Pengenalan Material Kanvas Pada Sepatu

Pengenalan Material Kanvas Pada Sepatu - Bahan ini memiliki serat kain yang tebal dan kuat. Sebelumnya bahan ini terbuat dari sebuah jerami. Hingga kini bahan ini dapat ditermukan dalam bentuk perpaduan antara bahan katun dengan linen. Selain itu, sekarang bahan ini juga dapat dipadukan dengan bahan sintetis seperti halnya polyester

Bahan kanvas sudah ditemukan sejak abad ke-13 di Eropa. Kanvas berasal dari kata Cannapaceus yang berarti "terbuat dari rami". Namun, penggunaan bahan kanvas untuk membuat sepatu baru dimulai pasca Perang Dunia ke-1, sekitar tahun 1917-an.

Jenis-jenis bahan kanvas

Kanvas blacu

Kanvas blacu memiliki karakteristik yang keras dan kasar. Serta dikategorikan sebagai bahan yang unfinished karena karakteristiknya. Harga blacu paling termurah dibanding dengan lainnya.

Baby Kanvas

Baby kanvas memiliki karakteristik yang lebih halus dibanding dengan kanvas blacu. Bahan ini juga terlihat lebih ‘jatuh’ dibanding dengan kanvas blacu dan terlihat lebih lentur. Baby kanvas dapat dibuat menjadi tas backpack, jaket, pakain dan topi.

Kanvas Sueding

Kanvas sueding memiliki karakteristik sedikit lebih tebal dibanding dengan baby kanvas. Selain lebih tebal, teksturnya terlihat seperti dot atau titik yang lebih mudah terlihat dibanding baby kanvas. Meskipun lebih tebal dan bertekstur, bahan ini tetap lembut di kulit dan umumnya dibuat menjadi jaket, karena durabilitasnya.

Kanvas Marsoto

Bertekstur lebih kesar dibanding baby kanvas dan kanvas sueding. Serat pada kanvas marsoto lebih rapat sehingga lebih tebal dan tidak mudah sobek. Soal warna juga tidak memiliki banyak opsi warna seperti baby kanvas serta memiliki harga yang relatif lebih mahal dibanding bahan lainnya.

Kanvas Polyester

Merupakan hasil perpaduan dengan bahan sintetis, polyester. Memiliki tekstur yang kasar dan tidak cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar pakaian karena akan panas ketika digunakan. Umumnya dibuat menjadi tas dan topi. Setelah itu, sepatu kanvas mengalami perkembangan pesat dan banyak digunakan, terutama oleh anak muda karena berbagai keunggulan yang dimilikinya. Berikut adalah sejumlah keunggulan sepatu kanvas dibandingkan sepatu berbahan lainnya.

Postingan terbaru