Tips Membersihkan Sepatu Berjamur Dengan Mudah

Jakarta, Shoes and Care - Apakah kalian pernah temukan pada sepatu yang kalian simpan bercak-bercak putih. Kemungkinan bercak putih ini adalah jamur. Jamur dapat tumbuh hampir di mana saja dan tumbuh subur di lingkungan yang lembab dan gelap. Jika kalian menemukannya pada sepatu kalian, penting untuk membersihkannya sesegera mungkin agar tidak menyebar dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut. 

Jamur tidak membeda-bedakan akan tumbuh di permukaan apa pun. Pada kasus yang lebih parah juga dapat menimbulkan spora di dalam sepatu. Pada kesempatan ini berikut tips membersihkan dan mencegah jamur pada sepatu:

  • Tetap Jaga Sepatu Tetap Dalam Keadaan Kering

Salah satu yang terpenting yang harus dilakukan untuk mencegah jamur dan lumut adalah menjaga sepatu untuk tetap kering. Usahakan untuk tidak memakainya saat hujan atau jika tidak terhindarkan, harus menggunakan produk sepatu tahan air seperti waterproof socks yang dapat mencegah cairan masuk ke dalam interiornya sehingga tidak merusak dan membuat bagian dalam sepatu membusuk lebih cepat. 

Kalian juga harus sering mengganti kaus kaki; mengenakan pasangan yang sama setiap hari dapat menyebabkan terlalu banyak penumpukan kelembaban yang dapat menyebabkan tumbuhnya jamur di kemudian hari.

  • Semprot Bersih Sepatu

Ada banyak cara untuk mencegah dan melawan serangan jamur. Salah satu produk paling umum yang dapat dibeli adalah semprotan disinfektan dari toko lokal atau online yang akan membunuh spora yang ada di rumah kalian, sekaligus ramah lingkungan. 

Adapun cara untuk membersihkan noda jamur pada sepatu yakni menggunakan sikat yang bertekstur bulunya keras, cara ini merupakan langkah awal untuk kebutuhan membersihkan pada bahan suede. Bila sepatu kalian berbahan kulit, gunakan microfiber lalu basahkan ke dalam mangkuk berisi air dan sabun cuci sepatu. Jika bahan sepatu berbahan kanvas gunakan sabun cuci sepatu pilihan untuk digunakan saat membersihkan sepatu dari noda jamur.

Noda jamur yang timbul pada sepatu dengan bahan atau material tertentu termasuk noda yang memang perlu usaha dan waktu lebih untuk menghilangkan secara maksimal.

Semoga bermanfaat. Namun jika kalian ragu untuk melakukannya sendiri pada sepatu kesayangan kalian. Bawa sepatu kesangan kalian ke Shoes And Care, karena Shoes And Care sangat memahami bagaimana untuk menangani sepatu yang berjamur dengan metode yang tepat. 

Postingan terbaru