Penyebab Keretakan Pada Outsole Serta Penanganannya
Bagus Adhitama| 1 month ago |

Penyebab Keretakan Pada Outsole Serta Penanganannya

Banyak gak sih dari kalian yang sering mengalami kerusakan pada sepatu? Pasti keluhan mengenai sepatu sering sekali dialami. Seperti bagian midsole yang terbuka dikarenakan memuainya material atau bahkan dikarenakan keretakan pada bagian midsole dan outsole. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab keretakan yang timbul pada outsole. Apa saja penyebabnya?

1. Penyimpanan

banyak dari kita terkadang menyepelekan masalah menyimpan sepatu. Sering kita dapati dalam keseharian bahwa penyebab utama kerusakan berasal dari diri kita pribadi. Apa saja yang harus dilakukan? Jangan simpan sepatu di dalam kotak sepatu dalam jangka waktu yang lama, karena sirkulasi udara dalam kotak sepatu tidak berjalan dengan baik dan dapat menyebabkan sepatu berjamur serta menyebabkan keretakan pada bagian sol sepatu.

2. Usia

Kerentanan usia juga menjadi kendala dalam keretakan pada sepatu. Keretakan sepatu yang dikarenakan usia biasanya terdapat pada bagian midsole berbahan Eva, contohnya seperti Air Max. Bahan tersebut biasanya ketika usianya sudah lama dan jarang dipakai biasanya akan hancur ketika dipakai. Jika material rubber biasanya akan mengalami patah atau retak jika sudah lama usia sepatu.

3. Perawatan

Permasalahan dalam perawatan juga berpengaruh dalam keretakan sepatu. Biasanya keretakan itu timbul karena noda dari sepatu yang dibiarkan lama, dari noda tersebut kerak kotoran akan mengendap, lama kelamaan kotoran tersebut dapat menyebabkan pengerasan pada sol dan akhirnya sol tersebut akan retak bahkan pecah.

Beberapa penyebab di atas mungkin bisa menjadi pengingat bagi kita untuk lebih merawat sepatu, karena keretakan sepatu dapat timbul karena salah penyimpanan sepatu, usia sepatu dan perawatan sepatu. Bagaimana penanganan yang kita ambil? Jadi ada baiknya kita selalu merawat dari mulai penanganan tempat penyimpanan, suhu yang baik untuk sepatu serta selalu memperhatikan perawatan sepatu. Perawatan sepatu kurang lebih dilakukan seminggu dua kali, selain membuat sepatu kita bersih serta dapat menghindari dari jamur dan keretakan