Mengenal Manfaat Sandal Refleksi

Jakarta, Shoes and Care - Kamu pasti pernah melihat sebuah sandal yang memiliki tonjolan-tonjolan di seluruh permukaannya, sandal jenis ini juga mostly digunakan oleh orang-orang yang sudah berumur. Tapi tidak jarang juga sandal ini dipakai di segala usia dengan tujuan kesehatan. Sandal apakah itu? Betul! Sandal refleksi namanya. Pernahkah kamu mencoba sandal unik ini? Sandal refleksi sendiri merupakan salah satu media pengobatan alternatif yang diyakini memiliki berbagai manfaat kesehatan, salah satunya ialah mengurangi kadar stres. Pertanyaannya, apa fakta dan manfaat dari sandal refleksi itu sendiri? Yuk kita bahas!

Mengenal Sandal Terapi

Sebelum mengenal manfaat sandal terapi, ada baiknya kita mengenai apa itu sandal terapi. Jadi, sandal terapi merupakan jenis sandal yang menerapkan prinsip refleksiologi, yaitu sebuah terapi alternatif yang menggunakan titik-titik akupresur pada bagian kaki. Tonjol-tonjolan yang terdapat pada permukaan sandal refleksi merupakan titik yang telah disesuaikan dengan titik akupresur di kaki.

Konsep dasar di balik sandal terapi adalah telapak kaki merupakan titik akses langsung ke berbagai organ dan sistem dalam tubuh. Oleh karena itu, merangsang titik-titik tertentu pada kaki dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi stres, dan memperbaiki keseimbangan energi dalam tubuh kamu. Ketika digunakan sambil berdiri atau berjalan, tekanan dari beban tubuh akan membuat tonjolan di sandal menekan titik akupresur di telapak kaki. 

Apa Manfaatnya?

Menggunakan sandal terapi dalam intensitas harian memiliki dampak positif bagi kesehatan kamu. Meskipun belum ada penelitian medis yang membuktikan bahwa sandal refleksi memberikan manfaat bagi kesehatan. Namun, beberapa manfaat yang diyakini terbukti dari beberapa terapis diantaramya:

A. Meredakan Nyeri Sendi

Salah satu manfaat yang dirasakan dari penggunaan sandal terapi ialah meredakan rasa nyeri pada bagian persendian. Manfaat ini semakin diperkuat dari Penelitian dari University of Portsmouth yang menemukan fakta bahwa tekanan yang diberikan pada pijat refleksi membuat tubuh melepaskan bahan kimia yang mengurangi rasa sakit. Dengan kata lain, para terapis meyakini bahwa sandal refleksi juga dapat menjadi pereda nyeri. Ini terutama nyeri sendi arthritis, sakit punggung, sakit pada kaki, dan skiatika.

B. Meredakan Sakit Kepala

Sandal refleksi juga diyakini dapat membantu meredakan rasa sakit kepala dan juga migrain, meskipun efeknya tidak terasa secara langsung. Alasannya ialah tekanan pada titik di area jempol kaki disinyalir sebagai salah satu titik akupresur untuk mengurangi sakit kepala yang kamu alami.

C. Meredakan Tingkat Stres

Salah satu manfaat dari penggunaan sandal refleksi ialah meredakan tingkat stres. terapi pijat pada titik-titik akupresur pada telapak kaki dapat memberikan efek positif terhadap keseimbangan energi dalam tubuh dan merangsang pelepasan endorfin, hormon "bahagia" yang dapat membantu meredakan stres dan ketegangan.

D. Memperbaiki Kualitas Tidur

Pernahkah kamu melihat kebiasaan orang yang berjalan sejenak sambil menggunakan sandal refleksi sebelum tidur? Nah, aktivitas itu rupanya bertujuan untuk membantu tidur agak lebih nyenyak lho! Biasanya manfaat dari sandal refleksi untuk memperbaiki kualitas tidur ini terasa bagi orang-orang yang kesulitan tidur dalam kondisi tertentu, seperti seperti penyakit nyeri sendi, Alzheimer, hingga lansia.

E. Membantu Pemulihan dan Proses Rehabilitasi

Bagi mereka yang sedang dalam proses pemulihan setelah cedera atau operasi, sandal refleksi dapat menjadi alat yang membantu dalam proses pemulihan lho! Nodul-nodul pijat pada permukaan sol sandal refleksi dapat membantu membangkitkan otot yang lemah, meningkatkan fleksibilitas, dan merangsang proses penyembuhan.

Peringatan dan Pertimbangan dalam Pemakaian Sandal Refleksi

Meskipun sandal refleksi memiliki manfaat yang positif bagi tubuh kamu, namun ada baiknya bagi orang-orang yang memiliki kondisi tertentu harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli kesehatan yang terpercaya. Kondisi-kondisi tersebut seperti orang yang memiliki masalah diabetes, arthritis, atau masalah sirkulasi darah. Maka itu, sangat penting bagi kamu untuk memahami batasan dan aturan terhadap reaksi tubuh kamu dalam menggunakan alat-alat pengobatan alternatif seperti sandal refleksi ini. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Postingan terbaru