Menyelami Keanggunan Sepatu Suede: Material yang Mewah dalam Dunia Fashion

Jakarta, Shoes and Care - Bagi kamu pecinta sepatu, pasti sudah tidak asing lagi melihat sepatu dengan berbahan dasar suede. Banyak sekali brand sepatu di dunia yang menggunakan bahan ini sebagai pondasi dari produk sepatu mereka. Sebagai contoh, brand Puma dengan Puma Suede Classic, Vans dengan Vans Era dan Old Skool, hingga brand premium seperti Koio dengan Primo Roccia. Menggunakan sepatu berbahan suede memang menambah kesan elegan dan “berkelas”, karena cocok digunakan untuk acara formal hingga non-formal. Tapi, apakah kamu tahu kelebihan serta kekurangan dari sepatu berbahan suede ini? Dalam artikel ini akan dibahas mulai dari sejarah dan asal usul bahan suede, penerapan bahan suede dalam sepatu hingga kelebihan dan kekurangan dari sepatu suede ini.

Apa itu Suede?

Bahan suede adalah sebuah bahan kulit yang memiliki kualitas tinggi, terbuat dari lapisan bawah kulit yang memiliki karakteristik lembut dan sangat populer digunakan barang-barang fashion seperti sepatu, aksesoris, dan jaket. Ditafsir berdasarkan asal bahasanya, nama ‘suede’ berasal dari bahasa Perancis yang berbunyi “gants de suede” yang memiliki makna sebuah sarung tangan berbahan lembut yang diimpor dari Swedia. Umumnya, suede terbuat dari kulit domba, tetapi ada juga yang terbuat dari jenis hewan lain, seperti kambing, babi, anak sapi, dan rusa. Bahan suede memiliki lapisan yang lembut dan juga tipis, maka itu bahan ini tidak sekuat bahan kulit tradisional. Meskipun begitu, bahan suede menjadi sangat populer di abad ke-20 dan diasosiasikan dengan kemewahan kelas atas berkat rasanya yang lembut dan halus. 

Bagaimana Membuat Bahan Suede?

Untuk membuat bahan suede, pertama-tama bagian bawah kulit binatang dipisahkan dari bagian atas sehingga menghasilkan kulit yang tipis dan lebih lembut. Lapisan pertama kulit, atau disebut full-grain, akan digiling menggunakan roda amplas yang akan menghasilkan permukaan kulit yang terasa halus. Bahan suede yang terbuat dari bahan full-grain disebut juga nubuck. Dari sini, bisa dikatakan bahwa suede adalah sebuah kulit yang terbelah. 

Namun, beberapa produsen kulit penghasil kulit suede hanya akan membalik kulitnya sehingga bagian bawah juga merupakan bagian luarnya sehingga memberikan tampilan suede dengan kualitas kulit yang sama kuat dan kaku. Akan tetapi, secara teknis ini bukan jenis bahan suede yang asli. Umumnya, tekstur suede terasa lembut dan halus jika dibuatl dari kulit yang lebih ringan, seperti kulit binatang yang berusia lebih muda. Lapisan kain yang berupa bulu-bulu kecil di permukaan suede bisa memiliki karakteristik yang lebih keras jika kulitnya berasal dari hewan yang lebih tua atau hewan dengan kulit yang lebih tebal, seperti sapi dan rusa.

Berbagai Jenis Bahan Suede

Beberapa bahan suede memiliki kualitas dan penampilan yang berbeda berdasarkan jenis kulit binatang yang digunakan. Beberapa bahan kulit binatang yang umum digunakan sebagai bahan kulit suede adalah:

  1. Suede kulit domba. Bahan jenis ini memiliki tekstur yang paling lembut dan halus karena terbuat dari kulit hewan domba. Selain memiliki tekstur yang halus, bahan ini memiliki bobot yang lebih ringan dari bahan suede lainnya.
  2. Suede kulit sapi. Bahan suede ini memiliki bentuk dan karakteristik yang paling kasar. Semakin tua hewannya, semakin tebal dan kasar tumpukannya. Kulit sapi suede juga bisa disebut kulit sapi split, kulit mentah, bush coat, kulit kasar, dan kulit anak sapi.
  3. Suede kulit babi. Bahan suede jenis ini memiliki karakteristik yang tebal, tahan lama, dan berat. Jika dilihat akan terlihat lebih pendek dibanding kulit lainnya dan memiliki permukaan yang kasar.

Bahan Suede Digunakan untuk Apa Saja?

Memiliki kualitas yang lebih tinggi dan tekstur yang lebih lembut serta tipis, bahan suede banyak digunakan untuk bahan pembuatan barang fashion dan aksesoris lainnya.

