menjadi banyak pertanyaan bagi para calon pelaku bisnis. Banyak cara bisa dilakuakan salah satunya peningkatan  kreativitas guna melebarkan pola bisnis yang akan dijalani. Maka mari kita bahas cara memulai bisnis dengan modal kecil.

  • Menemukan Hal yang Kita Sukai

Temukan hal apa yang kalian sukai terlebih dahulu. Bisa dari hobi atau sesuatu yang anda gemari. Karena jika kita memulai bisnis dari yang kita sukai maka kita akan nyaman di saat menjalaninya. 

  • Tentukan Modal

Kalkulasikan modal yang anda miliki dan jangan campur modal anda dengan biaya hidup anda sehari-hari. Besar atau kecilnya tergantung jenis bisnis yang anda pilih untuk anda jalankan. Bisnis dengan modal kecil memang biasanya identik dengan usaha yang sederhana. Namun, bukan berarti keuntungan yang didapat juga sedikit, ya. Maka perlu diperhitungkan dengan serius.

  • Lakukan Riset

Dengan melakukan riset pasar, Anda akan lebih paham mengenai peluang usaha yang dibutuhkan masyarakat di sekitar, menentukan siapa pesaing bisnis Anda, juga mendapatkan referensi bagaimana mengelola bisnis di tengah rimbanya persaingan.

  • Analisa Faktor Resiko

Dengan minimnya modal yang anda miliki, anda harus memikirkan faktor resiko yang akan terjadi pada jenis bisnis yang anda pilih. Selain itu, anda harus memikirkan solusi untuk perkiraan resiko yang akan terjadi, sehingga anda sudah dalam keadaan siap.

  • Jangan Dahulukan Sewa Tempat Usaha

Untuk memulai usaha dengan modal usaha yang kecil. Usahakan fasilitas tempat usaha dari tempat yang ada terlebih dahulu agar anggaran modal anda dapat maksimal digunakan untuk produk bisnis anda atau jenis service bisnis anda, sehingga kualitas bisnis anda dapat baik. Untuk saat ini menjajakan secara online pun dapat menjadi pilihan.

  • Promosi

Lakukan foto produk dan tawarkan produk bisnis kalian melalui sosial media yang anda miliki. Usahakan anda setiap hari melakukan posting produk bisnis anda di media sosial dengan cara yang kreatif agar banyak orang yang mengetahuinya. 

  • Konsistensi

Usahakan anda dapat menjaga konsistensi kualitas produk anda agar konsumen anda dapat menjadi konsumen yang setia.

  • Komunikasi yang Baik

Gunakanlah tata Bahasa, komunikasi dan etika yang santun yang baik dan bersifat melayani disaat melakukan komunikasi terhadap konsumen. Dan usahakan selalu dapat merespon dengan cepat pertanyaan-pertanyaan para konsumen.

  • Berpenampilan yang Baik

Usahakan anda dalam berpenampilan yang baik dan rapi disaat anda memberikan pelayanan terhadap konsumen agar konsumen anda merasa dihargai dan dihormati.

  • Selalu Lakukan Evaluasi

Di akhir anda melakukan pelayanan terhadap konsumen, secara konsisten selalu tanyakan “apakah ada hal lainnya yang dapat anda bantu ?” dan bagaimanakah pendapat mereka terhadap produk atau jasa yang anda miliki. Dengan begitu kita dapat selalu memenuhi harapan konsumen kita.

Selamat mencoba dan tetap semangat ya

Postingan terbaru