Tips Merawat Sendal Gunung

Jakarta, Shoes and Care - Sendal gunung merupakan perlengkapan penting bagi para pendaki dan pecinta alam. Biar sendal gunung kamu tetap awet dan nyaman digunakan, cara perawatan yang tepat merupakan berperan hal yang perlu diperhatikan. Gimana cara merawat sendal gunung yang baik? Nah berikut beberapa tips merawat sendal gunung agar tetap tahan lama.

Rutin Dibersihkan

Sendal gunung seringkali terkena debu, lumpur, atau kotoran lainnya selama perjalanan di alam terbuka. Bersihkan sendalmu secara berkala dengan sikat lembut, air hangat, dan deterjen ringan. Pastikan untuk membersihkan setiap bagian dengan hati-hati, termasuk sol dan bagian dalam sendal.

Jangan Gunakan Mesin Cuci

Meskipun mencuci sendal gunung dengan mesin cuci itu lebih efisien, tapi tindakan ini dapat merusak material dan konstruksi sendalmu. Jadi, lebih baik membersihkannya secara manual agar lebih lembut dan lebih efektif dibandingkan kamu cuci dengan mesin. Daripada rusak lebih baik beri sedikit effort, yang penting sendal tetap bersih dan awet!

Hindari Paparan Langsung Matahari

Meskipun sendal gunung umumnya terbuat dari material yang tahan terhadap sinar UV, terlalu sering terpapar langsung matahari dapat menyebabkan kerusakan dan penuaan lebih cepat. Simpan sendalmu di tempat yang teduh saat tidak digunakan.

Keringkan dengan Baik

Setelah membersihkan sendalmu, pastikan sendal gunung dalam kondisi yang benar-benar kering sebelum digunakan kembali ataupun disimpan. Jangan sampai sendalmu dibiarkan dalam keadaan lembab karena kondisi ini dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan bakteri. Alhasil, sendal gunung menjadi kurang enak dilihat dan timbul bau-bau tidak sedap. Bahkan berbahaya jika terkena kulit. 

Cek Rutin Keadaan Sol

Sol dari sendal gunung adalah bagian yang paling sering terkena medan yang kasar serta rentan terhadap keausan dan kerusakan. Maka itu, ada baiknya kamu untuk rutin cek sol bawah pada sendal gunung kamu, apakah masih layak dan aman digunakan atau malah sebaliknya. 

Simpan dengan Baik

Ketika tidak digunakan, simpan sendal gunungmu di tempat yang kering dan bersirkulasi udara. Hindari menyimpannya di dalam tas atau kantong tertutup dalam keadaan lembab, karena teknik penyimpanan seperti ini dapat menyebabkan timbulnya bau tidak sedap dan pertumbuhan jamur.

Dengan merawat sendal gunungmu secara berkala dan memperhatikan tips-tips di atas, kamu dapat memastikan sendalmu tetap awet dan nyaman digunakan dalam setiap petualangan di alam bebas. Jaga peralatanmu dengan baik, dan mereka akan menjaga dan mendukungmu dalam setiap langkah perjalananmu. Selamat menjelajahi alam!

 

Postingan terbaru