Tiga Faktor Utama Mengapa Sepatu Lari itu Mahal!

Jakarta, Shoes and Care - Di dunia olahraga, satu pertanyaan sering muncul di benak baik pelari beneran maupun pelari kasual: kenapa sepatu lari begitu mahal? Meskipun sepatu lari memiliki berbagai macam teknologi yang dapat mempermudah melakukan aktivitas berlari, namun harga yang mahal terkadang bisa menjadi pertanyaan tentang faktor-faktor apa yang menyebabkan biaya mahal untuk menebus sepatu tersebut. Sesuai dengan judul diatas, terkadang kita kepo dan melakukan perbandingan harga antara sepatu lari dengan sepatu olahraga lain yang memiliki harga yang lebih mahal. Bahkan tidak jarang beberapa sepatu lari bisa membeli 2 sampai 3 sepatu olahraga lain. Kenapa sepatu lari begitu mahal? Bukannya berlari itu merupakan olahraga paling “murah”? Biar lebih jelas, yuk pantengin artikel dibawah ini!

Teknologi dan Material

Coba kamu bayangkan sebuah sepatu yang seperti pesawat luar angkasa kecil untuk kaki yang dilengkapi dengan teknologi mutakhir. Semakin mahal sebuah sepatu lari, semakin banyak teknologi untuk memanjakan si pelari. Contohnya seperti busa mewah, polimer empuk, dan bahan kain yang menyerap keringat. Semua teknologi-teknologi tersebut membutuhkan biaya yang cukup besar untuk direkayasa dan dibuat sedemikian rupa, persis seperti memperlengkapi seorang astronot dengan baju astronotnya. 

Sepatu lari yang berkualitas tinggi biasanya menggunakan bahan-bahan premium yang memberikan kenyamanan, daya tahan, dan performa yang optimal. Contohnya seperti bahan mesh bernilai tinggi yang digunakan pada bagian atas sepatu untuk memberikan keseimbangan yang tepat antara fleksibilitas dan dukungan. Selain itu, bahan-bahan seperti karet khusus untuk sol atau busa seperti PEBAX yang responsif untuk midsole juga bisa menambah biaya produksi dan berpengaruh pada harga jual sepatu tersebut.

Riset dan Pengembangan

Proses riset dan pengembangan (R&D) memegang peran penting dalam pembuatan sepatu lari yang berkualitas tinggi. Tim R&D bekerja keras untuk memahami dinamika gerakan kaki, tekanan yang diterapkan pada berbagai titik, dan pola pernapasan kaki. Mereka melakukan studi mendalam tentang material-material baru dan teknologi-teknologi inovatif yang dapat meningkatkan performa sepatu. Selain itu, kolaborasi dengan ilmuwan olahraga dan atlet profesional menjadi bagian integral dari proses ini. Dengan bantuan pengetahuan dan pengalaman mereka, tim R&D dapat menguji prototipe sepatu untuk memastikan bahwa mereka tidak hanya nyaman tetapi juga efektif dalam meningkatkan kinerja pelari.

Penelitian ini juga mencakup uji coba lapangan yang ekstensif, di mana sepatu diuji dalam berbagai kondisi dan lingkungan. Feedback dari pengguna akhir menjadi sangat berharga dalam mengidentifikasi area-area yang perlu ditingkatkan atau diperbaiki. Investasi yang dilakukan dalam R&D seringkali merupakan faktor yang signifikan dalam menentukan harga jual akhir sebuah sepatu. Namun, hal ini juga memastikan bahwa produk yang dihasilkan memenuhi standar kualitas yang tinggi dan memenuhi harapan pelanggan dalam hal kinerja dan kenyamanan.

Pencitraan Brand 

Jika boleh berkata jujur, beberapa sepatu lari yang hadir di pasaran memiliki “faktor keren” tersendiri dalam jumlah yang besar. Brand-brand besar seperti Nike ataupun adidas terkadang menambahkan kata-kata promosional yang bersifat hiperbola seperti berlari di awan, berlari terasa seperti tidak memakai sepatu, dan lainnya. Sadar atau tidak, kalimat-kalimat seperti itu menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli yang membuat mereka penasaran dan membeli produk dari brand tersebut. Brand ternama dalam industri sepatu lari sering kali juga menetapkan harga yang lebih tinggi untuk produk-produk mereka sebagai cerminan dari reputasi brand dan kualitas yang dijanjikan. Konsumen akan bersedia membayar harga yang lebih tinggi untuk brand yang dianggap berkualitas tinggi dan dapat dipercaya klaimnya.

Tiga faktor diatas menjadi penentu tetap apakah sepatu lari dibanderol dengan harga yang lebih murah atau justru semakin mahal. Namun, semakin mahal sepatu lari maka semakin baik benefit yang didapat dari sepatu tersebut. Tidak mengamini juga bahwa sepatu lari dengan harga murah tidak ada manfaatnya, namun investasi dalam sepatu yang baik adalah investasi dalam kesehatan dan kinerja dari kaki. Semua sepatu lari itu akan lebih berguna dan lebih baik jika kamu juga rutin dalam melakukan olahraga berlari. Jika membeli sepatu lari mahal tapi jarang lari, rugi dong!

 

Postingan terbaru