Tips Menghilangkan Luntur Akibat Denim | Indigo Bleeding

Jakarta, Shoes and Care - Apakah itu indigo bleeding ? Dalam dunia denim sering ditemukan label pada denim “Natural Indigo” atau “Pure Indigo”. Berdasarkan sumber https://www.denimio.com/ Indigo berasal dari nama tanaman yang bernama Indigofera, tanaman ini sejenis semak belukar pendek yang dapat mencapai tinggi 2 meter. Tumbuhan ini memiliki bentuk daun yang panjang dan memiliki bunga pink yang cantik. Pewarna Indigo sendiri didapatkan dari proses panjang pengeringan daun Indigofiera dan ini adalah yang disebut sebagai natural Indigo yang sering digunakan sebagai pewarna benang-benang dalam membuat denim.

Berbeda dari natural indigo, pewarna indigo murni atau pure indigo diciptakan oleh ahli kimia Jerman bernama Adolf Von Baeyer pada tahun 1865. Lalu di tahun 1897, BASF sebuah perusahaan kimia Jerman yang saat ini dikenal sebagai penghasil kimia terbesar di dunia, mulai membuat pewarna ini dalam skala industry yang besar. Saat itu menandakan dimulainya era denim “pure indigo”.

Jika berbicara tentang raw denim, warna indigo dapat dengan mudah terhapus dan menodai permukaan apa pun yang bersentuhan dengannya, terutama saat lembab karena hujan atau keringat. Untuk meminimalisir indigo bleeding atau yang dapat diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai warna indigo yang luntur dari denim. Jangan sampai denim yang basah bergesekan dengan permukaan yang mudah ternoda. 

Menurut sumber https://www.tellason.com/ berikut beberapa cara menghilangkan noda luntur denim dari beberapa benda, seperti :

  • Bagaimana menghilangkan noda denim dari sepatu.

  1. Semprotkan sepatu kalian dengan pembersih penghilang noda khusus sepatu
  2. Biarkan pembersih penghilang noda meresap ke dalam bahan selama 15-20 menit sebelum dicuci
  3. Gosok noda dengan sikat dengan bulu lembut atau sikat khusus sepatu sampai noda benarbenar hilang
  4. Bilas sepatu dengan air dingin sampai semua cairan pembersih sepatu hilang
  5. Biarkan sepatu mengering sendiri

Dalam hal ini kebanyakan proses pencucian tidak bisa dilakukan secara maksimal jika dikerjakan sendiri, kalian bisa serahkan kepada tenaga profesional untuk dihilangkan. Baiknya jika noda tidak kunjung hilang langsung bawa sepatu kalian ke Shoes and Care terdekat di kota kalian. Bila terlalu lama dibiarkan akan semakin sulit sulit untuk dibersihkan bahkan dihilangkan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya

 

Postingan terbaru