Perbedaan Antara Waterproof dan Water Resistant

Jakarta, Shoes and Care - Biasanya kita mendengar istilah waterproof pada jaket atau tas ransel. Dan kita juga sering mendengar istilah water resistant pada jam tangan, telephone genggam atau pun tas ransel. Namun apakah kalian sudah memahami apa perbedaan dari waterproof  dan water resistant ?

Mari kita bahas satu per satu perbedaan antara waterproof dan water resistant

Berdasarkan https://www.differencebetween.com/ waterproof atau tahan air adalah istilah yang mengacu pada fakta bahwa produk tidak terpengaruh jika terkena air atau produk tetap dalam situasi yang tetap bersentuhan dengan air selama beberapa waktu. Faktanya, tahan air membuat produk cukup baik untuk tetap terendam air dan tidak kotor. Tahan air berarti membuat permukaan suatu benda sedemikian rupa sehingga tidak ada cairan yang menembus masuk ke bagian dalam produk. Segel pada produk yang tahan air, menyegel permukaan sedemikian rupa sehingga tidak ada air yang dapat masuk ke bagian dalam produk. Untuk siap produk yang menggambarkan dirinya tahan air harus memberikan tingkat perlindungan yang tinggi terhadap air bahkan dalam kondisi yang sulit. Sebagai contoh, jika kita sedang mencari jas hujan yang akan digunakan di tempat yang banyak menerima curah hujan maka kita membutuhkan jas hujan yang terbuat dari bahan yang tahan air. Produk jas hujan tahan air memastikan tidak ada air yang dapat menembus hingga ke atas permukaan mantel. 

Water resistant merupakan istilah yang juga menunjukkan bahwa sebuah produk juga memiliki kualitas tahan air namun hanya dapat menahan selama beberapa waktu saja. Perlu diingat jika sebuah produk dengan istilah water resistant, produk tersebut dapat menjadi kotor dan juga bagian dalam produk dapat menjadi basah karena air dan air dapat rembes ke bagian dalam produk jika terendam air selama beberapa waktu. Sebagai contoh, jika pada jam tangan kalian terdapat tulisan water resistant, maka jam tangan anda memang tahan air yang dapat anda tetap pakai pada saat kalian mandi, tetapi kalian tidak dapat memakai jam tangan kalian pada saat kalian menyelam di bawah air.

Jadi jika pada jas hujan kalian tertera water resistant, setelah bahan yang terbuat dari bahan water resistant produsen pembuat jas hujan tersebut menambahkan lapisan akhir yang disebut DWR yang dapat menahan rembesan air pada bagian dalam jas hujan. Jadi meskipun lapisan ini tahan terhadap air, ia tidak sepenuhnya dapat bersifat anti air, sehingga memungkin terkumpulnya bulir-bulir air pada permukaan jas hujan yang nantinya setelah beberapa waktu dapat meresap ke bagian dalam jika terjadi kontak yang lama dengan air. 

Pada kesimpulannya, perbedaan waterproof dan water resistant adalah :

  • Produk dengan keterangan water resistant memang merupakan produk yang tahan air. Namun sifatnya hanya memberikan perlindungan dari air sementara dan tidak dalam waktu yang lama karena jika produk terendam air maka air sangat mungkin rembes masuk ke bagian dalam produk.
  • Di sisi lain, jika sebuah produk memiliki keterangan waterproof, produk tersebut memiliki sifat ketahanan air yang sangat kuat, sehingga tidak memungkinkan air masuk ke  bagian dalam produk meskipun produk bersentuhan dengan air dalam waktu yang lama atau bahkan ketika produk terendam air.
  • Oleh karena itu, kalian perlu waspada pada saat menentukan produk yang harus kalian beli sesuai dengan kebutuhan dan aktifitas kalian. Lebih baik kalian memilih produk dengan keterangan waterproof jika kalian memiliki kemungkinan produk yang kalian beli akan terendam air.

Semoga dengan penjelasan di atas dapat membantu kalian semua ya .. 

Postingan terbaru