Mengulik Bahan Pembersih yang Dapat Merusak Sepatu
Bagus Adhitama| 1 month ago |

Mengulik Bahan Pembersih yang Dapat Merusak Sepatu

Mengulik Bahan Pembersih yang Dapat Merusak Sepatu - Umumnya banyak dari kita salah dalam memilih pembersih sepatu. Sering kali dalam mencuci sepatu kita mengalami kelunturan pada material Kanvas atau mengerasnya material Suede ketika sudah mengering. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap produk pembersih memiliki kadar atau tingkatan kimia yang berbeda-beda, karena sudah disesuaikan dengan komposisi dalam setiap penggunaannya.

Material sepatu akan cenderung luntur atau mengeras disebabkan dari kandungan senyawa surfaktan yang terlalu tinggi yang menyebabkan sepatu tersebut menjadi rusak. Apa itu surfaktan? Umumnya surfaktan berfungsi untuk membersihkan karena sifatnya yang dapat melebur dengan zat lainnya, termasuk pada deterjen. Maka dari itu sangat perlu kita ketahui bahan pembersih sepatu yang akan kita gunakan sesuai dengan kebutuhan sepatu yang kita punya. Misalkan material berbahan kanvas putih, disarankan menggunakan detergen yang memiliki kadar senyawa surfaktan 30%, kemudian material berbahan suede, mesh atau kanvas yang berwarna disarankan menggunakan detergen yang memiliki kadar senyawa surfaktan 10%, tentu dengan cara pemakaian yang sudah dianjurkan.

Tetapi jika kalian ragu menggunakan bahan detergen yang mengandung senyawa surfaktan, kalian bisa memilih alternatif lain dengan memilih detergen yang berbahan dasar natural dari tumbuh-tumbuhan. Misalnya detergen yang mengandung VCO atau Jojoba Oil, kedua bahan ini umum digunakan sebagai alternatif bahan pembersih karena tidak terlalu memiliki efek yang dapat merusak material sepatu dan selain itu kedua bahan ini lebih ramah lingkungan serta tidak menyebabkan iritasi jika terkena kulit.

Perlu diketahui banyak detergen yang beredar dipasaran yang tidak cocok untuk kebutuhan pencucian sepatu. Alangkah baiknya menggunakan detergen yang memang dikhususkan untuk membersihkan sepatu. Jangan sampai menggunakan detergen yang dibuat bukan untuk membersih sepatu, karena kita sering keliru mengenai produk detergen "sering kali kita menganggap semua detergen itu sama fungsinya" ini yang menyebabkan kerusakan pada sepatu.