Mengetahui Kebutuhan Cairan Tubuh Dalam Satu Hari

Jakarta, Shoes and Care - Cairan sangat penting bagi tubuh manusia. Namun bukan sembarang cairan yang baik bagi tubuh kita. Air putih adalah cairan terbaik bagi tubuh kita. Dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, maka sistem kekebalan tubuh pun akan menjadi lebih kuat. Air dapat membawa oksigen pada sel-sel tubuh, sehingga semua sistem dalam tubuh akan menjadi lancar. Selain itu, air juga dapat membersihkan racun berbahaya dari tubuh kinerja ginjal akan menjadi lancar dan baik.

Tidak hanya yang telah disebutkan sebelumnya. Air pun dapat membuat kulit kita lebih sehat serta sekaligus dapat meningkatkan suasana hati. Rasa Lelah dan lesu pada tubuh merupakan indikator jika tubuh kita kekurangan cairan atau yang sering disebut dehidrasi. Maka jika hal itu terjadi segeralah mengkonsumsi air putih. 

Apabila tubuh kita kekurangan cairan, kerja pacu jantung akan semakin keras, sehingga jaringan dalam tubuh pun tidak berfungsi optimal. Untuk itu agar kita dapat waspada dan mengantisipasi tubuh kita dari dehidrasi atau kekurangan cairan, maka kita perlu mengetahui kebutuhan cairan tubuh kita. Kebutuhan cairan tubuh tidak hanya penting bagi orang dewasa, namun sama pentingnya bagi bayi atau anak-anak. 

Berdasarkan https://yankes.kemkes.go.id/ kebutuhan cairan setiap harinya dapat ditentukan dengan rumus Holiday Segar : 

Kebutuhan cairan per hari berdasarkan berat badan, yaitu 10 Kg pertama, kebutuhan cairan perhari 100 ml/Kg, kebutuhan cairan per jam 4 ml/Kg. Untuk 10 Kg kedua, kebutuhan cairan perhari 50 ml/Kg, kebutuhan cairn per jam 2 ml/Kg. Berat badan selebihnya, kebutuhan cairan per hari 20 ml/Kg, kebutuhan cairan per jam 1 ml/Kg. Untuk mengetahui keseimbangan cairan tubuh dapat dilakukan dengan mengurangi total cairan masuk dan cairan keluar. Balans cairan sebaiknya tidak melebihi dari 200-400 ml per harinya. Insensibel water loss yang termasuk kedalam cairan keluar, dihitung dengan perkiraan 15 ml/kgBB/hari. Kehilangan akibat peningkatan suhu tubuh dihitung kurang lebih 10% dari kebutuhan cairan per hari”.

Contoh : Bila seseorang memiliki berat badan 50 kg. Maka 10 kg pertama berat badan = 1 liter, 10 kg kedua – 500 ml, sisanya 30 (50 kg-10-10) x 20 ml = 600 ml. Jadi kebutuhan cairan keseluruhan adalah 1.000 + 500 + 600 = 2.100 ml atau 2,1 liter per hari.

Mengingat begitu pentignya cairan bagi kesehatan tubuh kita. Jadi sebaiknya mulai sekarang biasakan untuk meminum air putih lebih banyak dibandingkan dengan air berwarna lainnya seperti susu atau pun minuman dengan perasa lainnya. Yuk kita minum air putih !

 

 

Postingan terbaru