Mengenal Material Outsole Pada Sepatu
Bagus Adhitama| 1 week ago |

Mengenal Material Outsole Pada Sepatu

Mengenal Material Outsole Pada Sepatu - Sepatu terbagi menjadi beberapa bagian, Upper, Midsole, Outsole dan Insole. Rasanya bagian ini tidak akan pernah lepas dari bagian sepatu. Kali ini kita akan membahas mengenai Material Outsole. Apa sih yang kalian ketahui tentang material pada outsole? Outsole memiliki beberapa ragam dan kegunaannya masing-masing, maka dari itu kita akan menjelaskan sedikit ke kalian agar mengetahui material apa saja yang sebenarnya digunakan outsole.

1. Sol Karet (Rubber Sole)

Material sol karet atau yang sering kita sebut rubber sole merupakan material yang sering dipergunakan dalam pembuatan sol pada umumnya. Material ini terbuat dari karet yang dipanaskan kemudian dicetak. Material ini memiliki kelebihan yaitu: elastis, tahan air dan memiliki ketahanan yang cukup lama. Tetapi material ini juga memiliki kekurangan yaitu licin ketika digunakan untuk berolahraga dan juga material ini berat daripada material lainnya.

2. TPU (Thermoplastic Poly-Utherane)

Material satu ini berbahan plastik polimer yang dipanaskan untuk mengatasi berat dari material karet. Selain memiliki keunggulan lembut dan fleksibel, material ini juga memiliki kelebihan tambahan yaitu sangat ringan. Material ini juga cukup kuat disegala medan dan biasanya digunakan untuk sepatu lari. Ada keunggulan pasti ada kelemahan, material ini memiliki kelemahan yaitu pembuatannya yang cukup terbilang mahal dalam pengembangan teknologinya.

3. EVA (Ethyl Vinyl-Acetate)

Jenis material ini merupakan material yang memiliki kenyamanan tersendiri dan material ini dapat di pola sesuai dengan kebutuhan produksi. Material EVA tidak hanya digunakan untuk Outsole saja tetapi juga dapat digunakan untuk bagian Upper sepatu. Material EVA dihasilkan dari plastik polimer yang dipadatkan menjadi busa lembut kemudian dicetak. Karena kelembutan dan fleksibel, material ini menjadi salah satu material yang sering dipergunakan di beberapa produksi sepatu.

4. TRP (Thermoplastic Rubber)

Material ini terbuat dari bahan karet mentah yang dicampurkan dengan plastik kemudian dipanaskan lalu dicetak. Keunggulan material ini adalah mengatasi slip yang terjadi karena jalan licin atau pun berair. Kekurangan dari material ini adalah kurang elastis, penyebabnya dikarenakan pencampuran bahan karet dan plastik yang membuat material ini kurang elastis dan fleksibel. Material ini biasa digunakan untuk sepatu pendakian dan aktivitas outdoor lainnya.

Nah, sudah pada tahu kan mengenai material pada Outsole? Jadi material Outsole diatas memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, tetapi lebih tepatnya kegunaan dari material itu sendiri yang bisa kalian pakai sesuai dengan tempatnya