Perbedaan Antara Hydrophobic dan Weatherproof

Jakarta, Shoes and Care - Satu-satu kita akan membahas mengenai perbedaan antara hydrophobic dan weatherproof. Dikutip dari https://www.sciencedirect.com/ efek hydrophobic adalah kecenderungan molekul non polar dan segmen molekul dalam larutan air untuk menghindari kontak dengan molekul air. Atau dengan kata lain hydrophobic adalah sifat fisis molekul suatu material untuk menghindari air. Pasti kalian pernah melihat bagaimana air di atas daun bunga teratai, dapat terlihat bahwa air tidak sedikit pun membasahi daun tersebut. Atau jika kalian memperhatikan hal tersebut pun terjadi pada sayap kupu-kupu yang terkena air hujan. Sayap kupu-kupu terlihat seperti tidak menjadi basah atau pun lepek melainkan air tersebut malah berkumpul dan membentuk buliran atau bulatan air. Itulah yang disebut efek hydrophobic.

Kini pelapisan atau coating dengan teknik hydrophobic dilakukan dalam berbagai hal seperti terhadap body mobil atau motor, sehingga cat pada kendaraan tetap terlihat mengkilap. Tidak hanya menggabungkan sifat hydrophobic pada cat, namun pada saat ini kita dapat menemukan dengan mudah serbuk hydrophobic atau hydrophobic powder pada market place, sehingga kita dapat melapiskan pada permukaan benda apapun yang kita inginkan. Dapat juga kita temukan pada beberapa jaket outdoor.

Sedangkan weatherproof berdasarkan https://www.merriam-webster.com/ adalah mampu menahan terhadap paparan cuaca tanpa mengakibatkan kerusakan dan kehilangan fungsinya. Biasanya dapat kita temukan pada banyak perlengkapan outdoor, seperti raincoat, jaket, celana outdoor¸ sepatu outdoor, tenda dan lain sebagainya. 

Tentunya kedua sifat pada material ini dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan serta aktivitas yang akan kita lakukan. Semoga info ini dapat membantu kalian menentukan sifat material yang paling sesuai.

 

Postingan terbaru