10 Alat Perawatan Sepatu yang Wajib Dimiliki

Jakarta, Shoes and Care - Bagi setiap orang makna sepasang sepatu akan berbeda-beda. Namun bagi sebagian orang, sepasang sepatu yang memiliki nilai historis wajib untuk diperlakukan istimewa atau pun wajib untuk dirawat agar sepasang sepatu tersebut lebih panjang umurnya dan juga performanya selalu maksimal.

Tidak selamanya kita dapat mengandalkan jasa perawatan sepatu. Bisa saja pada waktu-waktu tertentu jasa perawatan sepatu tidak beroperasi alias tutup. Maka untuk mengantisipasi bagi para pecinta sepatu perlu untuk memiliki beberapa produk perawatan sepatu di rumah seperti:

  • Sikat Sepatu Berbulu Halus

Setidaknya kalian memiliki 2 sikat di rumah. Satu dipergunakan untuk menyikat debu pada sepatu dan satu lagi diperuntukan untuk menyikat sepatu disaat mencuci sepatu.

  • Kain Microfiber

Pastikan kain lap microfiber yang kalian miliki jika berwarna tidak akan luntur pada sepatu. 

  • Cairan Khusus Pembersih Sepatu

Hindari penggunaan detergen atau bahan kimia keras lainnya untuk mencuci sepatu, karena dapat sangat mudah merusak sepatu kalian. Maka itu sangat penting jika kalian memiliki cairan pembersih sepatu di rumah untuk dapat segera menyingkirkan noda, jika sepatu kalian terkena noda. Sehingga tidak membuat noda tertinggal pada sepatu kalian dalam waktu yang lama, hingga sulit dihilangkan.

  • Gantungan Sepatu

Produk satu ini sangat penting untuk mengeringkan sepatu kalian yang basah dengan cara di gantung dan diangin-anginkan. Karena tidak baik menjemur sepatu di bawah sinar matahari langsung atau pun mengeringkan sepatu menggunakan hair dryer dengan suhu yang panas.

  • Parfum sepatu

Dengan parfum sepatu, kalian dapat membersihkan bagian dalam sepatu kalian dari kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan bau tidak sedap pada sepatu. Karena biasanya parfum sepatu telah dilengkapi dengan kandungan disinfectant.

  • Silica Gel

Dengan memiliki silica gel kalian dapat secara berkala menggantinya. Silica gel akan bekerja optimal dalam kurun waktu 1-2 bulan, yang lalu perlu diganti dengan yang baru. Silica gel dapat menyerap kelembaban pada sepatu, sehingga dapat menghindari tumbuhnya jamur pada sepatu.

  • Shoe Tree

Shoe tree dapat mempertahankan bentuk sepatu kalian agar tetap terlihat memiliki performa yang maksimal.

  • Shoe Spoon

Untuk menghindari rusaknya bagian sepatu pada area belakang tumit yang terkadang dapat menimbulkan lekukan atau pun retak pada sisi tumit atas sepatu. Selalu kendurkan terlebih dulu tali sepatu jika ada lalu gunakan shoe spoon saat memasukkan kaki ke dalam sepatu.

  • Box Penyimpanan Sepatu

Menggunakan box penyimpanan sepatu dapat mencegah tertumpuknya sepatu dan mencegah debu menempel pada sepatu, sehingga dapat melindungi sepatu dengan baik.

  • Semir Sepatu

Khusus digunakan untuk sepatu berbahan kulit yang sesuai dengan warna kulit sepatu. Untuk sepatu berbahan kulit semir sepatu diperlukan untuk memperindah warna sepatu dan agar memberi kesan bersih serta mengkilap. Tentunya harus didukung dengan sikat sepatu sewaktu pengaplikasiannya.

Semoga bermanfaat.

 

Postingan terbaru