Mengulas Penggunaan Water Repellent Pada Sepatu

Jakarta, Shoes and Care - Musim hujan belakangan ini sering membuat kita kesulitan karena sepatu kita yang basah. Tentunya kita tidak ingin jatuh sakit karena kita memakai  sepatu basah yang membuat kaki kita ikut basah dan kedinginan. Lalu apa yang dapat kita lakukan untuk dapat menghindari kaki kita dari basahnya sepatu yang terkena hujan yaitu salah satunya adalah mengaplikasikan water repellent atau anti air pada sepatu. Water repellent untuk sepatu tersedia dalam berbagai pilihan seperti spray, wax atau pun dalam bentuk krim.

Dikutip dari https://weaveramoing.blogspot.com/ berikut cara penggunaan water repellent pada sepatu :

  • Pastikan sepatu sudah dalam keadaan yang bersih. Karena jika sepatu masih dalam keadaan kotor, maka water repellent tidak dapat secara maksimal menutupi permukaan sepatu.
  • Jangan lupa untuk melepaskan tali sepatu.

Water Repellent – spray

Ada water repellent spray yang khusus diperuntukkan bagi bahan kulit, suede, atau pun bahan sintetis. Untuk menggunakannya, dibutuhkan jarak sekitar 15,24 cm dari sepatu untuk menyemprotkan cairan water repellent kepada sepatu kalian. Selain itu kalian perlu membaca petunjuk pemakaian pada kaleng water repellent kalian apakah kalian butuh menyemprotkan satu lapis atau lebih untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Karena setiap produk memiliki perbedaan petunjuk pemakaian.

Water Repellent-wax

Water repellent dalam bentuk wax paling cocok dipergunakan untuk sepatu berbahan kulit dan suede. Jika kalian ingin mengoleskan wax pada sepatu kalian, sebelumnya kalian perlu menghangatkan terlebih dahulu wax dengan cara menggunakan pengering rambut. Oleskan wax yang sudah leleh sedikit menggunakan kain bersih. Usahakan menggunakan kain bersih berwarna putih. Lalu secara manual oleskan wax pada seluruh permukaan sepatu dengan teliti hingga ke celah-celah sepatu kalian.

Water Repellent-cream

Water repellent jenis satu ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki sepatu kulit. Untuk mengaplikasikan water repellent dalam bentuk krim kalian perlu menggunakannya bersama dengan aplikator yang disertakan atau bisa juga kalian menggunakan kain bersih berwarna putih. Untuk dapat menjangkau celah-celah pada sepatu, kalian dapat menggunakan bantuan kain bersih berwarna putih.

  • Beberapa produk water repellent dapat mengakibatkan warna sepatu kalian sedikit lebih gelap. Maka usahakan untuk selalu membaca keterangan pada kemasan produk dan sebelum mengaplikasikannya ke seluruh bagian sepatu coba dulu aplikasikan pada satu titik permukaan sepatu untuk melihat bagaimana efeknya.

Pilihlah water repellent yang sesuai dengan bahan sepatu kalian dan jenis water repellent mana yang paling sesuai dengan cara yang kalian suka dalam pengaplikasikannya. 

 

Postingan terbaru