Mengenal Program Nike Next Nature!

Jakarta, Shoes and Care - Kamu pasti sudah menyadari betul bahwa banyak brand besar di seluruh dunia yang sudah mulai gencar untuk mengeluarkan produk-produk yang bertemakan ramah lingkungan, salah satunya adalah brand sneakers asal Amerika Serikat, Nike. Pelaksanaan program ramah lingkungan itu merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dari Nike untuk tetap berkontribusi pada kesehatan lingkungan. Limbah industri ataupun limbah barang pakai menjadi salah satu sumbangsih terbesar menimbunnya sampah-sampah di seluruh dunia. Maka itu, Nike meluncurkan program environment friendly mereka dengan nama Nike “Next Nature”. Sebenarnya, apa sih makna dari gerakan ini? Simak penjelasannya dibawah ini!

Nike Next Nature

Brand asal Amerika Serikat ini bukan hanya ingin dikenal dengan produk sepatu yang memiliki teknologi wahid, namun mereka juga berkomitmen untuk mengurangi dampak lingkungan dan menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan. Maka itu, Nike meluncurkan lini produk dengan label Next Nature yang dianggap sebagai game changer di skena per-sepatu-an. Apa sih yang spesial dari label ini? Nike mengklaim bahwa lini produk Next Nature dibuat dari 20% bahan daur ulang, beberapa model bahkan mencapai 50% atau lebih. Dengan kata lain, program ini ingin menunjukkan keseriusan Nike untuk mengurangi penggunaan bahan dasar yang bersifat karbon serta mengurangi pembuangan limbah-limbah dengan memanfaatkan limbah tersebut untuk didaur ulang dan digunakan kembali. 

Berdasarkan data yang diperoleh dari the sole supplier, permintaan dari pasar di seluruh dunia untuk sepatu saja mencapai 23 miliar pasang sepatu per tahun dengan 300 juta pasang sepatu dibuang dalam jangka waktu yang sama. Sangat banyak kan? Selain itu, sebagian besar sepatu yang dibuang memiliki 3 bahan dengan tingkatan karbon yang tinggi seperti nilon, karet, dan plastik. Nike Next Nature sendiri merupakan lanjutan dari program Nike bernama “Move to Zero” yang telah dicanangkan sejak tahun 2019. Gerakan ini menjadi titik awal dari Nike berkecimpung dalam bidang berkelanjutan hingga sekarang. Mungkin kamu menyadari ketika kamu membeli sepatu Nike dengan box seperti ini:

Yes. Pertama kali yang kamu kenali adalah box yang lebih tipis dan tidak ada plastik sepatu didalamnya. Itulah salah satu bentuk gerakan berkelanjutan dari brand ini hingga sekarang, mengurangi pemakaian plastik, box yang bisa didaur ulang, hingga sepatu yang terbuat dari limbah daur ulang. Keren ya!

Apa yang Ingin Dicapai Oleh Nike?

Pertanyaan yang bagus, apa yang ingin dicapai oleh brand ini hingga repot-repot membuat brand dengan status “daur ulang” ini? Apakah hanya ingin terlihat riding the wave supaya masyarakat sadar brand ini peduli dengan lingkungan? Jawabannya, bisa jadi. Namun brand ini tidak serta merta hanya mencari nama di tengah masyarakat dengan embel-embel ‘peduli dengan lingkungan’. Tapi, Nike membuktikan bahwa mereka bertanggung jawab penuh atas keberlanjutan dan kebersihan lingkungan serta mencapai satu tujuan. Tujuan tersebut lain dan tidak bukan adalah “zero carbon and zero waste”. 

Berkaca dari Zero to Nature, Nike pernah merilis series bernama Space Hippie yang hampir bahannya terbuat dari bahan-bahan daur ulang sebanyak 20% dan mengambil tema seperti sepatu luar angkasa dengan siluet yang tergolong unik. Awalnya, aspek unik inilah yang dijual oleh Nike. Namun mereka menemukan produk ini tidak terlalu diminati di pasaran. Tapi berkat itulah Nike tahu bahwa semua tidak selalu tentang siluet ataupun gaya. Maka itu dengan tujuan menyelamatkan masa depan, Nike melakukan riset ulang sepatu mereka dengan cara yang lebih ramah lingkungan dibanding terfokus pada siluet lifestyle seperti sebelumnya. Di sinilah Next Nature mulai berperan.

Tujuan dari Nike Next Nature adalah untuk menciptakan sepatu yang tahan lama dan praktis, namun tetap modis dan menjadi sesuatu yang benar-benar ingin dipakai orang. Dalam perjalanan program mereka menuju emisi karbon nol, Nike melakukan segalanya untuk menjadikan sepatu mereka menjadi top trend dan ramah lingkungan menjadi satu. Bahkan pada kurun tahun 2020 hingga 2021, Nike meningkatkan fasilitas yang dioperasikan dengan energi terbarukan menjadi 78% di seluruh pabrik mereka, dengan peningkatan 30% dalam 365 hari saja! Semua ini merupakan upaya Nike mengejar satu hal: Zero Emission.

Bisa disimpulkan bahwa Nike merupakan brand yang sangat gencar mengembangkan program ramah lingkungan demi kehidupan yang lebih baik. Mereka sadar dengan melakukan hal positid seperti ini, semuanya akan mengalami keberlanjutan yang lebih positif serta mempertahankan kualitas lingkungan yang tetap sehat dan maju. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu yaa!

 

Postingan terbaru