Perbandingan Duo Brand Asal Jepang: Mizuno VS Asics!

Jakarta, Shoes and Care - Persaingan brand sepatu olahraga makin kesini makin sengit. Ada duo raksasa Adidas dan Nike yang bersaing tiada habisnya dan para penantang lain seperti Hoka, Brooks dan On Running. Selain brand asal Eropa dan Amerika, brand dari benua Asia gamau kalah juga nih! Ada dua brand asal Jepang yang tidak kalah dalam persaingan, bahkan mereka berhasil membuat pasar mereka sendiri. Yap, Asics dan Mizuno merupakan dua brand asal Jepang yang berhasil mendobrak dan bersaing ketat dengan brand besar lainnya. Meskipun begitu, banyak orang yang kerap membandingkan keduanya: mana yang lebih baik. Membandingkan keduanya ibarat mengadu dua pelari berpengalaman yang sangat berbakat melawan satu sama lain. Keduanya memiliki stamina untuk menempuh jarak yang jauh, namun siapa yang akan menang dapat berubah dari hari ke hari. Namun biar kamu ga penasaran, berikut perbandingan antara brand Mizuno dan Asics yang telah berhasil dirangkum!

Kunci Perbedaan Mizuno vs Asics

Sebelum kita membahas perbandingan antara keduanya, ada baiknya sekilas membahas perbedaan kunci antara kedua brand ini. Diantaranya:

  1. Sepatu Mizuno sangat fit dan berukuran layaknya sepatu tradisional pada umumnya, seperti Brooks. Sedangkan Asics lebih narrow pada bagian tumit dan midsole.
  2. Mizuno tidak mengeluarkan sepatu yang heel drop nya lebih rendah dari 8mm. Sedangkan Asics memiliki sepatu dengan heel drop 5mm, meskipun kebanyakan Asics berukuran 8mm sampai 10mm.
  3. Mizuno terkenal dengan teknologi Wave, sedangkan Asics dengan teknologi GEL.
  4. Asics merancang berbagai sepatu untuk berbagai olahraga. Mizuno juga sama, namun sayangnya Mizuno tidak memiliki sepatu train run. 
  5. Mizuno hampir terkenal di semua olahraga non-lari, seperti golf, renang, hingga bola voli. Asics sampai saat ini masih terkenal di skena lari dan fashion saja.

Perbandingan Penting Antara Mizuno vs Asics

Kedua brand ini telah ada sejak lama dan bersaing ketat dalam desain sepatu lari. Keduanya menawarkan berbagai teknologi untuk membantu kenyamanan, dukungan, stabilitas, dan bantalan. Yang paling membedakannya adalah seberapa cocok sepatu ini di penggunanya. Mari kita breakdown:

Durabilitas

Salah satu aspek penting yang menjadi penilaian tersendiri bagi beberapa orang, yaitu ketahanan dan usia pakai sepatu. Berdasarkan informasi dari Run To The Finish, umur pemakaian sepatu dari kedua brand ini cukup sebanding. Mizuno mengatakan pelari kasual berkekuatan 20MPW (Marathon Pace Work) harus mulai berhenti menggunakan sepatu selama sekitar 6 bulan. Sedangkan Asics merekomendasikan untuk mengganti sepatu baru setiap 450 hingga 500 mil jarak pemakaian. Tapi ingat, menentukan kapan harus mengganti sepatu lari semua tergantung pada gaya berlari kamu, berat badan, dan apakah kamu lebih banyak berlari di jalan setapak yang mempunyai medan ajaib atau jalan raya dengan medan yang landai.

Sirkulasi Udara

Aspek kedua yang tidak kalah penting dan menentukan sepatu nyaman atau tidak, yaitu kemampuan sepatu dalam menyerap dan mengeluarkan sirkulasi udara. Mizuno menggunakan dua teknologi berbeda untuk memaksimalkan sirkulasi udara. Yang pertama adalah Drylite, yang menghilangkan kelembapan dari tubuh agar tetap dingin dan mencegah lecet. Yang kedua adalah Mizuno CoolTouch yang didesain untuk mempercepat pengeringan di dalam sepatu. Kemudian, untuk Asics menggunakan bahan Asics Ortholite Lasting yang memberikan bantalan empuk di bagian bawah kaki sekaligus mengelola kelembapan yang terbentuk dari keringat sehingga memungkinkan sirkulasi udara maksimal.

Bantalan

Teknologi bantalan milik Mizuno bernama Wave Technology. Struktur dasar Wave memungkinkan bantalan midsole menyebarkan kekuatan benturan saat berlari dengan menyebarkannya secara lebih merata ke seluruh sepatu. Hal ini memungkinkan terjadinya transisi tumit-jari kaki lebih mulus dan kaki tidak tenggelam ke dalam midsole sehingga menghemat energi. Sedangkan Asics menggunakan teknologi Flytefoam yang memberikan pantulan dan daya tanggap di setiap langkah berlari. Teknologi ini juga ditambah dengan teknologi GEL yang telah digunakan Asics selama lebih dari 30 tahun.

Stabilitas

Mizuno juga memanfaatkan teknologi Wave untuk memberikan dukungan stabilitas pada sepatu. Sedangkan Asics memberikan stabilitas melalui sistem midsole kepadatan ganda yang disebut Duomax, yaitu sebuah teknologi kemiringan inset yang mengurangi stres pada kaki akibat overpronasi sehingga membuat kamu berlari lebih nyaman.

Well, itulah beberapa pertimbangan yang bisa kamu pelajari jika kamu masih bingung memilih antara keduanya. Jadi, kamu team Asics atau team Mizuno nih?

 

Postingan terbaru