Mengenal Lebih Dekat Sepatu Knit

Jakarta, Shoes and Care - Dewasa ini, perkembangan tren sepatu seakan tiada habisnya untuk dibahas dan juga dipelajari. Begitu juga dengan perkembangan bahan-bahan sepatu, mulai dari canvas, mesh, denim, hingga ada yang namanya knit. Sepatu knit, yang dikenal sebagai sepatu rajut atau sepatu berlubang, adalah jenis sepatu yang dibuat dengan menggunakan teknik rajut untuk menciptakan bagian upper sepatu. Bahan knit ini bervariasi, tetapi umumnya terbuat dari serat sintetis yang elastis, seperti polyester atau nylon yang dirajut untuk membentuk struktur sepatu yang ringan, lentur, dan nyaman. 

Ingin tau lebih jauh mengenai bahan sepatu knit? Simak artikel berikut ya!

Knit: Inovasi Bahan Sepatu Abad 21

Sejarah sepatu knit dimulai pada awal abad ke-21 dengan munculnya teknologi baru dalam produksi tekstil dan rajutan. Sebelumnya, sepatu umumnya dibuat dari bahan seperti kulit, kanvas, atau bahan sintetis yang lebih kaku. Pada tahun 2012, perusahaan olahraga ternama asal Amerika Serikat, Nike, memperkenalkan sepatu olahraga pertama mereka dengan teknologi rajutan yang dikenal sebagai "Nike Flyknit". Teknologi ini menggunakan benang rajutan khusus yang dirancang untuk memberikan struktur dan dukungan di tempat yang tepat pada sepatu. Sepatu Nike Flyknit pertama yang diluncurkan adalah Nike Flyknit Racer dan Nike Flyknit Trainer yang dirancang untuk para pelari. Kelebihan dari sepatu ini adalah beratnya yang sangat ringan dan nyaman saat digunakan untuk berolahraga. 

Inovasi Nike ini membuka jalan bagi perkembangan lebih lanjut dalam sepatu knit. Banyak merek lain segera mengikuti tren ini dan mulai mengeluarkan sepatu dengan teknologi rajutan mereka sendiri. Selain kenyamanan dan kepraktisan, sepatu knit juga menarik perhatian karena daya tarik gayanya yang unik. Bahan knit memungkinkan penampilan yang lebih kreatif dalam hal desain dan kombinasi warna, serta menjadi poin penjualan yang signifikan bagi banyak konsumen. Sepatu dengan bahan knit mulai dipopulerkan dan diterapkan dalam berbagai kategori sepatu, termasuk sepatu olahraga, sepatu kasual, bahkan sepatu formal. Merek-merek seperti Adidas, Puma, Under Armour, Reebok, dan lainnya ikut meramaikan pasar dengan berbagai koleksi sepatu knit mereka. 

Keunggulan Bahan Knit

Sebelum kamu membeli sepatu dengan bahan knit, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dari bahan knit itu sendiri terutama dari segi keunggulan yang ditawarkan. Diantaranya adalah:

  1. Elastisitas. Bahan rajutan pada sepatu knit memungkinkan sepatu untuk mengikuti bentuk kaki dengan baik. Hal ini memungkinkan sepatu untuk memberikan kenyamanan dan fleksibilitas lebih baik daripada sepatu tradisional dengan bagian atas yang lebih kaku.
  2. Ventilasi. Struktur berlubang pada sepatu knit memungkinkan aliran udara yang lebih baik, memberikan sirkulasi udara yang lebih baik di sekitar kaki. Ini membantu mencegah kaki menjadi terlalu lembab dan membantu mengurangi kelembaban.
  3. Ringan. Bahan serat sintetis yang digunakan dalam sepatu knit mempunyai bobot yang ringan, hal ini membuat sepatu lebih nyaman untuk digunakan dalam berbagai kegiatan seperti aktivitas sehari hari hingga berolahraga.
  4. Warna dan desain. Bahan knit yang elastis memungkinkan untuk membentuk sepatu yang lebih kreatif dalam hal desain dan kombinasi warna. Selain itu, pola rajutan serta struktur bahan dari bahan ini memberikan banyak variasi gaya yang bisa dipilih.
  5. Kekuatan. Menariknya, meskipun sepatu yang berbahan knit terlihat berlubang namun bahan knit dewasa ini menggunakan teknologi rajutan khusus yang memberikan dukungan dan kekuatan tambahan untuk mencegah robekan dan kerusakan yang parah.
  6. Mudah dibersihkan. Sebagian besar sepatu yang berbahan knit dapat dicuci! terutama sepatu yang menggunakan teknologi rajutan yang kuat dan tahan air. Advantage Ini membuat perawatan sepatu dengan bahan knit menjadi lebih mudah dan memungkinkan sepatu tetap terlihat segar dan bersih.
  7. Ramah lingkungan. Beberapa sepatu knit yang beredar dibuat dengan menggunakan teknologi produksi yang lebih ramah lingkungan, termasuk penggunaan bahan daur ulang atau metode produksi yang lebih efisien. Contoh bahan sepatu berbahan knit yang terbuat dari bahan ramah lingkungan adalah Hummel serta beberapa line-up sepatu dari Nike.

Tips Merawat Sepatu Berbahan Knit

Merawat sepatu berbahan knit dengan baik akan membantu mempertahankan kualitas, kenyamanan, dan tampilan dari sepatu tersebut. Nah, berikut adalah beberapa tips merawat sepatu berbahan knit:

  1. Jangan merendam sepatu. Hindari merendam sepatu knit dalam air atau mencucinya dengan direndam. Air yang berlebihan dapat merusak struktur rajutan dan menyebabkan deformasi atau masalah lain pada sepatu.
  2. Cuci dengan tangan. Jika perlu mencuci sepatu dengan bahan knit, lakukan secara manual dengan menggunakan air dingin dan deterjen yang lembut. Gosok lembut bagian permukaan sepatu dengan sikat lembut atau kain halus untuk membersihkan kotoran atau noda. Hindari mencuci sepatu knit dengan sikat kasar atau sikat yang memiliki  bulu keras.
  3. Hindari penggunaan mesin cuci. Sebagian besar sepatu knit tidak cocok untuk mesin cuci, kecuali ada petunjuk khusus dari produsen. Mesin cuci dapat merusak rajutan dan menyebabkan sepatu menjadi lebih cepat aus. Jadi, jangan gunakan mesin cuci untuk mencuci sepatu ini ya. 
  4. Keringkan dengan baik. Setelah mencuci, keringkan sepatu dengan cara diangin-anginkan atau dengan menggunakan kipas angin. Hindari pengeringan langsung di bawah sinar matahari atau menggunakan pengering mesin, karena panas berlebih dapat menyebabkan deformasi pada sepatu knit.
  5. Hindari paparan bahan kimia. Bahan kimia sangat berbahaya untuk semua bahan sepatu, salah satunya sepatu dengan bahan knit. Jauhkan sepatu knit dari bahan kimia atau cairan yang dapat merusak atau mengubah warna bahan. Hindari kontak dengan minyak, cat, atau bahan kimia keras lainnya.

Dengan merawat sepatu knit dengan benar, Anda dapat memperpanjang umur pakai sepatu dan tetap menikmati kenyamanan serta penampilan yang baik dari sepatu tersebut. Jika kamu masih ragu dan bingung dalam merawat sepatu knit, kamu bisa bawa sepatu knit kamu untuk mendapatkan treatmenr premium dari Shoes and Care! Dijamin, sepatu knit kamu bakal awet dan keren terus!

Postingan terbaru