  1. Sepatu. Bahan suede banyak sekali digunakan untuk bahan sepatu, bahan suede yang halus memberikan penampilan dan struktur yang menarik pada sneakers, loafers, hingga sepatu boots. Sepatu boots berbahan suede sangat digemari dari segi kenyamanan dan karakter. Bahan ini juga lebih ringan dari kulit standar dengan tetap mempertahankan daya tahan yang kuat.

  1. Aksesoris. Mulanya, bahan suede dipakai untuk bahan pembuatan sarung tangan. Seiring berjalannya waktu, suede menjadi populer untuk semua jenis aksesori. Mulai dari sarung tangan, hand bag, dan ikat pinggang. Penampilan unik yang ditawarkan oleh suede menjadikannya pilihan kain favorit di kalangan perancang busana untuk tas dan ikat pinggang.
  2. Pakaian luar. Jaket Fringe yang terkenal terbuat dari bahan suede. Jaket berbahan suede merupakan suatu item pokok fashion berkat tekstur suede yang indah dan daya tahannya.

Hingga saat ini, penggunaan bahan suede marak pula diterapkan untuk sepatu. Seperti penjelasan yang diatas, sepatu yang memiliki bahan suede akan terkesan mewah dan mahal. Namun, sepatu yang berbahan suede tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Sepatu Berbahan Suede

Mari kita bahas mengenai kelebihan sepatu berbahan suede. Beberapa kelebihan yang perlu kamu ketahui adalah sebagai berikut.

  1. Tampilan yang elegan. Sepatu yang menggunakan bahan suede akan memiliki tampilan yang terkesan elegan dan mewah. Positifnya, sepatu ini sangat cocok apabila digunakan untuk menghadiri acara formal ataupun non-formal,
  2. Daya tahan yang baik. Sepatu yang menggunakan bahan ini memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan sepatu berbahan lain seperti canvas. Maka dari itu, banyak sepatu untuk skate yang menggunakan bahan suede.
  3. Nyaman dan lembut. Sepatu suede menawarkan kelembutan oleh bahan penyusunnya, hasilnya rasa nyaman di kaki yang tidak didapatkan oleh sepatu dengan bahan lainnya. 
  4. Menyesuaikan bentuk kaki. Uniknya, sepatu suede dapat mengikuti bentuk kaki kamu lho! Selain memberikan kenyamanan yang maksimal, sepatu suede menjadi sepatu yang dapat mem-personalize-kan diri untuk penggunanya.

Kekurangan Sepatu Berbahan Suede

Disamping kelebihan yang ditawarkan, tentu saja sepatu dengan bahan suede memiliki kekurangan yang wajib kamu ketahui sebelum meminangnya. Berikut kekurangannya.

  1. Rentan terhadap noda dan cipratan air. Kekurangan utama sepatu suede adalah bahannya yang sangat rentan terhadap noda dan air. Suede memiliki permukaan dengan pori pori yang besar, sehingga mudah menyerap cairan dan kotoran. Apabila tidak rajin dibersihkan akan sulit dihilangkan.
  2. Membutuhkan perawatan ekstra. Menyambung dengan kekurangan sebelumnya, suede membutuhkan perawatan yang ekstra. Kamu harus menggunakan cairan khusus agar menjaganya tetap bersih dan tidak rusak saat mencucinya. 
  3. Tidak cocok untuk cuaca ekstrim. Sepatu dengan bahan ini tidak cocok untuk digunakan saat terjadi cuaca yang ekstrim, seperti badai hujan yang basah dan lembab. Kelembaban yang tinggi dapat merusak bahan suede dan mengubah tekstur nya. 
  4. Lebih mahal. Tidak bisa dipungkiri karena cara pembuatannya yang lebih rumit, maka sepatu dengan bahan ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Namun, sepatu suede tetap menjadi pilihan yang menarik bagi penyuka sepatu meskipun harus merogoh kocek yang lebih mahal.

Itulah beberapa informasi penting mengenai sepatu dan bahan suede itu sendiri. Memahami seluk beluk bahan ini memang penting agar kamu bisa mengambil keputusan yang tepat jika ingin memiliki sepatu ini. Bagi kamu yang masih kesulitan untuk merawat sepatu dengan bahan suede, kamu bisa percayakan ke Shoes and Care! Dijamin, sepatu suede kamu akan selalu bersih dan terlihat mewah seperti baru kembali. Ditunggu di mitra-mitra cabang shoes and Care terdekatmu ya!

 

Postingan terbaru