Sepatu Cepat Rusak? Ini Penyebabnya

Jakarta, Shoes and Care - Sepatu merupakan salah satu bagian penting dalam berpenampilan. Namun terkadang kita tidak memperlakukan atau tidak menggunakan sepatu yang kita miliki dengan seharusnya. Apakah kalian pernah berpikir apa ya yang dapat membuat sepatu cepat rusak ? ini lah penyebabnya :

  • Menyimpan Pada Ruangan yang Tidak Berventilasi

Ternyata di dalam menyimpan sepatu kita harus memperhatikan sirkulasi udara yang baik. Selain itu, ruangan penyimpanan sepatu haruslah kering dan tidak terkena sinar matahari langsung. Jika tidak maka sepatu dapat berjamur dan jamur tersebut merusak permukaan sepatu sehingga tidak enak dipandang. Tempat dengan suhu ruangan yang panas juga dapat cepat merusak sepatu baik lem pada bagian sol atau pun pada permukaan kulit sepatu yang dapat retak-retak dan mengelupas.

  • Memakai Sepatu Dengan Cara Diseret

Cara berjalan menyeret sepatu dapat berakibat sol sepatu akan cepat rusak dan menipis. 

  • Memakai Sepatu yang Tidak Sesuai Jenis Sepatu

Sebagai contoh sepatu running dipergunakan sebagai sepatu tracking di pegunungan. Hal ini dapat menyebabkan sepatu cepat rusak karena sepatu running tidak diciptakan untuk medan keras atau pun berlumpur. 

  • Tidak Memakai Shoe Horn atau Tidak Melepas Tali

Atas nama ingin cepat atau malas mengikat tali sepatu sering dari kita memasukkan sepatu tanpa mengendurkan terlebih dahulu tali sepatu untuk memakai sepatu, sehingga bagian belakang atas sepatu sering terinjak. Hal ini dapat menyabkan lipatan pada bagian tumit atas sepatu yang pada sepatu dengan bahan kulit atau rubber akan timbul patahan atau retak hingga mengelupas, sehingga tidak enak dilihat. Paling aman untuk menghindari hal tersebut adalah menggunakan shoe horn atau mengendurkan terlebih dahulu tali sepatu kalian.

  • Memakai Sepatu Dengan Ukuran yang Tidak Sesuai

Memakai sepatu tidak sesuai dengan ukuran kaki kita, tidak hanya dapat memberikan efek tidak nyaman disaat memakainya. Tapi juga dapat cepat merusak sepatu. 

  • Menyimpan Sepatu Dengan Menumpuk

Tanpa menggunakan kotak atau rak sepatu, serta menumpuk satu sepatu dengan sepatu lainnya juga dapat merusak sepatu. Sepatu yang terletak pada posisi bawah dan tertumpuk oleh sepatu lainnya akan membuat bentuk sepatu berubah. Sehingga tidak akan nyaman untuk digunakan kembali.

Beberapa penyebab yang sudah dijelaskan diatas merupakan beberapa faktor sepatu cepat rusak. Alangkah baiknya sepatu yang dipakai sehari-hari juga butuh perawatan agar tetap terjaga dan nyaman saat digunakan.

 

Postingan terbaru